Sulitkah Membuka Usaha Sendiri?

Sulitkah Membuka Usaha SendiriTerkadang kebanyakan diantara kita berpikir bahwa dengan bekerja kita  akan mendapatkan jaminan keamanan finansial. Tiap bulan sudah tentu kita  akan mendapatkan upah dari apa yang telah kita kerjakan bagi institusi  pemerintahan / perusahaan tempat kita bekerja. Ok, kami mengakui itu dan memang seperti itulah faktanya.

Namun apakah penghasilan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda? Kami tidak akan munafik untuk berani mengatakan bahwa “ITU KURANG.” Bukannya bermaksud mengurusi kehidupan di dunia dan lupa akan urusan akhirat nanti, justru kami berpendapat dan berpikir dengan memiliki banya uang kita bisa lebih banyak beramal bagi orang lain, bukankah begitu?

Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa Anda tidak mencoba membuka usaha sendiri? Lalu sulitkah membuka usaha sendiri? Sebenarnya tidak ada kata “sulit” jika kita ingin dan bersungguh-sungguh melakukannya. Bukannya kita sudah belajar naik  sepeda? Coba waktu itu kita selalu diselimuti rasa takut dan tidak mau  mencoba, sudah pasti hingga saat ini kita tidak akan pernah bisa menaiki  sepeda.

Seperti itulah yang sebenarnya dilakukan oleh para entrepreneur  sukses dalam bertindak. Ibarat belajar naik sepeda, pertama-tama ia menghilangkan rasa takut akan jatuh atau terluka ketika mencoba mempelajarinya. Ia terus mengayuh, walaupun beberapa kali jatuh bangun dan bahkan terluka. Ia juga tidak peduli dengan perkataan anak-anak lainnya yang sudah bisa bersepeda. Yang ada dalam pikirannya  hanyalah bagaimana ia nantinya berhasil bersepeda dengan lancar dan  mudah.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuka Usaha Baru

Kebanyakan yang ada dipikiran setiap orang ketika ingin membuka usaha sendiri adalah rasa takut akan rugi, bangkrut, banyak pesaing, dan  pemikiran-pemikiran negatif lainnya. Mungkin ia bisa menghilangkan  pemikiran itu meskipun masih sedikit ragu dalam menjalankan usahanya.  Artinya ia menjalaninya dengan setengah-setengah, antara ketakutan dan  keinginan untuk sukses sama-sama berkecamuk dalam pikirannya. Sehingga apa yang terjadi?

Tentunya semuanya tidak akan berjalan maksimal yang berakibat fatal ambruknya bisnis dan kebangkrutan. Sudah banyak para entrepreneur sukses yang mengatakan bahwa, “curahkan cinta dan perhatianmu pada bisnismu sendiri, jangan setengah-setengah.” Mending lebih baik Anda tidak melakukan apapun, atau Anda tetap berharap pada penghasilan dari tempat Anda bekerja.

Menjadi diri sendiri penting jika Anda memilih jalan untuk  membuka usaha sendiri. Pakailah cara Anda sendiri, fokuskan pikiran Anda  pada apa yang menjadi kewajiban Anda. Jangan lantas Anda mengandalkan  orang lain di saat pertama Anda memulainya, pikirkanlah dengan beberapa  rekanan terpercaya Anda, namun Anda lah yang tetap mengendalikan semua  keputusan yang lahir. Anda lah yang menentukan apa dan bagaimana sistem  yang tepat untuk bisnis pertama Anda sendiri.

Bagaimanapun yang perlu Anda ingat adalah, bahwa akan ada suatu  kejadian yang ‘”luar biasa” ketika Anda baru memulainya. “3 elemen pasti “ tersebut adalah:

  • HAMBATAN BISNIS
  • TANTANGAN BISNIS
  • dan sebuah RESIKO BISNIS yang akan Anda hadapi nantinya.

Anda tidak perlu takut akan “ketiga  elemen pasti” itu. Toh semua pebisnis maupun entrepreneur yang telah  sukses juga pernah melewati ketiga elemen itu. Semuanya butuh proses  untuk sukses, dan Anda harus paham akan hal ini.

Ok, kami pikir Anda sudah paham bahwa tidak sulit dalam membuka  sebuah usaha. Bukan hanya hal itu, tetapi juga mencakup pada  bidang-bidang lainnya. Semoga artikel yang kami sajikan ini bisa memberi  Anda motivasi dan inspirasi untuk lebih berani berkarya untuk  mulai membuka usaha sendiri.

sumber gambar: businessnewsdaily.com

Artikel Bisnis Pilihan

Sulitkah Membuka Usaha Sendiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Sulitkah Membuka Usaha Sendiri?