Membuat Bisnis Plan Dengan Menyewa Jasa atau Dengan Software?

Membuat Bisnis Plan Dengan Menyewa Jasa atau Dengan SoftwareMembuat bisnis plan merupakan langkah awal Anda menapaki jejak sebagai seorang pengusaha. Rasanya membuat business plan adalah langkah wajib yang tidak bisa Anda hindari. Karena peran vital bisnis plan yang akan menjadi semacam peta perjalanan bagi bisnis Anda. Tanpa peta bernama bisnis plan, perjalanan usaha Anda akan tak tentu arah, terkatung-katung kesana kemari.

Baik ketika Anda sedang membangun sebuah usaha kecil Anda yang baru, sedang berupaya untuk menemukan investor baru untuk usaha Anda, atau justru sedang menelurkan sebuah ide baru untuk dijalankan perusahaan Anda, membuat bisnis plan selalu menempati posisi penting untuk membantu usaha Anda.

Hanya saja kebanyakan pelaku usaha kerap terbentur dengan rintangan klasik ketika mereka harus membuat rencana bisnis. Para pelaku usaha ini tidak memiliki bayangan bagaimana seharusnya membuat bisnis plan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Tak sedikit yang belum mengetahui bagian-bagian penting rencana bisnis.

Masalahnya business plan pada tahapan tertentu tidak bisa Anda hindari. Bisa ataupun tidak, sesulit apapun itu, Anda harus membuat bisnis plan untuk usaha dan rencana bisnis Anda. Alasan mendasar yang akhirnya memaksa Anda mencari sumber daya pihak ketiga untuk membantu mengatasi kendala ini.

Secara umum, ada dua pilihan yang bisa Anda gunakan ketika Anda harus membuat bisnis plan. Pertama adalah dengan menyewa seorang jasa profesional yang memang khusus membuatkan bisnis plan untuk usaha. Dan kedua dengan menggunakan software atau aplikasi pembuatan bisnis plan.

Anda bisa dengan mudah mengakses kedua layanan ini kini cukup dengan memanfaatkan internet. Ada demikian banyak penawaran jasa pembuatan bisnis plan yang bisa Anda temukan di berbagai forum bisnis dengan berbagai taraf harga.

Dan demikian pula dengan mudahnya untuk menemukan beragam software dan aplikasi yang bisa Anda unduh dengan mudah dari berbagai apps tore atau dengan memanfaatkan pencarian via google. Khusus untuk yang satu ini di kesempatan berikutnya kami akan mencoba memandu Anda menemukan aplikasi atau sofware bisnis plan yang layak Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda.

Atau Anda bisa saja membuat sendiri bisnis plan tersebut bersama tim Anda. Jika belum tahu sama sekali mengenai apa itu bisnis plan, Anda dapat googling untuk menemukan contoh bisnis plan untuk dijadikan acuan

Hanya saja di kesempatan ini, kami justru akan mencoba membuka wacana Anda, mana dari kedua pilihan cara di atas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebenarnya, masing-masing cara baik itu dengan layanan jasa atau dengan aplikasi atau software, memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan inilah yang akan kami ulas khusus untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Menyewa Jasa VS Software Dalam Membuat Bisnis Plan

  • Jasa Layanan Pembuatan Bisnis Plan

    Anda bisa menemukan banyak jasa pembuatan bisnis plan sampai penyusunan proposal usaha di berbagai forum bertajuk bisnis sampai forum-forum umum. Sebut saja beberapa forum populer macam kaskus sampai ads.id. Di sini mereka akan membuatkan untuk Anda sebuah proposal lengkap dengan business plan di dalamnya dengan mendasarkan pada data yang sudah Anda susun sebelumnya. Kelebihan utama dari cara ini terletak pada layanan yang berbasis pelayanan personal. Di sini Anda akan langsung dilayani oleh seseorang yang sudah memiliki kemampuan baik dalam memahami standar pembuatan sebuah bisnis plan. Itu sebabnya kehadiran mereka bukan sekedar membantu Anda membuatkan, tetapi juga sekaligus sebagai konsultan.Mereka siap membimbing Anda memahami lebih baik rencana bisnis Anda. Juga siap membantu Anda menyusunkan proposal hingga rampung, yang tentu saja akan sangat membantu bagi pelaku usaha kecil yang juga buta soal urusan penyusunan proposal. Juga akan sangat bermanfaat untuk Anda yang bergerak dalam bidang bisnis yang tidak biasa.

    Hanya saja biasanya jasa ini cenderung memakan biaya besar. Apalagi tidak sedikit pula jasa yang tersebar di dunia maya tidak benar-benar memiliki pengetahuan memadai soal business plan sehingga tidak memberikan Anda layanan yang Anda harapkan.

  • Software Atau Aplikasi Bisnis Plan

    Model dari software ini adalah dengan menyediakan platform dan template lengkap dengan panduan memadai untuk membuat Anda lebih mudah menyusun bisnis plan Anda. Biasanya sudah disediakan beragam model dan konsep bisnis plan untuk beragam jenis usaha dan beragam jenis rencana usaha.Untuk Anda yang mencari kepraktisan dan biaya yang lebih ringan, cara ini jelas menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena di sini Anda hanya cukup mengisi platform yang sudah disediakan dengan data Anda dan segala perhitungan, estimasi serta proyeksi akan muncul dengan otomatis.Dan tentu saja dengan standar penyusunan yang tepat, karena pihak pengelola software sendiri sudah memastikan template mereka sesuai standar kebutuhan dunia bisnis secara umum, jadi kecil kemungkinan Anda menghasilkan bisnis plan yang salah.

    Hanya saja, sifatnya yang general membuatnya hanya cocok menjadi solusi bagi mereka dengan bisnis yang sifatnya umum. Anda dengan bisnis spesifik dan tidak biasa bisa jadi kesulitan memanfaatkan software ini. Demikian pula untuk Anda yang benar-benar buta dengan urusan administratif dan akuntansi ini, karena biasanya Anda memang tidak akan mendapatkan bimbingan personal untuk proses membuat bisnis plan.

Setelah mengkaji perbedaan antara menggunakan jasa atau menggunakan software, kini Anda dapat memutuskan bagaimana Anda hendak membuat membuat bisnis plan. Atau barangkali Anda dapat membuatnya sendiri bersama tim Anda, itu akan lebih baik.

sumber gambar: articles.bplans.com

Artikel Bisnis Pilihan

Membuat Bisnis Plan Dengan Menyewa Jasa atau Dengan Software?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Membuat Bisnis Plan Dengan Menyewa Jasa atau Dengan Software?