Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan

Masalah Sumber Daya Pada Bisnis RongsokanBisnis rongsokan bagi sebagaian besar kita memang kurang menarik, tapi sejatinya bisnis ini menyimpan potensi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bagi sebagian besar orang rongsokan memang tak lain tak bukan hanya akan menjadi penghuni tong sampah. Tetapi tidak bagi Anda yang jeli, karena di balik barang yang sudah dianggap tidak berguna ini tersimpan banyak nilai ekonomi yang masih tersisa. Inilah yang kemudian menelurkan ide bisnis rongsokan.

Ada banyak cara untuk bisa memulai sebuah bisnis rongsokan. Mulai dengan menjadi pengepul barang bekas tak terpakai hingga usaha dalam bidang pengolahan barang bekas. Semua bidang yang berkaitan dengan bisnis rongsokan tetap potensial dan bisa memberi Anda pundi uang yang tidak bisa dikatakan kecil.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya saya sering menulis tentang pemanfaatan barang bekas menjadi barang lain yang bernilai jual tinggi. Bisnis macam ini selain tidak banyak kompetitor, juga memberikan margin yang besar. Karena biaya produksi dengan memanfaatkan barang bekas, itu artinya modal usaha dan biaya operasional bisa ditekan. Sementara nilai barang yang dihasilkan memiliki nilai tinggi melebihi nilai intrinsik barang bersangkutan.

Tetapi bisnis ini juga tidak serta merta mendatangkan hasil besar tanpa Anda memahami seluk beluknya. Justru karena terbilang unik, kadang tak mudah juga untuk bisa mendapatkan cukup suplai untuk memenuhi permintaan. Dan tak mudah pula untuk langsung mendapatkan pasar yang menampung persediaan barang rongsokan Anda. Bahkan Anda juga perlu memahami bagaimana kebutuhan di pasar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips untuk menjalankan sebuah bisnis rongsokan dan bagaimana menjadikan bisnis ini sebagai jalan sukses Anda.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Breatif Merubah Ide Menjadi Uang

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan

  1. Pahami mata rantai barang rongsokan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan mata rantai barang rongsokan

sumber gambar: foto.tempo.co

Pahami dengan baik siapa pasar yang bisa menjadi target dari usaha Anda. Dengan demikian Anda bisa memahami bagaimana cara mendapatkan pasar terbaik di sekitar usaha Anda dan menjadi suplier bahan rongsokan bagi mereka.Di sisi lain pahami juga dari mana Anda bisa mendapatkan sumber barang rongsokan dengan kondisi yang sesuai standar kebutuhan.

Ini jelas bergantung dengan barang rongsokan apa yang akan Anda jadikan objek usaha. Seperti kertas, Anda bisa dapatkan melalui bekerjasama dengan instansi dan perkantoran sekitar Anda untuk mensuplai pabrik kertas, atau besi bekas dengan perusahaan konstruksi untuk perusahaan pengolahan logam.

Ada kalanya Anda juga bisa memanfaatkan cara konvensional dengan melibatkan pemulung, asal Anda pasang harga beli yang cukup memuaskan, mereka pasti lebih memilih menjualnya pada Anda ketimbang ke pengepul biasa.

Baca juga: Cara Membuka UsahaDdengan Modal Kecil Berbekal Koran Bekas

  1. Pahami kebutuhan pasar

Kebutuhan Pasar Bisnis Rongsokan

sumber gambar: infokomputer.com

Bagaimana pasar sebenarnya membutuhkan produk rongsokan ini. Sebagian besar perusahaan dalam bidang rubber atau karet membutuhkan serbuk karet untuk mendukung produksi mereka karena harga serbuk karet baru cenderung mahal. Itu sebabnya akan lebih menguntungkan kalau Anda olah ban bekas Anda menjadi serbuk karet sebelum Anda distribusikan ke pabrik.

Dengan memahami kebutuhan pasar dan mengolah barang rongsokan menjadi sesuai dengan kebutuhan pasar, Anda akan lebih mudah menjual produk Anda dan dapat menarik keuntungan lebih baik.

Baca juga: Bisnis Kreatif Modal Kecil Tembus Ekspor

  1. Pahami kebutuhan produksi

Kebutuhan Produksi Bisnis Rongsokan

sumber gambar: kerajinantanganbagus.blogspot.com

Anda harus memahami untuk bisa menjalankan bisnis rongsokan, Anda akan membutuhkan banyak hal untuk menyokong produksi usaha. Misalkan saja ruang usaha terbuka yang luas terutama untuk menyimpan barang rongsokan dengan layak atau malah bedeng bila barang rongsokan ini cenderung mudah rusak karena faktor alam seperti kertas.

Pahami juga bilamana peralatan pengolahan akan menciptakan polusi seperti suara dan udara, yang artinya Anda harus mencari lokasi usaha yang tidak terlalu dikelilingi pemukiman.

Baca juga: 5 Ragam Jenis Konsep Pemasaran

  1. Pahami cara pemasaran yang tepat

Cara Pemasaran Yang Tepat Untuk Bisnis Rongsokan

sumber gambar: beritadaerah.co.id

Bisnis rongsokan memang jenis bisnis yang tidak lazim, tetapi bukan lantas bebas persaingan. Bila Anda berasal dari kota besar, bukan mustahil Anda akan menjumpai persaingan yang sangat ketat.

Karenanya Anda perlu cukup jeli membaca pasar, kebutuhan, situasi dan bagaimana pola prilaku pasar yang bisa menjadi dasar Anda melakukan pendekatan terbaik. Ini akan berperan besar dalam proses Anda menarik sebanyak mungkin konsumen.

Akan lebih baik kalau Anda menjajal di kota kecil dimana Anda menemukan pabrik yang membutuhkan produk tersebut. Banyak pabrik produsen barang karet dan plastik memilih membuka usaha mereka di kota kecil karena biaya tenaga kerja yang cenderung miring.

Mereka biasanya akan kesulitan mendapatkan bahan baku serbuk plastik bekas karena suplai kebanyakan ada dikota besar. Inilah peluang besar yang membuat Anda bisa sedikit memonopoli kebutuhan di pasar.

Baca juga: 5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit

  1. Masalah sumber daya

Masalah Sumber Daya Pada Bisnis Rongsokan

sumber gambar: m.semarangpos.com

Beberapa jenis usaha rongsokan tidak membutuhkan klasifikasi tenaga kerja khusus, tetapi beberapa yang lain justru membutuhkan tenaga dengan kemahiran khusus. Tetapi kebanyakan bisnis semacam ini akan membutuhkan tenaga kerja besar untuk proses sortir. Untuk itu penting Anda pahami sejauh mana kebutuhan tenaga kerja dari usaha Anda ini dan berapa persen tenaga mahir dan profesional dibutuhkan oleh bisnis rongsokan Anda.

Nah, bagaimana Sahabat PoBis… Bisnis rongsokan cukup menggiurkan bukan?! Tapi dalam menjalaninya perhatikan kelima tips tersebut diatas.

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan