Tips Dalam Menghadapi Kegagalan Berwirausaha

Tips Dalam Menghadapi Kegagalan BerwirausahaSebagian besar, bahkan mungkin semua, pelaku usaha (pengusaha) pernah mengalami kegagalan, ada sebagian diantaranya yang mampu bangkit tetapi ada juga yang kemudian memilih untuk menghentikan sementara niatnya untuk menjadi pengusaha dan kembali bekerja untuk mengembalikan kondisi financialnya. Dalam bahasan kali ini akan kita lihat bagaimana sebagian pengusaha yang kemudian mampu bangkit dari keterpurukan dalam menyikapi sebuah kegagalan. Atau sesuai dengan judul artikel ini kami menyebutnya sebagai menghadapi kegagalan.

Berikut beberapa tips dalam menghadapi kegagalan yang sesuai dengan yang banyak dinasehatkan oleh banyak pakar dibidang ini, silahkan dicermati.

Baca juga: 9 Trik Usaha Sukses Yang Harus Anda Perhatikan

Tips Menghadapi Kegagalan Dalam Berwirausaha

  • Bersikap dan Berpikir Positif

Jika Kita tidak mampu melakukannya maka yang akan segera Kita alami adalah stress dan keterpurukan yang semakin dalam. Energi Kita akan musnah dan tidak tersisa lagi, sehingga Kita tidak mampu bangkit dan mencoba hal baru lainnya dengan segala potensi dan kemampuan yang sebetulnya masih Kita punyai. Saat ini Kita alami, maka bayangan takut gagal akan terus bersama Kita dan akan menghambat untuk bangkit kembali. Jika Kita mampu bersikap dan berpikir positif maka Kita akan melihat kegagalan sebagai sebuah hal dalam hidup ini yang harus Kita alami, tentu ada hikmah dibalik sebuah peristiwa yang kita alami ini, dan dengan memahami hal ini maka mental kita akan semakin kuat dan akan terbentuk menjadi pengusaha sejati.

  • Temukan dan Kenali Penyebabnya

Setelah Kita mampu melihat kegagalan ini sebagai sebuah peristiwa hidup dimana kita harus mengambil hikmah dan pelajaran darinya, maka selanjutnya Kita harus segera bisa menemukan apa penyebab kegagalan Kita, apakah karena faktor internal seperti masalah motivasi, kedisiplinan dan lain-lain dimana disini Kitalah sendiri yang harus memperbaiki diri, ataukah faktor eksternal seperti kurangnya dukungan keluarga dan orang-orang sekitar kita, persaingan yang terlalu ketat, minimnya fasilitas dan sebagainya atau mungkin kedua-duanya. Buatlah list terhadal hal ini, dan segera rencanakan perbaikan untuk waktu yang akan datang.

  • Segera Atasi

Disini semua permasalahan atau penyebab kegagalan telah kita kenali maka setelah itu yang perlu Kita lakukan adalah segera mengatasinya. Tentu tidak mudah mengatasi semua hal yang telah kita buat listnya ini, maka beberapa pakar menegaskan bahwa atasi masalah yang telah Kita kenali satu per satu sesuai dengan tingkat urgensinya. Penyebab utama harus Kita prioritaskan dan kemudian kita usahakan agar semua hal yang telah kita buat daftarnya tadi kita selesaikan.

  • Kenali Potensi Diri

Terlepas dari semua kelemahan dan kekurangan yang sudah kita buat listnya tadi agar berimbang dan semakin memantabkan kita dalam melangkah maka yang selanjutnya perlu segera dilakukan adalah me-refresh kembali apa saja sebenarnya potensi besar yang ada pada diri Kita, PASTI ADA dan harus kita kenali. Coba lihat lebih dalam lagi potensi yang kita punya dan maksimalkan, biasanya dalam kondisi ini Kita akan menemukan potensi-potensi lain dalam diri kita yang sebetulnya ada dan belum kita kembangkan, gali lebih dalam lagi dan percayalah jika ini Kita temukan maka Kita lebih mudah untuk bangkit dan memulai lagi.

  • Buka Mata dan Telinga Lebar-lebar

Maksudnya adalah dalam posisi ini Kita harus selalu mencari dan terus mencari peluang baru yang sebenarnya masih sangat banyak. Gunakan semua sumber daya yang ada untuk bisa melihat peluang ini dan segera tangkap dan eksekusi, jangan ditunda-tunda dan jangan biarkan ketakutan menguasai kita lagi.

  • Buat Perencanaan yang Matang dan Selalu Evaluasi

Belajar dari apa yang telah Kita alami disini, maka Kita tentu akan sependapat bahwa dalam meraih sebuah keberhasilan seseorang tentu akan mengalami sebuh proses trial anda error. Ini adalah ujian mental bagi para pengusaha sebelum mereka mampu meraih apa yang mereka cita-citakan sebelumnya. Keberanian dan keteguhan sangat dibutuhkan disini, keberanian untuk selalu bangkit dan mencoba lagi tetapi dengan didukung uleh sistem evauasi yang baik agar tidak jath dilubang yang sama sampai 2 atau bahkan 3 kali. Dalam hal ini yang penting adalah kerja keras dan semangat yang terpelihara dalam masa membangun kembali usaha Kita.

Demikianlan ulasan kali ini mengenai Tips dalam Menghadapi Kegagalan. Kita sama-sama belajar dari pengalaman, dan sekarang kita tahu persis bahwa yang namanya “kegagalan dalam bisnis” ini adalah sesuatu yang memang harus dihadapi dan dilawan semaksimal mungkin agar tidak menghancurkan dan menghambat langkah selanjutnya dalam hidup kita.

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Dalam Menghadapi Kegagalan Berwirausaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Dalam Menghadapi Kegagalan Berwirausaha