Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan PerusahaanJika ada tiga aspek penting dalam bisnis properti, yaitu lokasi, lokasi, dan lokasi. Maka dalam bisnis ada tiga aturan pertama, yaitu kas, kas, dan kas. Arus kas punya posisi yang sangat penting dalam manajemen keuangan perusahaan. Dalam Segitiga B-I Robert T. Kiyosaki, arus kas ini berada di bagian bawah segitiga. Artinya, bahwa arus kas atau cash flow merupakan pondasi, syarat dasar, fundament, bagi suatu bisnis untuk berjalan. Arus kas ini sangat penting bagi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.

Banyak pengusaha yang terjebak pada laba, tapi kurang memperhatikan kas. Apa perbedaan laba dan kas? Ada perbedaan antara mendapatkan keuntungan dan memiliki uang kas yang cukup. Laba adalah angka yang muncul di akun Anda pada akhir tahun. Sedangkan kas adalah uang yang Anda miliki di bank. Uang kas ini menentukan, apakah Anda bisa membayar gaji, membayar tagihan, maupun membayar supplier.

Beberapa perusahaan yang sangat menguntungkan dan memiliki laba yang bagus, terpaksa menghentikan operasional bisnis mereka karena kehabisan uang kas. Bagaimanapun tanpa uang kas di bank, manajemen tidak bisa membayar gaji, berbagai tagihan, dan juga membayar supplier. Sudah bisa dipastikan apabila operasional bisnis berhenti, kinerja perusahaan akan terganggu dan mengalami penurun.

Jangan biarkan bisnis Anda bangkrut karena tidak bisa mengelola arus kas dalam manajemen keuangan perusahaan.

Masalah-masalah yang berkaitan dengan arus kas terjadi karena arus kas keluar lebih cepat atau lebih banyak dibanding uang masuk. Hal seperti ini bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satunya kemungkinan terjadi karena Anda terlambat dalam melakukan penagihan kepada pelanggan. Oleh karena itu Anda mengalami penundaan, antara waktu untuk membayar bahan-bahan, biaya produksi, maupun membayar tagihan supplier. Dengan waktu untuk mendapatkan pembayaran dari konsumen/client Anda.

Sementara tagihan Anda tidak bisa menunggu lama, tidak jarang pembayaran dari pelanggan Anda justru tersendat. Hal itu biasa terjadi, apalagi saat kondisi perekonomian sedang lesu. Anda harus mewaspadai hal ini! Lakukan pengelolaan yang baik pada keuangan perusahaan.

Tugas Anda dalam menjalankan bisnis bukan hanya memperhatikan laba-rugi semata, meskipun hal itu juga penting. Namun Anda juga harus memperhatikan catatan/laporan keuangan perusahaan tentang aliran arus kas.

Tips Manajemen Keuangan Perusahaan Dalam Mengelola Arus Kas

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam manajemen keuangan agar arus kas perusahaan Anda dapat mengalir sehat.

  1. Atur jadwal pembayaran kepada pemasok dan kreditor agar sinkron dengan pembayaran dari konsumen/client,
  2. Selalu sediakan cadangan uang kas di rekening bank,
  3. Tagih pelanggan secepatnya,
  4. Jangan segan untuk mengirimkan surat peringatan jika sudah ada tagihan rekening yang melewati tanggal tagih,
  5. Berikan reward (bisa berupa diskon atau yang lainnya) kepada pelanggan yang membayar dengan cepat.

Kelima tips tersebut memang terlihat sederhana. Namun jika Anda menjalankannya, maka manajemen keuangan perusahaan akan selalu berada dalam kondisi “sehat”. Dan Anda dapat menjaga arus kas, agar perusahaan tidak perlu menghentikan kegiatan operasionalnya, dan terhindar dari kebangkrutan.

sumber gambar: ilhamrizqi.com

Artikel Bisnis Pilihan

Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan