6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris

Cara Jitu Membangun Usaha Franchise TerlarisApakah Sahabat PoBis ingin membangun sebuah usaha franchise terlaris yang bisa memiliki cabang di banyak lokasi dengan hasil yang optimal dan pengelolaan yang efektif? Atau Sahabat PoBis punya impian membangun sendiri kerajaan bisnis dari usaha yang sekarang ini tengah dijalani?

Ada cara sederhana untuk mewujudkan mimpi Anda menjadi nyata, cara yang belakangan sudah menjadi trend tersendiri di dunia bisnis, apalagi kalau bukan dengan cara waralaba atau franchise. Meski dijuluki sederhana dan mudah, tak lantas semudah itu pula untuk dapat membangun sebuah usaha franchise terlaris. Tulisan saya sebelumnya yang berjudul Macam-macam Usaha Franchise Paling Potensial mungkin dapat menginspirasi Anda.

Ada banyak aspek dalam bisnis Anda  yang perlu menjadi perhatian sehingga bisnis yang kini Anda kembangkan dengan metode franchise bisa menjadi besar dan menjelma menjadi usaha franchise terlaris di Indonesia. Ada beberapa tips penting dalam cara awal berbisnis franchise yang harus Anda perhatikan.

Untuk itu penting Anda memahami esensi dari membangun sebuah bisnis dengan tajuk franchise. Karena di sini Anda perlu merubah pola pikir Anda dari hanya mementingkan kepuasan konsumen menjadi juga berpikir untuk kepentingan agen atau mitra. Itu artinya Anda harus bisa melihat dari sudut pandang pelaku usaha yang akan menjadi kaki Anda.

Dan untuk itulah kali ini kami akan mencoba berbagi beberapa cara jitu untuk membangun usaha Anda menjadi usaha franchise terlaris.

Anda dapat belajar dari 10 Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia

Berikut Ini 6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris

1. Siapkan sistem sebaik mungkin
Tidak sedikit bisnis waralaba yang sudah berjalan terpaksa gulung tikar lebih karena sistem yang dibuat ternyata tidak sempurna, sehingga tidak sepenuhnya mampu menyokong bisnis. Sangat disayangkan padahal produk Anda sudah cukup baik dan tim dalam kemitraan Anda sudah berupaya optimal. Itu sebabnya, penting Anda mempersiapkan perencanaan dan sistem operasi dengan baik. Bila memang perlu lakukan konsultasi berlapis dengan mereka yang telah matang soal waralaba. Bahkan banyak pelaku usaha franchise terlaris besar mengakui bagian penyusunan rencana dan sistem ini termasuk bagian terberat dan terpenting dari sebuah usaha franchise.

2. Lancarkan langkah promosi
Jangan segan melakukan promosi besar terutama di awal usaha, bukan hanya soal produk Anda, tetapi juga soal sistem kerjasama franchise yang Anda buka. Daftarkan usaha Anda dalam directory waralaba pada berbagai situs mengenai waralaba. Serang dunia maya dan dunia ofline dengan langkah pemasaran yang kuat dengan perencanaan matang. Juga jajal masuki pula peluang penawaran via pameran franchise di berbagai kota.

3. Buat proposal serealistis mungkin
Satu lagi masalah yang kerap menjadi sumber kegagalan usaha franchise, yakni proposal usaha yang tidak realistis. Memberi iming-iming hasil besar memang wajar, tetapi bila tidak adna susun dengan realistis, maka sebenarnya Anda akan membangun jaringan yang juga tidak nyata, karena mereka tidak benar-benar tau medan mereka. Itu sebabnya penting untuk melakukan riset terlebih dulu sebelum Anda menyusun proposal usaha franchise.

4. Lengkapi dengan informasi detail
Mereka yang matang dengan perencanaan, tak akan gegabah mengambil peluang yang Anda tawarkan kalau mereka tidak bisa mendapatkan seluruh informasi yang mereka butuhkan. Ketidak siapan Anda akan seluruh data dan informasi juga menunjukan ketidak siapan Anda dengan usaha baru yang Anda buka ini. Calon mitra jelas membutuhkan lebih dari sekedar iming-iming, tetapi juga jaminan, baik itu dari sisi hokum, ekonomi dan sistem. Dan pengetahuan Anda akan detail usaha mejadi satu bentuk fakta yang menunjukan Anda siap dengan bisnis franchise ini.

5. Bangun kantor offline
Bagi sebuah usaha franchise, keberadaan kantor adalah sebuah keharusan, bahkan untuk anda yang membuka bisnis franchise senilai 5 jutaan sekalipun. Eksistensi kantor menunjukan kesungguhan dan professionalitas Anda. Dan bagi mitra kantor menjadi satu bentuk jaminan bahwa mereka akan dengan mudah menemukan Anda ketika usaha mereka bermasalah.

6. Perhatikan produk Anda
Kadang usaha franchise harus gulung tikar bukan karena masalah sistem yang rumit, hanya karena masalah Anda kurang siap dalam mengelola produk. Masalah konyol seperti kekurangan stok, produk menurun kualitasnya dan sebagainya justru terbukti menjadi kasus franchise yang kerap muncul. Dan karenanya sebelum memulai usaha franchise, penting untuk Anda memastikan sistem pengelolaan untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk.

Bisnis franchise memang bisa dikatakan sebagai salah satu jalur tol cepat mencapai sukses, tetapi bila jalan tol paling terbaik saja rawan kecelakaan, maka untuk jalan tol menuju usaha franchise terlaris, jelas juga rawan masalah. Itu sebabnya ada baiknya persiapkan dengan matang sebelum Anda terjun bebas.

sumber gambar: wix.com

Artikel Bisnis Pilihan

6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris