Tips Membuka Usaha Cafe Dengan 6 Cara Jitu

Tips Membuka Usaha Cafe Dengan 6 Cara JituTips membuka usaha cafe berikut ini merupakan 6 cara jitu yang terbukti sukses mengantar beberapa pengusaha dalam memulai bisnis cafe. Usaha cafe merupakan salah satu bisnis yang banyak dilirik pelaku usaha adalah bisnis kuliner atau biasa pula disebut dengan bisnis food and beverage.

Pasalnya potensi dari bisnis semacam ini bisa dikatakan tak ada matinya, pasar yang tersedia cukup besar dan selalu siap menampung apapun jenis usaha kuliner yang Anda buka. Termasuk dengan ide bisnis cafe. Dan pada saat artikel ini saya tulis, usaha cafe kopi atau coffee shop sedang tumbuh bak cendawan di musim hujan.

Hanya saja, meski pasar yang tersedia cukup besar dengan daya dorong membeli yang relatif tinggi, faktanya tidak semua usaha berkisar bisnis cafe akan berjalan dengan lancar. Banyak bisnis cafe yang akhirnya tersandung banyak rintangan dan terpaksa menyudahi roda usahanya karena gagal melampaui rintangan ini. Anda harus memiliki tips membuka usaha cafe yang jitu untuk dapat mengatasi rintangan usaha Anda.

Persaingan yang cenderung ketat merupakan salah satu alasan mayoritas banyaknya usaha cafe yang gulung tikar. Sebagaimana kita pernah dengar sebuah peribahasa “ada gula ada semut” dimana ada banyak peluang disana pelaku usah bergerumul meramaikan pasar. Itu sebabnya persaingan dalam bidang usaha cafe juga sangat ketat.

Anda perlu memiliki jurus jitu untuk bisa memasuki pasar ini. Dan untuk itu kami akan bagikan 6 tips membuka usaha cafe yang selama ini terbukti jitu.

6 Tips Membuka Usaha Cafe

  1. Jangan tinggalkan rencana bisnis
    Kesalahan yang kerap muncul pada pelaku usaha cafe adalah ketika mereka menganggap bisnis cafe terlalu simpel sampai meninggalkan perencanaan bisnis atau bisnis plan. Bagaimanapun, cafe yang Anda buka tetap saja sebuah bisnis yang perlu Anda rencanakan dengan matang.
    Terjemahkan dari awal, siapa target pasar Anda, kompetisi yang akan Anda hadapi, keperluan Anda dan segala hal yang perlu Anda siapkan sejak awal. Ini akan membantu Anda melangkah dengan lebih terarah.
    Dengan mengenali target pasar, Anda bisa merencanakan konsep penyajian kopi yang Anda jual, jenis kopi dan sistem produksinya dan berapa harga yang Anda bandrolkan. Dengan mengenali kebutuhan Anda dan standar kualitas yang ingin Anda capai, Anda bisa menentukan produk apa yang sesuai untuk usaha Anda, berapa biaya yang Anda perlukan dan lain sebagainya.
  2. Aset terpenting Anda, gedung dan peralatan
    Konsumen cafe cenderung mencari lokasi yang paling mudah mereka akses. Tips membuka usaha cafe yang kedua adalah perhatikan lokasi usaha Anda. Jadi kenali dulu lokasi apa yang akan mendekatkan Anda dengan target pasar Anda namun juga sesuai dengan budget Anda. Urusan ini juga nantinya akan berkaitan dengan desain interior yang harus Anda sesuaikan dengan selera dari target pasar Anda.
    Dan demikian juga dengan peralatan untuk cafe Anda. Siapkan alokasi dana yang cukup besar untuk peralatan produksi. Catatan penting untuk setiap usaha kuliner, kualitas rasa selalu menempati posisi penting dan untuk menyajikan kopi dengan kualitas sesuai selera pasar Anda perlu memastikan sudah menyediakan peralatan yang memadai.
  3. Tetap pastikan Anda mudah dikenali
    Ide menamakan cafe dengan nama konvensional rasanya memang sudah basi, jadi coba temukan nama yang lebih mudah diingat dan mudah dikenal. Kadang sedikit unik dan berbeda bisa menjadi pilihan. Jangan lupakan untuk menyematkan desain yang berbeda sekedar untuk membuat logo cafe Anda lebih cepat diingat konsumen, tambahkan pula sentuhan yang sama pada desain interior.
    Tapi ingat jangan berlebihan dalam urusan menjadi berbeda ini. Faktanya orang menyambangi cafe untuk merasa lebih santai dan nyaman. Kadang berlebihan dan terlalu mencolok bisa membuat orang kehilangan rasa nyaman mereka.
  4. Tempat Anda membutuhkan sistem
    Cafe sebenarnya sama dengan sebuah pabrik, dimana layout akan berkaitan dengan kualitas produksi. Tata letak, ruang gerak, kemudahan akses menjadi sangat penting, karena ini akan berkaitan erat dengan kualitas, ketepatan dan kecepatan pelayanan.
    Di sisi lain cafe adalah ruang publik yang tetap penting untuk memiliki ruang yang terasa nyaman dan “cozy”. Jadi tetap pastikan ruang produksi tidak merusak kenyamanan konsumen. Pastikan Anda tetap memberi ruang duduk yang nyaman bagi konsumen menyesap cangkir kopi mereka.
  5. Tenaga Anda adalah aset penting Anda yang lain
    Masalah pelayanan juga menjadi aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan Anda. tips membuka usaha cafe ini menunjuk pada karyawan yang bisa bekerja dengan dua nilai penting, cepat dan ramah.
  6. Anda harus menyelam lebih dalam mengenai ilmu kopi
    Membuka usaha kopi dan menyerahkan segala urusan produksi pada barista Anda? Inilah yang membuat usaha Anda menjadi tidak berkembang. Percaya atau tidak tips membuka usaha cafe ini sangat penting. Anda perlu mendalami dunia kopi, memahami lebih baik mengenai dunia kopi dan menjadi cukup pakar mengenai produk Anda. Ini akan membantu Anda menemukan formula terbaik untuk produk dan pelayanan Anda.

Demikian Sahabat PoBis, 6 tips membuka usaha cafe yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengantarkan Anda menuju sukses dalam memulai bisnis cafe.

sumber gambar: medanbisnisdaily.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Membuka Usaha Cafe Dengan 6 Cara Jitu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Membuka Usaha Cafe Dengan 6 Cara Jitu