Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih Optimal

Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih OptimalSahabat PoBis, bagaimana tips bisnis UKM yang menjanjikan hasil lebih optimal? Selama ini kebanyakan pelaku bisnis UKM masih membiarkan bisnis mereka berjalan dengan cara konvensional bahkan tradisional. Namun di tengah persaingan yang semakin meluas berkat beberapa pakta perjanjian pasar bebas rasanya Anda harus cukup seksama dalam mengatur usaha Anda demi mendapatkan bagian dalam pasar.

Meski Anda menjalankan bisnis UKM yang menjanjikan dan paling menguntungkan saat ini sekalipun, tidak lantas membuat Anda serta merta bisa mendapatkan hasil besar. Anda harus mencari jalan dimana Anda bisa melakukan efisiensi dan efektifitas dalam usaha untuk menekan biaya dan memaksimalkan jangkauan Anda.

Dan beberapa tips bisnis UKM yang menjanjikan keberhasilan berikut ini akan membantu Anda memaksimalkan hasil, meminimalkan biaya serta melebarkan jangkauan sayap usaha Anda dengan lebih optimal. Memberi Anda kemampuan untuk menekan harga jual, meraih pasar-pasar manca dengan lebih leluasa dan meningkatkan efektifitas waktu dan tenaga.

Baca juga: Tips Pengelolaan Akuntansi Keuangan Bagi Usaha Kecil

Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Optimal

  1. Manfaatkan sistem cloud service
    Beberapa tahun belakangan ini muncul sebuah konsep layanan baru bernama cloud service. Konsep ini tidak hanya akan memberi ruang khusus dalam menyimpan data, tetapi juga beberapa layanan lain untuk membantu roda usaha Anda. Banyak jasa sejenis ini kini juga menawarkan konsep perhitungan payroll atau penggajian, perhitungan laporan bulanan, pembukuan dan beberapa konsep usaha sederhana lain.Bayangkan setidaknya Anda tidak lagi harus direpotkan dengan penyewa atau merekruit tenaga IT dan tenaga keuangan profesional, ketika segala urusan terkait data dan keuangan sudah dikelola dengan cuku profesional dalam sistem data cloud.
  2. Orientasi pada karyawan
    Kebanyakan perusahaan selalu berpikir usaha yang maju adalah mereka yang bisa memuaskan konsumen mereka. Coba Anda pikir dengan cara berbeda, ketika Anda mulai memindahkan orientasi Anda pada karyawan, maka usaha UKM bahkan yang masih berskala kecil sekalipun akan dipromosikan sebagai perusahaan dengan jaminan dan perlakukan karyawan yang baik.Anda akan mengunduh untung dari sana, ketika para tenaga kerja terbaik akan mengejar untuk bisa menjadi karyawan Anda. Akan akan diuntungkan dengan memiliki tenaga kerja terbaik, maka otomatis layanan Anda untuk konsumen juga akan lebih baik. Karyawan yang puas juga cenderung dengan sukarela memberikan yang terbaik pada konsumen perusahaan.
  3. Pahami Anda butuh citra positif
    Apa yang membuat konsumen datang pada Anda, kepuasan kah? Ya…bila mereka sudah beberapa kali membeli produk Anda dan dipuaskan oleh Anda. Tetapi tidak akan ada pelanggan kalau mereka tidak pernah membeli untuk pertama kali bukan? Di sinilah posisi citra menjadi penting. Citra akan mendorong orang menilai usaha Anda dengan mengacu pada citra yang terbentuk dan dari citra inilah mereka akan memutuskan untuk membeli. Dan konsistensi Anda dalam membangun citra akan memberi Anda sebuah nilai daya tarik yang bekerja dengan sangat efektif dan luas, termasuk ketika Anda mulai merambah pasar manca.
  4. Manfaatkan internet
    Tips klasik di era modern, Anda akan diminta untuk melebarkan sayap pemasaran Anda dengan menggunakan internet. Web, sosial media, email dan berbagai media pemasaran lain. Bahkan facebook mengakui keuntungannya meningkat 10 kali lipat ketika mereka meningkatkan kemudahan bagi pelaku usaha memasang iklannya dalam laman facebook. Kini berhenti berpikir bahwa internet hanya akan mempertemukan Anda dengan konsumen Anda, tetapi juga supplier terbaik, penyalur produk yang profesional, konsultan, rekanan hingga tenaga ahli yang akan memberikan Anda kemampuan pelayanan dan efektifitas kerja lebih optimal. Memanfaatkan internet sungguh bakal menjanjikan keuntungan yang optimal untuk bisnis UKM.
  5. Mulai berpikir mengenai konsep usaha virtual
    Ingin semakin mengembangkan usaha Anda? Jangan takut untuk menjajal ranah bisnis virtual. Teorinya sebuah bisnis dikatakan virtual ketika lebih dari 60% aktivitas usahanya berada pada ranah dunia maya.Di era modern bukankah sudah tersedia sederet sarana yang cukup memadai untuk membantu bisnis Anda berjalan tanpa kantor, bahkan cukup dengan duduk manis di depan laptop Anda? Anda bisa menyebutnya satu persatu, skypee, line, facebook, Youtube, vimeo, instagram dan masih banyak lagi.Jangan lupa untuk mulai mengenal konsep-konsep pemetaan dalam dunia maya. Ini akan membantu Anda menemukan titik-titik terdekat dari lokasi Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda akan mengenal konsep geo-fencing, geo-targeting, beam technology dan lain sebagainya.

Tidak muluk dan tidak berlebihan bukan? Bisnis UKM sekalipun bisa memasuki ranah manca dan mendapatkan manfaat dari kemajuan teknologi serta mencicipi hasil dari pasar bebas. Sebuah tips bisnis UKM yang menjanjikan hasil besar bukan?

sumber gambar: antaranews.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih Optimal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih Optimal