Ikuti Cara Bisnis Dengan Modal Kecil Ini, Anda Akan Terkejut dengan Hasilnya!

Cara bisnis dengan modal kecil masih menjadi salah satu primadona, khususnya bagi pengusaha pemula atau karyawan yang ingin mendapatkan uang dengan usaha sampingan. Kendati dianggap sebagai usaha sampingan, wirausaha tetap tidak boleh dijalankan dengan hanya sebelah mata. Semuanya butuh keseriusan dan keuletan dalam menjalankan segala bentuk usaha dan pekerjaan.

Keuletan adalah jantung dalam menjalankan wirausaha. Tanpa keuletan, usaha tidak akan bisa lanjut berjalan. Menjalankan sebuah usaha pasti akan menemui hambatan, jika Anda tidak memiliki jiwa pantang menyerah, tidak akan butuh waktu lama bagi Anda untuk mengibarkan bendera putih dan mundur dari dunia kewirausahaan. Karena dalam memulai wirausaha membutuhkan modal non fisik berupa tenaga ekstra, waktu, pemikiran yang semuanya bergabung menjadi satu dengan modal fisik berupa uang dalam menghasikan produk atau jasa.

Usaha sampingan identik pula dengan modal yang kecil. Hampir setiap usaha membutuhkan modal meskipun hanya sekedar tenaga, waktu dan pemikiran.  Modal dalam bentuk uang bisa boleh jadi ada atau tidak ada, tapi jangan dijadikan kendala sepenuhnya dalam merintis usaha wiraswasta. Jika terpikirkan ingin memulai usaha, tidak ada salahnya jika memulainya dari skala kecil dan modal kecil.

Ikuti Cara Bisnis Dengan Modal Kecil Ini Anda Akan Terkejut dengan Hasilnya

sumber gambar: netizenpos.com

Cara bisnis dengan modal kecil merupakan salah satu cara yang tepat untuk belajar bisnis. Sambil menjalankan, sambil belajar untuk mengembangkan usaha yang dirintis tersebut dengan resiko kegagalan yang juga kecil. Apalagi jika kita adalah pemain baru dalam wirausaha. Resiko untuk rugi masih terbuka lebar, jika belum memiliki jam terbang yang cukup. Kegagalan adalah suatu bentuk keberhasilan, namun tertunda dalam mencapainya, jangan sampai menjadikan putus asa untuk bangkit kembali meraih apa yang diimpikan.

Cara Bisnis Dengan Modal Kecil

  1. Pilih Jenis usaha yang tepat

Memilih Jenis usaha modal kecil yang tepat

sumber gambar: businessnewsdaily.com

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan sebagai cara bisnis dengan modal kecil adalah pandai memilih usaha yang akan dijalankan. Hampir di setiap kiat sukses berwirausaha selalu disarankan dengan pemilihan jenis usaha. Dalam memilihnya hendaknya disesuaikan dengan minat yang dimiliki oleh tiap pengusaha, bisa berupa hobi, kegemaran, atau kondisi lingkungan sekitar tempat usaha akan didirikan.

Baca juga: 3 Pilihan Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

  1. Fokus, ulet dan pantang menyerah

Fokus, ulet dan pantang menyerah menjalankan usaha

sumber gambar: havingtime.com

Jika jenis usaha telah dipilih, langkah berikutnya dari cara bisnis dengan modal kecil adalah melakukan usaha dengan fokus, ulet dan pantang menyerah. Hindari berwirausaha dengan berganti-ganti bidang usaha yang dipilih. Dengan begitu, kita akan lebih bisa mengenali dan mempelajari seluk beluk usaha yang dirintis, sehingga senantiasa bisa memperbaiki dari waktu ke waktu. Fokus juga bisa berarti sebagai usaha maksimal dalam memahami kebutuhan dan kekurangan dari salah jenis usaha. Setiap usaha memelukan perencanaan yang matang dalam merintisnya, dan itu semua membutuhkan fokus serta keuletan. Perencanaan yang terfokus hendaknya bisa dalam bentuk tertulis sehingga bisa dianalisis semua yang usaha yang diperlukan dan penggunaan modalnya.

Baca juga: Ciri-Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

  1. Pilih lokasi dan susun strategi yang baik

Pilih lokasi dan susun strategi yang baik untuk usaha Anda

sumber gambar: newbeginningsteenhelp.com

Cara bisnis dengan modal kecil juga membutuhkan promosi dan lokasi yang baik. Lokasi bisa berhubungan dengan kemudahan konsumen dalam menjangkau produk barang atau jasa yang dihasilkan. Jika lokasi usaha tidak bisa strategis, minimal bisa dilakukan beberapa promosi dilengkapi dengan fasilitas atau kemudahan dalam melayani konsumennya, contohnya berupa pelayanan pesan antar (delivery order) untuk konsumen. Saat ini tempat dan jarak buka menjadi penghalang untuk melakukan usaha mandiri. Apalagi di era teknologi dan komunikasi yang semakin canggih, memudahkan orang terhubung satu dengan yang lain, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi wirausaha terutama dengan konsumen.

Baca juga: Strategi Bisnis Tahan Banting Di Masa Krisis

  1. Terus dan selalu belajar dengan cepat

Menjadi pengusaha harus terus dan selalu belajar dengan cepat

sumber gambar: forextradingpro.co.uk

Bagian keempat dari cara bisnis dengan modal kecil adalah dengan selalu mengasah ketrampilan. Saya pernah menyinggung di salah satu tulisan berjudul Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak! bahwa menjadi pengusaha artinya Anda harus siap untuk terus selalu belajar dengan cepat. Usaha dengan modal kecil, mengutamakan penguasaan skill dari pengusaha itu sendiri. Skill adalah keahlian yang menjadi modal utama yang harus bisa dilakukan dalam menjalankan usaha. Tanpa skill usaha tersebut tidak bisa berjalan, karena pengusaha modal kecil merupakan penggerak sekaligus manajer untuk usahanya sendiri, dan hal ini berbeda dengan wirausaha yang sudah besar, dimana modal sebagai salah satu penentu berjalannya usaha. Misalnya jika ingin memulai usaha catering, pengusaha kecil harus bisa memasak jenis-jenis makanan yang ditawarkan pada menu makanan yang dijual, serta memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dari makanan yang sama yang dijual di tempat lain. Berbeda lagi jika pengusaha makanan skala besar, seperti pada restoran. Pemilik usaha restoran besar bisa menggaji pegawainya sebagai koki untuk memasak berbagai menu makanan.

Baca juga: Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

Nah itu tadi 4 cara bisnis dengan modal kecil yang harus Anda perhatikan sebelum memulai usaha. Semoga bermanfaat. Salam sukses!!!

Artikel Bisnis Pilihan

Ikuti Cara Bisnis Dengan Modal Kecil Ini, Anda Akan Terkejut dengan Hasilnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Cara Bisnis Dengan Modal Kecil Ini, Anda Akan Terkejut dengan Hasilnya!