8 Ide Peluang Usaha Di Yogyakarta Berdasar Potensinya Sebagai Kota Pelajar

Berikut ini adalah beberapa pilihan  peluang usaha di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Peluang usaha yang Anda kembangkan sebaiknya sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah. Tulisan kali ini khusus bagi Anda yang berdomisili di kota Yogyakarta, ingin memulai bisnis dengan ide-ide yang bersifat lokal dan sesuai dengan potensi dari daerah Anda.

Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga peluang usaha suatu daerah bisa jadi berbeda dengan daerah lain. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena perbedaan potensi yang dimiliki. Misal, daerah dengan potensi pertanian yang tinggi tentu akan lebih baik jika Anda mengembangkan bisnis yang berkaitan dengan pertanian baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jadi untuk menggali peluang usaha yang cocok untuk suatu daerah, Anda dapat memulainya dengan memetakan potensi daerah yang bersangkutan. Potensi apa saja yang dimiliki oleh daerah tersebut, dan kemudian peluang apa saja yang berkaitan dengan potensi tersebut. Baik yang berkaitan secara langsung, maupun yang berkaitan secara tidak langsung. Kali ini saya akan mengambil contoh peluang usaha yang cocok untuk dikembangkan di Yogyakarta?

Tentu saja seluruh ide peluang usaha di Yogyakarta ini sudah kami selaraskan dengan potensi daerah yang dimiliki oleh kota yang memang sudah dikenal sebagai salah satu kota pelajar, kota budaya dan kota wisata. Dan karena kami melihat kota Yogya memang menyimpan banyak potensi bisnis, kami akan membagi dua kategori peluang usaha di Yogyakarta. Berikut adalah beberapa peluang usaha di Yogyakarta berdasar potensinya sebagai salah satu pusat pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Ide-Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

8 Ide Peluang Usaha Di Yogyakarta Berdasar Potensinya Sebagai Kota Pelajar

sumber gambar: invest.jogjakota.go.id

8 Ide Peluang Usaha Di Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar

  1. Usaha kuliner
    Penduduk terdiri dari pendatang yang dari berbagai daerah di Indonesia dengan tingkat kunjungan wisata yang relatif tinggi, rasanya memang usaha kuliner akan menjaddi pilihan usaha yang menjanjikan untung besar. Anda bisa memanfaatkan khasanah kuliner lokal dan menjadi bagian dari budaya wisata kuliner, atau menyediakan menu khas anak kampus yang murah meriah. Bisnis katering di kota ini juga menjanjikan untuk aktivitas wisata dan beragam event.
  2. Bisnis asrama
    Ide lain yang tidak kalah menarik adalah usaha asrama atau kost-kostan. Modalnya dengan memiliki bangunan banyak kamar di kawasan pusat perkampusan. Konon beberapa pemilik asrama mengaku bisa mengantungi lebih dari 5 juta tiap bulan dari asrama 15 kamar.
  3. Usaha fashion
    Dengan jumlah penduduk yang kebanyakan kalangan muda karena memang kota ini dipadati pendatang mahasiswa dari berbagam penjuru Indonesia, maka fashion juga akan memberi peluang besar di kota ini. terbukti beberapa distro busana berkembang di kota ini dan menorehkan sukses besar. Anda mau ikutan menjajal mengais untung dengan membuka distro di kota ini?
  4. Usaha gadget
    Selain fashion, kalangan muda biasanya juga menggilai masalah gadget. Tak salah kalau perkembangan perdagangan gadget di kota ini juga berkembang. Di kota ini juga berkembang pebisnis dunia maya yang mengharuskan mereka bermodal gadget dengan teknologi mumpuni. Tu sebabnya kota ini memiliki permintaan dan perputaran gadget yang relatif tinggi.

    Baca juga: 6 Panduan Dalam Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

  5. Usaha alat tulis dan foto kopi
    Banyaknya jumlah kampus di kota ini bisa membuka peluang untuk Anda membuka usaha toko peralatan tulis dan foto kopi. Beberapa usaha semacam ini sudah membuktikan bagaimana menggiurkannya bisnis ini bila dijalankan di kota Yogya. Dan mengingat betapa besarnya jumlah mahasiswa di kota ini rasanya ide untuk membangun bisnis stationery jelas masih terbuka lebar kan?
  6. Usaha bimbingan belajar
    Bagi pendatang mahasiswa, kebanyakan dari mereka dulunya pasti mengincar untuk bisa masuk ke salah satu jurusan di universitas negeri di kota ini, UGM, UPN atau UNY. Manfaatkan semangat calon mahasiswa yang berdatangan di awal tahun ajaran ini dengan membuka usaha bimbingan belajar. Anda juga bisa mengincar kalangan mahasiswa jurusan tertentu untuk membantu mereka lebih memahami materi kuliah mereka, seperti mahasiswa jurusan akuntansi atau teknik.
  7. Bisnis perabot murah
    Mahasiswa kebanyakan hanya akan menetap di kota Yogyakarta selama 3 – 5 tahun saja. Selama mereka tinggal mereka jelas membutuhkan banyak perabot seperti lemari, meja belajar, meja komputer dan tempat tidur. Ini bisa menjadi potensi bisnis bagi Anda dengan membuka bisnis perabot rumah murah. Menggunakan jenis kayu murah meriah macam albasiah, Anda membuat beragam furnitur murah yang memang hanya mampu bertahan untuk usia 5 – 7 tahunan saja. Dengan harga murah dan daya tahan yang pendek, jelas tak akan sayang kalau nantinya terpaksa ditinggal begitu saja oleh mahasiswa ketika mereka pulang kembali ke kota asal.
  8. Bisnis riset dan pendampingan skripsi
    Kebanyakan kalangan pendidik melihat bisnis semacam ini tak sepenuhnya legal karena beberapa menyediakan sarana pembuatan skripsi. Tetapi sebenarnya bisnis ini ditujukan untuk membantu mahasiswa yang sudah terlanjur sibuk dengan pekerjaan mereka untuk merampungkan skripsi dengan lebih cepat. Termasuk membantu proses olah data dan proses riset yang kerap kali memakan waktu.

Masih penasaran dengan peluang usaha di Yogyakarta lain? Pada kesempatan berikutnya kami akan membantu Anda menemukan ide usaha lain di kota Yogyakarta yang berkaitan dengan potensinya sebagai kota wisata.

Artikel Bisnis Pilihan

8 Ide Peluang Usaha Di Yogyakarta Berdasar Potensinya Sebagai Kota Pelajar

12 COMMENTS

  1. Halo mas Heri..sy berencana pindah ke Jogja, apakah peluang usaha carwash punya potensi yg bagus, daerah mana saja yg memungkinkan u/ membuka usaha tsb..Salam Sukses.

    • untuk saat ini bisnis kuliner yang prospek di jogja: ayam geprek, coffee shop, warmindo… fashion: distro, factory outlet, busana muslim, hijab style.

  2. Saya asal Jakarta mau buka bisnis di daerah jogja mungkin ini sangat membantu membuka usaha furniture di jogja. Karna saya ingin tinggal disana kebetulan sang kekasih disana.. Terima kasih banyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 Ide Peluang Usaha Di Yogyakarta Berdasar Potensinya Sebagai Kota Pelajar