Siapa Yang Cocok Menjadi Mitra Kerjasama Bisnis Anda?

Cara Menemukan Mitra Kerjasama Bisnis Yang Cocok Untuk AndaMitra kerjasama bisnis sangat diperlukan dan seringkali turut menentukan keberhasilan sebuah usaha. Ketika Anda membaca artikel ini Anda mungkin akan berpikir “kenapa saya harus memiliki seorang rekan kerjasama?” Idealnya memang Anda menjadi pemilik tunggal, tetapi fakta dilapangan berkata lain, ketika Anda mulai menemukan bisnis Anda tersendat-sendat karena kekurangan yang Anda pribadi miliki.

Anda bisa jadi memiliki kelemahan  sebagaimana Anda memiliki kelebihan. Dan inilah yang perlu Anda pahami sebagai bahan pertimbangan ketika Anda masih berpikir dua kali dalam menarik salah seorang investor atau mitra kerjasama bisnis.

Ambil contoh ketika sebuah usaha dikelola personal, mereka biasanya unggul dalam bidang 1 dan lemah dalam bidang lain. Misalkan dalam urusan pemasaran dan teknis produksi memang mumpuni, tapi tak bisa berkutik ketika brhadapan dengan data keuangan dan informasi internal manajemen. Akhirnya pengelolaan keuangan dan manajemen akan berantakan hanya karena pengelolaan yang tidak optimal.

Ketika Anda berhadapan dengan kondisi ini, Anda bisa menarik rekan atau mitra kerjasama bisnis untuk membantu Anda membagi tugas dalam pengelolaan. Di sini Anda bisa mencari mitra yang bisa mengelola manajemen dan keuangan dua kali lebih baik dari pemilik utama perusahaan.

Keberadaan mitra dalam sebuah usaha memang akan menyebabkan hasil keuntungan harus terbagi dua. Tetapi bukankah itu lebih baik ketimbang tagihan Anda tidak terdata dan tidak tertagih. Atau akan lebih baik ketimbang karyawan Anda mulai terus menerus lembur.

Anda bisa saja mencari solusi dengan cara rekruitmen karyawan. Tetapi dalam beberapa kondisi melibatkan mitra akan lebih baik. Anda akan keluar biaya gaji sedang dengan mitra Anda bahkan bisa menghemat biaya namun dengan hasil bisa berkali lipat.

Mitra kerjasama bisnis sendiri juga bisa membantu Anda dalam aspek permodalan, aspek pemasaran sampai aspek jaringan. Tentu saja bergantung pada apa saja kelebihan dari calo mitra kerjasama bisnis Anda ini.

Yang menjadi masalah tak mudah sama sekali menemukan mitra kerjasama bisnis. Anda bisa saja menemukan mereka yang sebenarnya tak lebih dari sekedar banyak bicara tanpa terbukti memiliki kemampuan dan nilai manfaat untuk bisnis Anda. Sedang sebagian lain ternyata tak lebih dari penipu yang mencoba mengecoh Anda dan bertujuan menarik keuntungan dari Anda.

Baca juga: Solusi Alternatif Untuk Anda Yang Butuh Bantuan Modal Usaha

Cara Menemukan Mitra Kerjasama Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

sumber gambar: gtreview.com

Cara Menemukan Mitra Kerjasama Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

Lalu bagaimana seharusnya menemukan mitra kerjasama bisnis yang tepat? Di sinilah Anda bisa menemukan mitra kerjasama bisnis terbaik untuk Anda.

  1. Temukan dalam lingkungan Anda
    Bisa dikatakan ini cara termudah dan terfavorit. Anda bisa bergabung dalam komunitas pengusaha kecil di kota Anda, komunitas pebisnis online, atau menemukan kerabat dan kolega kecil Anda yang memang berpengalaman dalam bisnis.
    Cara ini lebih baik karena beberapa keunggulan seperti mudahnya komunikasi antara Anda mitra, rasa nyaman yang sudah terbentuk, Anda juga sudah paham dengan baik segala kekurangan dan kelebihannya. Tentu saja dengan catatan, jangan jadikan suasana santai Anda menjadi terlalu bebas dan tanpa batasan. Kadang ikatan bisnis yang tidak disertai batasan akan rentan akan konflik.
  2. Rekomendasi terbaik
    Ketika Anda yang seorang ahli pertanian dmulai membutuhkan cara dan metode pemasaran modern terbaik untuk mengembangkan penjualan Anda, maka tak ada salahnya mempersunting mitra kerjasama bisnis dengan mereka yang sudah berkecimpung dengan dunia pemasaran agro.
    Cara mendapatkannya juga sederhana, cukup dengan mencari rekomendasi dari pihak-pihak yang Anda percaya kredibilitasnya. Tentu saja meski Anda sudah mendapatkan rekomendasi, tak ada salahnya memastikan bukan.
  3. Temukan Yang terbaik
    Bisnis yang Anda kelola membutuhan seorang programmer web untuk menjalankan strategi pemasaran penjualan online produk Anda sendiri. Anda bisa saja merekrut programmer web sebagai karyawan Anda dan tawarkan gaji yang kompetitif.
    Tetapi Anda juga bisa memulai ide untuk menemukan mitra terbaik untuk bisnis Anda. Kadang ide merekruit akan menjadi lebih rumit ketimbang menjalin kerjasama. Tetapi perekrutan juga perlu mejadi perhatian Anda atau jangan-jangan terjerumus lagi oleh pihak ketiga.

Demikian tadi 3 cara yang bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan mitra kerjasama bisnis. Bukankah ini akan menjadi panduan untuk Anda dalam mencari investor untuk bisnis Anda.

Artikel Bisnis Pilihan

Siapa Yang Cocok Menjadi Mitra Kerjasama Bisnis Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Siapa Yang Cocok Menjadi Mitra Kerjasama Bisnis Anda?