5 Macam Bisnis Minimalis Untuk Anda yang Ingin Membangun Usaha di Usia Muda!

Siapa sih yang nggak mau punya bisnis sendiri ? Pastinya Anda semua pengen dong ya diusia muda sudah mempunyai penghasilan sendiri. Selain bangga karena sudah bisa memiliki penghasilan sendiri tentunya juga bisa membantu orangtua dari segi financial.

Tetapi masalah yang muncul di benak kita adalah apa bisnis yang cocok untuk dijalankan. Lalu, bagaimana kah cara memulai, menjalankan dan mengelola bisnis tersebut. Modal menjadi masalah utama dari anak muda yang ingin memulai sebuah bisnis. Selain itu waktu pun kadang harus terbagi dengan program studi yang sedang Anda jalani.

Siapa bilang bisnis harus selalu memerlukan modal yang besar dan waktu luang yang banyak? Kita bisa memulai bisnis dengan modal sedikit dan Anda tetap bisa menjalankan program studi dengan lancar. Apa sajakah bisnis-bisnis tersebut ?

Ide Bisnis Minimalis Untuk Membangun Usaha di Usia Muda

  1. Online Shop

Macam Bisnis Minimalis Untuk Anda yang Ingin Membangun Usaha di Usia Muda

sumber gambar: freepik.com

Baca juga: Strategi Jitu Pemasaran Online Shop Agar Laku Keras

Online shop atau toko online ini merupakan hasil dari perkembangan zaman yang modern. Kini orang semakin sibuk dengan urusannya masing-masing sehingga membuat mereka terkadang tidak memiliki waktu untuk berbelanja. Barang-barang yang biasanya dijual di online shop adalah pakaian, tas, sepatu dan aksesoris lainnya. Pada prinsipnya semua hal bisa dijual secara online, saya pernah jual kerupuk online dan omsetnya terbilang bagus.

Hal ini lah yang dapat menjadi peluang bisnis untuk Anda. Dengan mengandalkan model yang sedikit dan Anda juga mengerjakan bisnis ini sembari sekolah ataupun kuliah. Anda hanya perlu aktif dalam mempromosikan barang-barang yang dijual di toko online Anda. Selain itu Anda juga perlu meng update barang dagangan agar barang tersebut selalu menjadi barang up to date yang selalu dicaroi oleh konsumen.

Namun yang harus diperhatikan betul-betul ketika berbisnis online shop ini adalah Anda harus berhati-hati dari segala macam bentuk penipuan. Karena bisnis ini berdasarkan pada cyber atau dunia maya makan segala macam bentuk penipuan sangat mungkin untuk terjadi. Anda harus berhati-hati kepada pihak suplier maupun pihak pembeli.

  1. Bisnis Makanan

Ide Bisnis di Usia Muda Dengan Bisnis Kue Basah

sumber gambar: bangka.tribunnews.com

Baca juga: Bisnis Kue Basah Omset Ratusan Juta

Bisnis makanan ini sangat cocok buat Anda yang memiliki hobi memasak. Menyalurkan hobi memasakmu untuk bisnis ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bukan . Bisnis makanan saat ini juga sangat menjanjikan. Anda tidak harus memulai bisnis makanan dengan partai besar.

Anda bisa memulai dengan menerima orderan kue, roti , snack dan nasi box dengan partai kecil dahulu. Kemudian lama kelamaan bisnismu ini bisa semakin berkembang dan menerima orderan partai lebih besar. Asalkan Anda tetap menjaga kualitas dan rasa dari makananmu pasti lama-kelamaan Anda juga akan mendapatkan langganan yang akan selalu memsan makanan yang Anda buat.

Dalam bisnis makanan ini yang harus Anda perhatikan adalah untuk selalu menjaga cita rasa dari makanan yang Anda buat. Jangan sampai cita rasa dari makanan yang Anda buat menurun yang akan menyebabkan para pelangganmu akan kabur. Jika Anda memerlukan karyawan untuk membantu bisnismu , pastikan karyawan tersebut dapat membantumu dengan baik. Jangan sampai dengan adanya karyawan tersebut dapat mengubah cita rasa dari makanan yang Anda buat.

  1. Bimbingan Belajar

Ide Bisnis di Usia Muda Dengan Bimbingan Belajar

sumber gambar: infoloka.com

Baca juga: Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online

Di era modern seperti sekarang ini banyak orang yang makin sibuk dengan urusan pekerjaan mereka. Sehingga membuat para orangtua terkadang tidak punya waktu untuk dapat mengajari anaknya di rumah. Tuntutan pelajaran pun semakin lama juga semkain sulit. Nah disnilah yang dapat menjadi peluang bisnis Anda.

