Tips Usaha Laundry Rumahan

Tips usaha laundry berikut ini dapat membuat usaha laundry rumahan Anda diserbu pelanggan. Usaha laundry rumahan memang masih menjadi primadona usaha modal kecil. Anda memiliki hunian di kawasan pemukiman, ide usaha laundry bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda jajal. Peluang dan cara usaha laundry kiloan modal kecil sudah pernah saya kupas di web ini sebelumnya, silakan Anda ikuti tautan tersebut. Di sana saya kupas peluang usaha laundry lengkap dengan perhitungan analisa usahanya.

Usaha ini bisa dikatakan tak membutuhkan modal sangat besar, bisa dikerjakan dengan cukup mudah dan karena Anda berada di kawasan pemukiman juga bisa dengan mudah Anda pasarkan. Karena usaha laundry termasuk dalam kategori usaha jasa, maka pelayanan merupakan satu hal yang harus diperhatikan.

Dan soal penghasilan dari bisnis ini tak dapat dipungkiri bisa menjadi sangat menggiurkan. Menurut salah seorang pelaku usaha laundry di kawasan Yogyakarta, dengan berada di tengah kawasan pemukiman dalam satu bulan mereka bisa mencatatkan omset sampai belasan juta dengan margin dikisaran 40%.

Bahkan sebuah usaha laundry yang bertempat di kawasan pemukiman karyawan pabrik di area Kebumen mengaku bisa mengeruk untung bersih sampai di atas 10 juta tiap bulan. Sebuah angka yang menggiurkan untuk sebuah usaha dengan modal kecil.

Tetapi yang menjadi pertanyaan, bagaimana sebuah bisnis yang bisa Anda mulai dengan modal hanya di kisaran 7 – 10 jutaan ini bisa memberi Anda hasil besar? Berikut adalah beberapa tips usaha laundry rumahan yang bisa Anda jadikan rujukan.

Baca juga: Franchise Laundry Jaminan 100 Buy Back Guarantee

Tips Usaha Laundry Rumahan

Bersih itu penting

Tips Usaha Laundry Rumahan Bersih itu Penting

sumber gambar: jungianschizophrenia.blogspot.com

Standar kualitas layanan Anda adalah kebersihan. Ini sebabnya penting untuk memastikan hasil pencucian yang Anda lakukan cukup bersih. Semakin bersih Anda bisa mencuci semakin baik pula penilaian konsumen akan layanan Anda.

Anda bisa melakukan survei mendalam untuk menemukan mesin cuci dengan kualitas terbaik, sabun detergen yang bisa bekerja dengan hasil optimal, teknik paling efektif untuk membersihkan dengan paling optimal. Anda bisa menemukan banyak ide-ide pencucian yang banyak tersebar di dunia maya termasuk youtube.

Baca juga: Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Hindari kerusakan

Tips Usaha Laundry Rumahan Hindari kerusakan

sumber gambar: jesselynch.com

Bicara soal kualitas cucian tak hanya bicara soal kebersihan, tetapi juga soal bagaimana hasil cucian tetap baik dan tidak rusak. Seperti memastikan busana berwarna pucat tidak akan terkena lunturan busana berwarna kuat. Busana dengan bahan tertentu sengaja Anda pisahkan untuk menghindari kerusakan. Kerusakan busana akan menjadi kesalahan fatal dimata konsumen.

Konsumen kadang memiliki busana dengan harga yang cukup tinggi dan menjadikannya sebagai kesayangan mereka. Kadang busana jenis ini menggunakan bahan yang sedikit sulit ditangani. Pahami celah-celah macam ini untuk menghindari kerusakan.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Gunakan produk pewangi berkualitas

Tips Usaha Laundry Rumahan Gunakan produk pewangi berkualitas

sumber gambar: dunia-bisnis.tumblr.com

Salah satu usaha laundry di kota Semarang menggunakan ide unik untuk memberi layanan pada konsumennya. Sementara kebanyakan usaha laundry sejenis menggunakan pewangi curah yang sebenarnya menggunakan minyak wangi biang yang beraroma tajam, mereka justru menjalin kerjasama dengan salah satu brand pewangi terkenal sebagai suplier pewangi produk cucian mereka.

Dengan kerjasama ini, brand bersangkutan disertakan dalam merek dagang. Kedua belah pihak akan diuntungkan sedang pelayanan menjadi lebih baik karena biasanya aroma dari pewangi bermerek cenderung lebih disukai konsumen ketimbang aroma curah.

Baca juga: 5 Ragam Jenis Konsep Pemasaran

Hindari pakaian tertukar dan hilang

Tips Usaha Laundry Rumahan Hindari pakaian tertukar dan hilang

sumber gambar: bahayapedia.com

Ini dia keluhan klasik para pelaku usaha laundry, konsumen mereka kerap mengalami masalah pakaian mereka yang hilang dan tertukar. Ketahuilah kadang kesalahan ini bisa memberi penilaian negatif bahkan membuat konsumen jera menggunakan jasa Anda.

Atur sedemikian rupa agar setiap pakaian kotor yang masuk bisa teridentifikasi dengan baik oleh tim kerja Anda. Jangan kerjakan cucian dari beberapa konsumen bersamaan, dan bilapun harus Anda cuci bersama, pastikan Anda mencatat setiap pakaian dari masing-masing konsumen.

Baca juga: Beberapa Cara Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Rumahan

Menerima layanan antar jemput

Tips Usaha Laundry Rumahan Menerima layanan antar jemput

sumber gambar: syariahlaundry.com

Salah satu cara terbaik membuat konsumen betah menggunakan jasa Anda adalah ketika mereka mendapatkan lebih banyak kemudahan mengakses jasa Anda. Bisa dengan cara layanan antar jemput cucian.

Konsumen tak perlu repot mengantarkan cucian mereka dan mengambil sendiri dari Anda. Anda sudah menyediakan layanan ini untuk memudahkan konsumen. Melelahkan dan sedikit memakan biaya, tetapi dengan penyesuaian tarif, Anda bisa membuat konsumen tertarik dengan kemudahan yang Anda tawarkan.

Baca juga: 4 Bisnis Jasa Modal Kecil Yang Menjanjikan Profit Oke

Keringanan pembayaran

Tips Usaha Laundry Rumahan Keringanan pembayaran

sumber gambar: nilni.com

Anda akan berhadapan dengan konsumen yang berkaitan dengan rumah tangga yang kadang berbenturan dengan kondisi keuangan yang naik turun. Anda memang harus menyediakan dana cadangan untuk menjaga kekuatan permodalan Anda.

Karena ada kalanya Anda harus memberi toleransi pembayaran pada konsumen. Membiarkan konsumen membayar jasa Anda dengan termin beberapa hari. Kadang Anda juga bisa memberikan potongan harga untuk konsumen langganan.

Baca juga: Solusi Alternatif Untuk Anda Yang Butuh Bantuan Modal Usaha

Itulah beberapa tips usaha laundry yang penting untuk Anda pahami demi bisa mensukseskan usaha laundry kecil Anda. Memperhatikan detil kecil kerap kali akan memberi peran besar terhadap kepuasan konsumen dan keberhasilan usaha Anda.

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Usaha Laundry Rumahan

1 COMMENT

  1. Saya ingin memulai usaha loundry rumahan..
    Mohon bantuannya..
    Bagaimana cara mengambil komsumen dengan usaha dari nol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Usaha Laundry Rumahan