Tips Sukses Mengembangkan Macam Macam Waralaba

Tips Sukses Mengembangkan Macam Macam WaralabaMacam macam waralaba yang dikelola dengan baik tak hanya akan memberikan keuntungan bagi mereka yang menjalaninya. Baiknya pengelolaan macam-macam waralaba akan menjadi citra tersendiri untuk Anda sebagai pebisnis yang terpercaya. Namun membuat suatu usaha waralaba itu sukses bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu usaha yang super keras, pantang mundur dan tsk mudah menyerah untuk mensukseskan macam macam waralaba yang Anda geluti.

Dewasa ini satu individu bisa menggeluti macam macam waralaba di berbagai bidang. Bisnis waralaba atau franchise ini memang cukup menguntungkan. Terkadang, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menggeluti bisnis waralaba yang memang sudah punya nama besar saat ini. Akan tetapi, waralaba dengan nama besar memiliki banyak peminat, dan orang yang meliriknya. Ini artinya, akan terjadi persaingan yang sangat ketat sekali bagi Anda yang ingin memulai jenis waralaba yang cukup terkenal tersebut.

Karena itu Anda patut punya trik dan juga metode bagaiman agar bermacam-macam waralaba yang Anda geluti itu bisa bersaing dengan baik, dan memberikan Anda keuntungan. Jangan hanya sekedar menggeluti waralaba yang sudah terkenal, namun tak tahu bagaiman cara memanagenya agar semakin gerkembang dengan baik dan memberi untung menjanjikan. Cheri Carroll,  ‎Senior Consultant pada The Franchise Consulting Company, membagikan resep sukses untuk mengelola usaha waralaba.

Baca juga: 6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris

Tips Sukses Mengelola Macam Macam Waralaba

Dan inilah tips sukses mengelola macam-macam waralaba yang mungkin bisa contoh dari Cheri Caroll.

  • Pilih bisnis waralaba yang benar-benar tepat untuk Anda. Cheri Caroll memeberikan saran agar Anda tak terjebak dengan trend waralaba yang tengah booming saat ini. Oke waralaba yang tengah booming tentu menjanjikan omzet yang besar. Namun jika Anda tak tahu bagaiman mengelolanya dan tak sesuai dengan minat Anda, maka hasilnya akan sangat percuma. Karena itu pilihlan macam waralaba yang benar-benar sesuai dengan minat juga kehalian Anda.
  • Tingkatkan kemampuan berbisnis Anda. Menekuni bisnis waralaba bukan sekedar membuka gerai kemudian berdagang. Satu hal yang penting adalah Anda diminta untuk tak berhenti belajar untuk meningkatkan inovasi bisnis waralaba yang Anda geluti. Pemilik waralaba memang akan mengajarkan pada Anda bagaimana mengelola bisnis dengan baik. Tapi mereka juga berharap Anda untuk kreatif dan punya skill sendiri guna mengembangkan bisnis ini.
  • Ikuti sistemnya. Tak ada salahnya untuk melakukan sedikit inovasi dan improvisasi di macam macam waralaba yang Anda ikuti. Tapi Anda juga harus mematuhi sistem dan peraturan dari pemilik waralaba. Jangan lupa untuk secara teliti mempelajari perjanjian kerja, resiko serta pembagian keuntungan dari bisnis waralaba yang Anda geluti.
  • Punya rencana bisnis yang baik. Sebagaimana kita ketahui, bisnis waralaba tak hanya menyediakan satu gerai saja. Bisnis jenis ini meiliki sejumlah gerai yang menjamur di berbagai tempat. Sebab itu, milikilah rencana bisnis yang matang untuk bisa bersaing dengan waralaba lain yang sejenis. Jika merasa ragu, tanyakan dan konsultasikanlah tentang segala rencana bisnis Anda dengan pemilik waralaba.
  • Promosi dan promosi. Jangan menunggu diingatkan dulu oleh pemilik waralaba untuk melakukan promosi. Selagi Anda bisa dan memungkinkan, maka jangan pernah berhenti untuk melakukan promosi terhadap bermacam-macam waralaba yang kini sedang Anda geluti.
  • Ajak orang lain bergabung. Mengurus macam macam waralaba bisa sangat menyita waktu dan juga fikiran Anda. Terkadang Anda tak akan bisa fokus, sehingga justru membahayakan binis itu sendiri. Jika bisnis waralaba Anda semakin berkembang, cobalah ajak orang terdekat untuk mengurus bisnis ini. Bisa istri, sumi, anak, sudara atau orang lain dengan segala perjanjian yang telah anda semua sepakati dengan pemilik waralaba.
  • Jangan terjebak kartu kredit. Saat usaha mulai berkembang, Anda mungkin akan tertarik untuk menggunakan dan membuka aplikasi kartu kredit. Sayanganya banyak pengusaha waralaba yang kadang abai dalam menggunakan kartu kredit mereka. Tiba-tiba tagihan yang datang sudah banyak saja. Jika ini terjadi, maka bisnis waralaba Anda bisa terancam resiko bangkrut. Karena itu bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Atau jika tidak perlu, lebih baik bagi Anda untuk tidak menggunakan aplikasi kartu kredit untuk mengurus macam macam waralaba Anda ini.

Semoga tips sukses mengelola macam macam waralaba tersebut bermanfaat untuk Anda. Salam sukses!!!

sumber gambar: godigitalmarketing.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Sukses Mengembangkan Macam Macam Waralaba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Sukses Mengembangkan Macam Macam Waralaba