Tips Penting Dalam Cara Awal Berbisnis Franchise

Cara Awal Berbisnis Dengan Memilih Franchise Yang BagusBicara soal cara awal berbisnis, beberapa pelaku usaha pemula cenderung lebih tertarik untuk memilih jalur waralaba atau franchise ketimbang usaha mandiri. Tidak salah memang mengingat dengan memilih sistem franchise, Anda tidak lagi direpotkan dengan urusan penentuan produk, sistem sampai pelayanan dan standar operasi sehingga sangat membantu Anda yang masih tergolong awam dalam bidang bisnis.

Meski demikian, Anda tidak bisa memandang enteng urusan cara memulai usaha baru dengan membeli franchise. Terutama dalam penilaian Anda untuk memilih usaha franchise apa yang Anda jalankan. Jatuhkan pilihan franchise dengan tepat karena kesalahan Anda dalam tahap ini jelas memberi efek terhadap keberhasilan Anda dengan usaha franchise ini nantinya.

Harus diakui saat ini makin banyak saja franchise yang melemparkan penawarankan yang menggiurkan. Bagaimana tidak, bisnis waralaba bisa dimulai dengan modal super ringan, banyak dijumpai penawaran franchise murah dibawah 5 juta, produk yang meyakinkan dan sistem yang juga tidak kalah memikat. Beberapa juga tidak ragu menghapus beberapa biaya seperti franchise fee dan beberapa fee lain.

Sayangnya penawaran manis ini tak selamanya semanis kenyataan. Justru dibalik maraknya penawaran waralaba yang murah meriah dan memikat ini, banyak janji-janji manis yang tidak terwujud, mereke tidak mewujudkan fasilitas sesuai dengan apa yang mereka sampaikan dalam penawaran. Beberapa memiliki produk atau sistem yang sebenarnya mengecewakan.

Itulah sebabnya, penting untuk Anda memastikan bahwa Anda tetap selektif dalam memilih usaha franchise sebagai patokan utama cara awal berbisnis ini. Ada banyak hal yang memang harus Adna perhatikan dalam cara awal berbisnis, dan masalah pemilihan jenis usaha franchise menempati posisi teratas dalam prioritas Anda.

Lalu langkah selektif apa yang perlu Anda lakukan sebagai bagian terpenting dalam cara awal berbisnis dalam bentuk franchise?

Tips Memilih Franchise Yang Tepat Sebagai Cara Awal Berbisnis

  1. Perhatikan jenis produk dan karakternya
    Bagian pertama yang perlu menjadi perhatian Anda dalam memilih usaha franchise adalah jenis produk yang dijual. Perhatikan kelebihan produk dan bandingkan dengan selera pasar. Pastikan produk disukai pasar, tidak pasaran, memiliki keunikan dan tidak memiliki persaingan yang ketat di kota Anda. Pikirkan juga sistem pengemasan yang disiapkan oleh pihak franchisor, sistem duplikasi produk yang dijalankan dan bagaimana memastikan kualitas produk tetap sama Antara cabang dan pusat.
  2. Pemilihan lokasi
    Begitu Anda yakin produk yang akan Anda pilih, sebaiknya segera temukan lokasi terbaik untuk usaha Anda. Karena ada kesinambungan antara produk dan lokasi, pastikan Anda menemukan lokasi dengan tingkat persaingan yang tidak tinggi. Perhatikan pula daya beli konsumen potensial dari lokasi dan estimasi ketertarikan konsumen tersebut terhadap produk. Bagaimanapun pemasaran dan penjualan menempati posisi penting bagi Anda karena bagian lain sudah dikelola oleh perusahaan waralaba.
  3. Track record waralaba
    Jangan ragu melakukan tracking mengenai pencapaian dari perusahaan waralaba bersangkutan. Karena sebaik apapun produk yang mereka tawarkan, Anda baru bisa yakin bila memang selama ini perusahaan sudah menunjukkan hasil positif dengan usaha franchise mereka. Telusuri kepemilikan, prestasi-prestasi dan bila memungkinkan pandangan dari gerai yang sudah berjalan. Perhatikan pula masalah legalitas dan perijinan dari usaha waralaba yang menarik bagi Anda. Banyak perusahaan waralaba ditutup bukan karena tidak mampu menjual, tetapi karena tersandung urusan perijinan. Anda juga tidak ingin modal Anda lenyap begitu saja hanya karena masalah perijinan kan?
  4. Perhatikan sistem dan perjanjian
    Jangan cepat tergiur oleh harga yang murah, karena justru beberapa kali penawaran franchise yang terlalu murah bisa jadi berbuntut masalah fasilitas dan sistem yang tidak professional. Perhatikan dengan baik setiap penawaran yang mereka sampaikan, jangan ragu melakukan crosscheck dan selalu perhatikan tiap detail perjanjian supaya Anda paham betul hak dan kewajiban Anda dan pusat. Pastikan usaha waralaba Anda sepenuhnya mendapat sokongan dari franchisor.

Satu catatan penting di sini, pemilihan franchise merupakan bagian terpenting dari cara awal berbisnis waralaba, tetapi tidak menjadi satu-satunya hal penting. Selalu pastikan bidang usaha dan produk itu sendiri sesuai dan menarik bagi Anda. Pastikan juga bahwa Anda sendiri juga memiliki gambaran memadai mengenai teknis strategis pemasaran untuk usaha Anda ini nantinya.

Franchise bisa jadi satu pilihan tepat dibanding membuka usaha mandiri, karena cara membuka usaha baru seringkali menyita pikiran, tenaga, dan waktu. Dengan sistem franchise, semua hal pada usaha baru itu sudah selesai, Anda tinggal menjalankan usahanya saja.

sumber gambar: franchisemaven.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Penting Dalam Cara Awal Berbisnis Franchise

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Penting Dalam Cara Awal Berbisnis Franchise