Tips Memulai Usaha Baru

Tips Memulai Usaha BaruDijaman yang serba susah dan serba tidak menentu, menggantungkan hidup hanya dengan bekerja kepada orang lain atau menjadi karyawan saja maka sebuah pilihan yang kurang tepat. Krisis yang sedang melanda perekonomian global memang memaksa kita untuk pasang antisipasi terlebih dahulu sebelum hal yang buruk terjadi. Diakui ataupun tidak, krisis yang melanda perekonomian global jelas sedikit banyak juga berdampak bagi stabilitas perekonomian nasional.

Beberapa negara dikawasan Amerika dan Eropa juga tidak luput sudah mengalami dampak dari krisis global ini. Bahkan terakhir, berdasarkan berita dimedia elektronik bahwa Amerika beberapa waktu yang lalu sempat menutup sejumlah kantor kenegaraan, fasilitas umum dan merumahkan hampir 1000 ribu pegawai negeri sipil mereka dalam jangka waktu yang belum ditentukan. Sedangkan sebagian lagi yang tidak mengalami PHK harus siap bekerja tanpa dibayar. Untuk menyiasati hal tersebutlah, kita sejak dini harus mulai belajar, merintis, dan mendirikan sebuah usaha. Agar minimal kita mempunyai sedikit tabungan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Melihat fenomena diatas, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang persiapan persiapan apa saja dalam membuka atau merintis sebuah usaha baru, apa saja yang kita perlukan? Simak baik baik apa saja yang akan kami bicaran dibawah ini.

Baca juga: Panduan Praktis Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru

4 Tips Memulai Usaha Baru

  • Pilih Usaha yang Diminati

Agar kita benar benar total dalam terjun dalam bidang usaha yang akan kita jalani nanti, pilihlah bidang usaha yang benar benar kita minati dengan serius. Karena jika kita tidak minat dengan serius, maka bukan tidak mungkin jika kita tidak akan menjalankan bisnis tersebut dengan sungguh sungguh. Padahal dilain sisi kita sudah mengeluarkan modal dan uang yang cukup banyak.

  • Berikan Keunggulan dan Keunikan

Agar sebuah barang atau jasa bisa diterima dipasaran maka berikanlah nilai lebih pada barang dan jasa tersebut, supaya apa yang ada dalam barang dan jasa tersebut berbeda dengan yang lain. Semakin tinggi unik suatu barang dan jasa maka akan semakin mudah untuk dikenal dan diterima pasar.

  • Perluas Jaringan

Kadang kala agar sebuah usaha atau bisnis bisa maju dan berkembang maka dibutuhkan sebuah jaringan yang baik. kita harus pandai dalam bergaul dengan sesama penggiat dunia usaha. Semakin baik pergaulan kita dalam masyarakat dan kalangan usahawan maka akan semakin mudah kita dalam mempromosikan serta menawarkan barang dan jasa yang akan kita jual nantinya.

  • Jaga Mutu dan Kwalitas

Ketika kita sudah mulai masuk dalam sebuah usaha dan bisnis maka satu hal yang harus tetap dijaga agar kelangsungan dan kemajuan bisnis kita semakin baik dan mudah. Yaitu adalah mutu dan kwalitas. Akan sangat tidak bagus apabila suatu barang atau jasa mengalami penurunan mutu dan kwalitas maka bukan tidak mungkin nantinya akan mengalami kemunduran atau bahkan kebangkrutan.

Sekiranya demikianlah beberapa hal yang bisa kami bagi dalam artikel kali ini mengenai Tips Memulai Usaha Baru, semoga cukup membantu dan memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Selamat mencoba berbisnis dan salam sukses.

sumber gambar: lasplash.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Memulai Usaha Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Memulai Usaha Baru