Anda tentu masih sanggup untuk mengingat materi pelajaran saat Anda masih sekolh dulu kan? Jika Anda lupa pun Anda juga masih bisa untuk mempelajarinya. Modal utamanya pun bukan dari uang , tetapi kemampuanmu untuk berani menjelaskan dengan baik.

Membuka bimbingan belajar bisa dimuali dengan bimbingan belajar privat. Sehingga Anda tidak memerlukan modal tempat untuk bisnismu tersebut. Yang Anda butuhkan hanya publikasi dan promosi sebaik-baiknya untuk mendapatkan banyak siswa. Jika siswamu sudah banyak dan Anda sudah tidak mampu untuk mengampunya sendiri Anda bisa membuka lowongan pekerjaan untuk tentor.

  1. Event Organizer

Ide Bisnis di Usia Muda Dengan Event Organizer

sumber gambar: smart-holiday.com

Bisnis yang satu ini memerlukan kecekatanmu dalam mengelola sebuah acara. Dapat berupa acara formal hingga tidak formal . Tentu saja bisnis ini tidak dapat Anda kerjakan sendirian. Anda memerlukan partner yang tepat untuk dapat memulai bisnis EO mu ini. Karena dalam EO ini yang sangat diperlukan adalah kerja tim yang baik.

Anda tidak memerlukan modal yang cukup banyak untuk memulai bisnis event organizer ini. Bisnis EO ini Anda bisa mulai dengan menangani acara-acara kecil terlebih dahulu. Acara kecil seperti acara ulang tahun , acara gathering , dll. Lama-kelamaan ketika kemampuanmu dan timmu semakin mumpuni bukan tidak mungkin lho acara-acara besar punmampu EO mu handle.

  1. Fotografi dan Videografi

Ide Bisnis di Usia Muda Dengan Fotografi dan Videografi

sumber gambar: youropenair.com

Baca juga: Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

Bisnis ini lagi-lagi dapat dimulai dari Anda yang memilki hobi , yaitu hobi memotret dan mengedit-edit video. Kemampuan dalam memotret dan mengolah video pun bisa Anda pelajari secara otodidak. Modal yang Anda butuhkan hanyalah passion dan tentu saja kamera dan laptop untuk mengedit.

Saat ini banyak dari masayarakat yang membutuhkan jasa fotografi dan videografi. Bisanya, untuk membuat foto pre wedding atau pun video stop motion untuk ucapan ulang tahun dan anniversary. Buat Anda yang memiliki passion dalam dunia fotografi dan videografi mengerjakan project seperti itu tentu sangat menyenangkan.

Selain menyenangkan pundi-pundi rupiah pun dapat mengalir deras ke kantong Anda lho. Karena dapat dikatakan bisnis ini sangat menjajikan. Dengan modal yang tidak cukup banyak , Anda bisa mendapatkan untung yang cukup menjanjikan.

Perkembangan sosial media yang kian hari semakin menggila juga membuat bisnis ini sangat menjanjikan. Bagaimana tidak ? Masyarakat umunya remaja ingin selalu menghiasi akun sosial media yang dimilikinya dengan foto-foto dan video-video keren. Kebanyakan dari mereka mungkin tidak mampu untuk membuat foto dan video itu sendiri. Disinlah peluang bisnis ini dapat dikatakan sangat menjajikan.

Nah itu tadi ulasan mengenai beberapa bisnis yang dapat Anda jalankan diusia muda. Tentu saja dengan pertimbangan modal dan waktu yang Anda miliki tidak banyak. Bisa memulai bisnis di usia muda dapat menjadi prestasi tersendiri untuk para kaum muda. Jadi jangan malu-malu untuk mencoba.

Walaupun ujung dari perjalanan karir Anda belum tentu ingin berbisnis, apa salahnya jika Anda bisa tetap memiliki bisnis sampingan yang Anda rintis sejak usia muda. Di saat Anda sudah berkarir nanti, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda rintis sejak usia muda ini dapat mengantarkan kesuksesan nantinya.

Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir saat lulus kuliah nanti harus melamar pekerjaan dimana. Ketika bisnis yang Anda rintis tersebut sudah berjalan dengan baik Anda tidak memerlukan lowongan perkerjaan dari orang lain. Bahkan Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. So tunggu apalagi ? Lets make move and change your life!

Artikel Bisnis Pilihan

5 Macam Bisnis Minimalis Untuk Anda yang Ingin Membangun Usaha di Usia Muda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Macam Bisnis Minimalis Untuk Anda yang Ingin Membangun Usaha di Usia Muda!