Membuat Business Plan Menggunakan Software dan Business Plan App

Membuat Business Plan Menggunakan Software dan Business Plan AppMembuat business plan mestinya bukanlah hal yang asing bagi seorang pengusaha. Karena business plan merupakan langkah pertama Anda menjejaki dunia wirausaha. Business plan akan memberi Anda road map, jalan menuju kesuksesan usaha. Tidak peduli bisnis modal besar maupun bisnis modal kecil, rencana bisnis adalah satu hal yang harusnya Anda persiapkan sebelum usaha berjalan.

Atau paling tidak, Anda akan merasa butuh membuat business plan saat Anda membutuhkan kucuran dana dari investor. Butuh segera menyiapkan sebuah business plan atau perencanaan bisnis untuk proposal usaha Anda dan kebingungan bagaimana cara untuk menyusunnya?

Jika Anda hendak membuat business plan, banyak cara yang dapat Anda tempuh. Pertama, Anda bisa googling dan mencari contoh bisnis plan yang banyak bertebaran di dunia maya untuk Anda jadikan acuan. Kedua, Anda bisa membuat bisnis plan dengan menyewa jasa. Dan yang ketiga dan yang kita bahas dalam tulisan kali adalah, membuat rencana bisnis dengan memanfaatkan berbagai layanan business plan app dan software yang bisa dengan mudah Anda temukan di google search.

Yang menjadi masalah, dengan demikian banyak pilihan business plan app dan software, bagaimana bisa menentukan pilihan, mana yang layak Anda gunakan untuk membuat business plan atau rencana usaha Anda? Apakah pertimbangan yang perlu Anda pahami untuk menjatuhkan pilihan?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi pertimbangan penting dalam memilih business plan App dan software bisnis plan.

Membuat Business Plan Menggunakan Software dan Business Plan App

  1. Struktur rencana bisnis
    Sebuah rencana bisnis yang matang akan terdiri dari cukup banyak elemen dengan sederet input data dan perhitungan yang bagi kebanyakan orang akan cukup membuat rumit. Dan sebuah software atau aplikasi terbaik adalah yang akan membantu Anda memasukan data dengan akurat tanpa dibuat bingung. Juga membantu Anda untuk lebih mudah memahami hasil akhir dari penyajian rencana bisnis tersebut.
  2. Membantu Anda dalam menyajikan perhitungan
    Salah satu bagian tersulit dari membuat business plan adalah perhitungan dan proyeksi keuntungan. Dan tentu saja bantuan ini pula yang paling Anda butuhkan dari sebuah software atau aplikasi. Hanya saja pastikan memilih software atau aplikasi business plan yang memberikan Anda cukup fitur untuk membantu perhitungan dan proyeksi serta rasio yang memadai.
  3. Bantuan analisa
    Kadang Anda membutuhkan sebuah kepastian untuk rencana bisnis Anda benar-benar bisa berjalan. Misalkan dengan melakukan perbandingan antara perhitungan dan proyeksi atas rencana bisnis Anda dengan beberapa perhitungan dan keuangan dari bisnis lain yang sejenis.
    Masih banyak analisa additional lain yang bisa Anda temukan. Dan ada baiknya Anda perhatikan pula aspek ini ketika memilih sebuah software. Pastikan mereka memiliki analisa tools yang sesuai kebutuhan Anda.
  4. Bantuan bimbingan
    Alasan lain ketika Anda akhirnya memilih bantuan eksternal dalam membuat business plan adalah keterbatasan pengetahuan Anda. Dan kebanyakan orang terbentur dengan pilihan menggunakan software atau aplikasi, tetapi khawatir Anda tetap tidak memahami rencana bisnis yang sudah berhasil tersusun.
    Di sinilah peran sebuah bantuan pembimbingan yang akan memberi Anda panduan memahami proses penyusunan dan hasil akhir dari penyusunan rencana bisnis. Dan akan sangat baik untuk Anda menjatuhkan pilihan pada software atau aplikasi yang menyertakan layanan advise tools untuk memudahkan Anda.
  5. Bantuan penyusunan presentasi
    Akan sangat menyenangkan bukan kalau Anda juga diasistensi untuk menyusun presentasi dan format proposal untuk menguatkan rencana bisnis Anda. Dan ini sebabnya akan sangat membantu kalau Anda juga memilih business plan app dan software yang menyertakan fitur ini dalam sistem mereka.
  6. Sekaligus menjadi rencana kerja dan rencana manajemen
    Fungsi sebagai penyusun business plan belaka hanya akan membantu Anda satu kali saja dalam keseluruhan proses sebuah rencana bisnis. Padahal proses Anda masih akan cukup panjang sampai rencana Anda mencapai sukses.
    Itu sebabnya akan sangat membantu kalau pilihan Anda adalah software atau aplikasi yang memiliki layanan perencanaan kerja dan manajemen. Bahkan lebih dari itu tetapi juga menyertakan work in process dimana Anda bisa melakukan pengecekan dan pemantauan pekerjaan yang telah rampuh, yang dalam proses dan belum terkerjakan. Juga melakukan pengecekan beberapa penyesuaian rencana di lapangan.
  7. Menyertakan sistem pencatatan dan pembukuan
    Ini juga satu lagi fitur yang akan sangat membantu. Yakni dimana sistem dalam business plan app dan software sudah menyertakan sistem pencatatan, pembukuan bahkan pelaporan keuangan. Ini akan sangat membantu Anda melakukan pemantauan sejauh mana rencana bisnis dan proyeksi Anda berjalan sesuai rencana. Dan adakah penyesuaian yang perlu Anda lakukan dengan perkembangan keuangan yang ada.
  8. Mencakup banyak bisnis
    Dunia modern memungkinkan Anda mengembangkan demikian banyak ide bisnis yang kadang bahkan menembus batas. Beberapa bisa jadi adalah inovasi baru dan ide start up yang unik dan belum pernah ada.
    Itu sebabnya penting adanya sebuah software yang memiliki keluwesan, sehingga dengan mudah Anda customize serta adaptasi dengan model bisnis Anda. Faktanya setiap bisnis memiliki karakter spesifik masing-masing dan tidak akan selalu memiliki perhitungan, perencanaan dan proyeksi yang sama. Dan penting menemukan sebuah business plan app dan software yang memberi Anda cukup ruang untuk adaptasi ini.

Pertimbangkan kedelapan poin tersebut dalam memilih software ataupun business plan app jika Anda hendak membuat business plan.

Artikel Bisnis Pilihan

Membuat Business Plan Menggunakan Software dan Business Plan App

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Membuat Business Plan Menggunakan Software dan Business Plan App