Strategi Bisnis Kuliner

Strategi Bisnis KulinerMakanan merupakan kebutuhan pokok manusia dalam menunjang setiap aktifitasnya sehari hari. Maka tidak heran jika bisnis makanan menjadi salah satu komoditi bisnis yang seolah olah tidak ada matinya dan bahkan malah terus berkembang dan maju pesat. Memang perlu kita akui bahwa persaingan dengan para kompetitor pelaku bisnis kuliner atau bisnis makanan ini memanglah sangat banyak dan ketat.

Tidak heran pula jika sudah banyak para pelaku bisnis makanan ini mengalami kerugian karena mereka tidak cukup siap ataupun sigap dalam menghadapi setiap persaingan dan tantangan yang ada. Ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua bahwa dalam menghadapi persaingan bisnis selalu dibutuhkan mental yang kuat, bahkan malah bukan hanya sekedar mental akan tetapi juga kreatifitas yang baik.

Dengan memiliki kreatifitas paling tidak kita sudah memiliki salah satu modal dalam menghadapi ketatnya persaingan dalam bisnis kuliner tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang strategi dalam mendirikan sebuah bisnis makanan. Dalam mendirikan sebuah bisnis apapun itu, diperlukan strategi maupun rencana kerja dan target yang jelas. Agar apa apa yang akan kita jalankan nantinya sudah berdasarkan apa apa yang sudah kita susun sebelumnya, bukan hanya sekedar asal bergerak dan bertindak saja.

Baca juga: Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner

2 Strategi Bisnis Kuliner

Berikut ini kami sampaikan apa apa saja yang mungkin bisa kita lakukan dalam membuka sebuah bisnis makanan baru.

Bahan Baku Alami

Dalam membuat atau merancang sebuah bisnis dibidang kuliner maka hal pertama yang harus kita perhatikan adalah bahan bakunya. Akan lebih bagus jika kita bisa memanfaatkan bahan baku yang sudah alam sediakan. Apalagi jika melihat bahwa Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman makanan maka tidak salah rasanya jika memanfaatkan bahan baku alam sebagai bahan baku utama dalam bisnis kuliner kita nantinya. Semisal, kentang, umbi umbian, pisang dan lain sebagainya. Begitu banyak jenis makanan yang bisa dihasilkan dari bahan baku alam tersebut. Semisal makanan ringan, lauk pauk, cemilan dan lain sebagaiya, dan yang pastinya dengan memanfaatkan bahan baku alam maka kita tidak perlu pusing pusing memikirkan bahan baku tersebut. Selain jumlahnya yang sudah tersedia banyak dipasaran, kita juga bisa memesannya langsung dari para petani.

Menu Internasional

Disinilah kreatifitasan kita akan diuji. Yaitu bagaimana mengubah sebuah menu internasional menjadi bercita rasa lokal agar sesuai dengan lidah para penduduk sekitar kita berjualan. Jika kita mampu melaksanakannya maka bukan tidak mungkin jika kita bisa menarik hati para calon konsumen dan pelanggan.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai strategi bisnis kuliner. Beberapa hal diatas semoga bisa memberikan gambaran dan membantu dalam merancang atau merintis sebuah bisnis dibidang kuliner. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

sumber gambar: tribunnews.com

Artikel Bisnis Pilihan

Strategi Bisnis Kuliner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Strategi Bisnis Kuliner