5 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk KaryawanSiapa bilang jadi karyawan tidak bisa kaya? Memang benar Sahabat PoBis, di masa lalu menjadi karyawan bisa cukup menjanjikan. Tidak sedikit orang yang bermimpi menjadi karyawan demi bisa meningkatkan kondisi keuangan mereka. Namun di masa kini, banyak orang yang berjuang untuk menambah penghasilan mereka dengan menjalankan bisnis sampingan. Karena apa yang mereka dapat dari profesi mereka sebagai karyawan tak mampu menutup semua biaya. Dan kali ini saya persembahkan beberapa informasi inspirasi bisnis sampingan untuk Anda.

Tak mudah menemukan inspirasi bisnis sampingan untuk karyawan. Ini karena dengan menyandang status sebagai karyawan, membuat seseorang terikat pada tanggung jawab terhadap pekerjaan mereka di kantor. Juga terikat dengan jam kerja yang biasanya bersifat tetap di dalam kantor.

Itu artinya bisnis sampingan karyawan harus mampu cukup luwes untuk dijalankan di sela waktu atau di waktu senggang ketika karyawan tidak bekerja di kantor. Juga harus cukup mudah dijalankan mengingat pelaku usaha sudah terforsir tenaganya selama berada dalam kantor, atau artinya karyawan hanya memanfaatkan sisa tenaga dan pemikirannya untuk menjalankan usaha sampingan.

Di sisi lain, bisnis ini tidak mengikat sehingga sangat memungkinkan untuk ditinggal bekerja di kantor selama setidaknya setengah hari tanpa mengganggu laju operasional usaha sampingan. Jangan sampai karena menjalanan bisnis sampingan, karyawan menjadi tidak lagi bisa berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaan mereka sebagai karyawan. Dengan kriteria ini, inspirasi bisnis sampingan macam apa untuk Anda pilih sebagai karyawan.

Berikut Ini 5 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

  1. Toko Online
    Online shop bisa menjadi pilihan jitu untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis tanpa harus kehilangan pekerjaan utama Anda. Jalankan cukup dengan smartphone dan layanan komunikasi via BBM atau line untuk menjalankan transaksi. Promosikan produk Anda via facebook, Pinterest atau instagram untuk menjaring pembeli dengan cara yang mudah. Alternatif lain dengn memanfaatkan beberapa portal penjualan online, market place, seperti tokopedia, olx, atau bukalapak. Bahkan bila Anda ingin usaha yang tanpa modal, toko online dengan sistem dropshiping bisa jadi pilihan.
  2. Bisnis social media
    Bisnis ini berbeda dengan bisnis online. Karena di sini Anda tidak menjalankan penjualan dari akun social media Anda, tetapi memanfaatkan pertemanan Anda dalam social media sebagai jalan Anda meraih untung. Misalkan dengan membuat membuka channel pada portal video dan memanfaatkan penonton video Anda untuk pendapatan dari iklan. Atau dengan menggaet banyak follower pada akun instagram Anda dan mulai membuka jasa endorsing. Inspirasi bisnis sampingan dengan social media ini sangat simpel dan bisa Anda jalankan dengan cukup santai di waktu senggang Anda.
  3. Usaha ternak
    Manfaatkan ruang yang tersisa di pekarangan rumah Anda untuk membangun sebuah usaha ternak kecil-kecilan. Anda bisa menjalankan ternak jangkrik, kroto, cacing darah, semut jepang dan berbagai jenis ternak lain yang tidak membutuhkan ruang besar. Atau bila Anda memiliki lahan yang lebih luas, Anda juga bisa menjalankan ternak kelinci, ayam hias atau burung. Ide ternak ini bisa Anda jalankan di sela waktu Anda sebagai karyawan tanpa harus selalu terikat dengan pekerjaan di usaha ternak Anda. Pasar dari usaha ini juga tidak sulit Anda dapatkan jadi pemasarannya tidak akan menyita waktu Anda.
  4. Bisnis makanan
    Pada satu waktu, saya bertemu dengan satu kolega yang bekerja sebagai karyawan sekaligus mengembangkan usaha kue kering dan kue basah di sela waktunya. Di hari raya pesanannya yang membludak memang memaksanya untuk mencari tenaga lepas sebagai asisten. Tetapi di hari biasa, beberapa pesanan untuk tiap minggunya cukup untuk menambah penghasilan tanpa terlalu banyak menyita waktunya sebagai karyawan. Bisnis makanan merupakan salah satu inspirasi bisnis sampingan yang banyak dijalanani.
  5. Bisnis kerajinan
    Beberapa orang memiliki bakat alami dalam membuat kerajinan dan ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi karyawan. Anda bisa membuat beberapa karya dan menjualnya ke tempat kerja, atau memasukannya ke beberapa pameran kerajinan dengan menitipkannya pada booth yang sudah berjalan dengan sistem kerjasama atau bagi hasil. Beberapa pelaku usaha ini juga bisa joint menjadi pengrajin sebuah usaha kerajinan yang sudah berjalan.

Masih banyak lagi sebenarnya inspirasi bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan sebagai karyawan. Selama Anda siap dengan pembagian waktu yang disiplin, apapun bisnis yang Anda kembangkan sebagai bisnis sampingan tetap mampu memberikan Anda hasil yang tidak mengecewakan.

sumber gambar: pexels.com

Artikel Bisnis Pilihan

5 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan