Belajar Bisnis Kecil Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

Belajar Bisnis Kecil Kecilan Dari Hobi Jadi BisnisJika Sahabat PoBis memulai bisnis berangkat dari minat dan bakat yang dimiliki, biasanya bisnis ini akan terasa lebih mudah dijalankan sekalipun ada banyak rintangan menghadang. Dan ide-ide macam ini bisa menjadi awal yang baik untuk Anda yang belajar bisnis kecil kecilan. Jangan pandang remah bisnis kecil kecilan yang berangkat dari hobi, karena jika ditekuni, bisnis ini tidak mustahil menjadi sebuah bisnis yang besar dan menjadi salah satu cara bisnis yang sukses bagi Anda.

Untuk mulai belajar bisnis kecil kecilan, banyak orang menyarankan untuk sebaiknya awali dengan modal yang kecil terlebih dulu. Setidaknya ini akan membantu Anda belajar mengenali medan bisnis sebelum menerjunkan lebih banyak modal. Lagi pula dengan demikian Anda bisa menjalankan bisnis ini secara bertahap dari skala kecil dan rumahan dulu sampai kemudian pasar dan penjualan Anda berkembang dan mulai bisa tumbuh menjadi usaha berskala lebih lanjut.

Dan selain terkait dengan modal yang kecil, beberapa pakar juga menyarankan untuk memulainya dari usaha yang berkaitan dengan hobi dan minat Anda.  Setiap orang memiliki hobi dan minatnya masing-masing, dan biasanya mereka yang tengah menjalankan minat mereka cenderung tidak akan merasa bosan apalagi berat, justru sebaliknya banyak orang betah berlama-lama dengan hobi mereka dan merasa aktivitas ini tak ubahnya dengan hiburan.

Bayangkan dengan semangat dan hasrat yang sama Anda menjalankan sebuah bisnis kecil kecilan yang Anda kembangkan. Bukankah ini akan membuat bisnis Anda terasa nyaman untuk Anda jalankan, seberat apapun rintangan yang dihadapi, Anda akan menikmati sebagai sebuah hobi.

Lalu ide-ide belajar bisnis kecil kecilan macam apa yang bisa Anda mulai jalankan dengan berangkat dari hobi dan minat macam ini?

Beberapa Ide Belajar Bisnis Kecil Kecilan Dari Hobi dan Minat

  • Usaha kuliner
    Beberapa orang memiliki hasrat yang besar dalam dunia kuliner. Mereka mencintai dunia memasak dan menjadikan aktivitas memasak sebagai hobi dan hiburan. Dan bagi mereka yang menjadikan dunia kuliner sebagai hobi, coba awali untuk belajar bisnis kecil kecilan dengan membuka usaha pembuatan kue basah atau kue kering. Lemparkan produk buatan Anda pada usaha penjualan kue yang bisa Anda temukan di beberapa penjual kue di pasar tradisional atau titipkan pada penjual kue keliling di sekitar Anda. Pilihan lain dengan membuka penawaran pembuatan makanan siap saji rumahan bebas MSG, pembuatan makanan kemasan rumahan seperti susu kedelai atau pudding kemasan sampai membuat masakan rendang atau empek-empek yang tahan lama.
  • Usaha kerajinan
    Beberapa orang yang lain mencintai dunia aksesoris dan kerajinan dan menjadikannya sebagai hobi yang membius mereka berbetah-betah duduk manis dengan karya cantik di tangan. Jadikah kebisaan ini sebagai ide belajar bisnis kecil kecilan, seperti memproduksi aksesoris bros dan pita cantik untuk rambut, pembuatan sulam dan rajut, serta masih banyak ide cantik lain. Atau Anda gemar melukis, coba jadikan media kaos untuk lukisan Anda dan jajal menjual kaos lukis tangan Anda ini via internet.
  • Usaha fashion
    Ide bisnis lain yang bisa berangkat dari hobi dan minat adalah bisnis bidang fashion. Untuk mereka yang menggemari dunia fashion, terjun ke bisnis ini akan terasa ringan dan menyenangkan. Anda bisa menjajal bisnis reseller, bisnis dropship busana, bisnis penjualan sampai bisnis penjahitan bila Anda juga terlatih dalam dunia jahit menjahit. Bisnis reseller dan dropship ini bisa jadi batu pijakan Anda dalam belajar bisnis.
  • Usaha olahraga
    Beberapa orang terpanggil dalam bidang olahraga dan menjadikan aktivitas olahraga sebagai hobi dan pelepas stress. Anda bisa jadikan kegemaran ini sebagai bisnis kecil kecilan seperti membuka jasa personal trainer, jasa pelatih sepakbola atau basket untuk sekolah-sekolah, pelatih yoga dan masih banyak lagi.
  • Usaha bengkel
    Bagi kaum pria dunia otomotif selalu memberi tantangan dan daya tarik tersendiri. Dan bagi Anda yang menggilai bidang otomotif, ide usaha bengkel variasi juga bisa menjadi pilihan menarik, dan Anda dapat mulai belajar bisnis dari situ. Modal bisa Anda atur dengan menjalin kerjasama dengan bengkel variasi besar sebagai suplai perangkat dan bahan baku variasi motor atau mobil. Anda hanya menjual jasa dan ide kreatif Anda dalam membuat modifikasi.

Masih banyak ide menarik lain yang berangkat dari hobi atau minat Anda untuk menjadi awal belajar bisnis kecil kecilan. Jadi untuk Anda yang ingin belajar bisnis, awali dulu dengan modal kecil, bangun jaringan untuk membantu Anda mendapatkan suplai dan pasar lebih mudah dan temukan potensi Anda dari hobi dan bakat Anda.

sumber gambar: lifestyle.com.au

Artikel Bisnis Pilihan

Belajar Bisnis Kecil Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Belajar Bisnis Kecil Kecilan Dengan Ide Dari Hobi