Ciri Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

Ciri Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, untuk bisa sukses mengapa harus memiliki ciri ciri pengusaha sukses? Bukankah pengusaha sukses itu adalah orang lain? Apakah Anda harus menjadi orang lain dan kehilangan jati diri?

Bukan itu maksudnya, bukan untuk kehilangan jati diri dan menjadi orang lain. Tapi ini adalah soal karakter-karakter sukses yang harus Anda miliki. Karena untuk mencapai tangga sukses, Anda harus menduplikasi orang-orang yang sudah sukses, termasuk menduplikasi ciri ciri pengusaha sukses, atau lebih tepatnya menduplikasi karakter sukses yang ada dalam diri pengusaha sukses.

Selain karakter sukses yang harus melekat dalam diri Anda, pada pelaksanaannya nanti, untuk memuluskan jalan menjadi pengusaha sukses, Anda juga membutuhkan Trik Usaha Sukses dan Cara Bisnis Yang Sukses.

8 Ciri Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

  1. Fokus
    Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalani saat ini. Sedang pengusaha sukses selalu memiliki fokus yang jelas. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide lainnya. Jika Anda sudah menemukan sebuah titik fokus, terus pertajam fokus tersebut.
  2. Harapan Yang Realistis
    Jika Anda sedang melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan sepuluh kilogram per minggu, dapat dipastikan Anda akan kecewa dan selanjutnya menyerah. Namun jika tujuan yang Anda tetapkan lebih realistis, besar kemungkinan Anda akan selalu berpegang pada tujuan tersebut dan berhasil. Tak ada orang yang menjadi kaya mendadak. Target Anda harus tinggi, namun realistis.
  3. Kemauan Membuat Rencana
    Ciri ciri pengusaha sukses yang ketiga adalah memiliki kemauan membuat rencana. Ini bukan soal kemampuan, tapi soal kemauan. Jika Anda memiliki kemauan, maka ketidakmampuan tidak akan menjadi penghalang Anda. Setiap pengusaha sukses selalu memiliki tujuan yang jelas dan rencana untuk meraih tujuan tersebut. Rencana ini ibaratnya peta menuju kesuksesan Anda. Dengan demikian pengusaha sukses selalu mempelajari pasar, persaingan, dan juga mempelajari secara bersungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapinya.
  4. Fleksibel dan Adaptif
    Anda sudah mengantongi tujuan dan rencana untuk mencapainya. Namun selalu saja banyak hal terjadi dalam perjalanan mencapai tujuan. Seringkali tak terduga dan diluar rencana Anda. Seorang pengusaha sukses akan mampu menghadapi hal itu, karena pengusaha sukses memiliki fleksibilitas dalam menghadapi setiap perubahan. Dan adaptif, cepat menyesuaikan diri, bereaksi dengan cepat menghadapi hal tak terduga dalam perjalanan menuju kesuksesan.
  5. Memiliki Kemampuan Menjual
    Barangkali sebagian dari Anda merasa bersedih, bahwa memiliki kemampuan menjual termasuk dalam salah satu ciri ciri pengusaha sukses. Tak sedikit dari kita yang merasa khawatir jika harus menjual, karena takut terhadap penolakan. Namun sebagai pengusaha mau tidak mau Anda harus menjual. Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Jika tidak punya kemampuan menjual, maka Anda harus mempelajarinya. Anda tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, atau menjalin hubungan baik dengan pemasok. Pada saat tertentu Anda harus memotivasi karyawan. Jika tidak memiliki kemampuan menjual bagaimana Anda bisa melakukan semua itu? Termasuk dalam mencari investor, Anda harus dapat menjual ide, agar sang investor bersedia menaruh uangnya dalam resiko bisnis Anda.
  6. Bekerja Keras
    Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Dibutuhkan kerja keras untuk menggapai tujuan yang telah Anda tetapkan. Namun, itu bukan berarti Anda harus bekerja keras siang malam dan melupakan keluarga. Jika Anda baru keluar dari pekerjaan Anda, dan memutuskan untuk memulai membuka usaha baru secara mandiri, maka itu berarti Anda harus bekerja lebih keras dibanding saat Anda bekerja sebagai karyawan. Sebagai seorang pengusaha, apalagi dalam masa merintis usaha, bisa jadi Anda akan merangkap jabatan. Anda adalah direktur, merangkap marketing, merangkap akuntan, merangkap public relation, bahkan kadang juga merangkap office boy. Dengan rangkap jabatan seperti itu sudah bisa dipastikan, Anda harus bekerja keras.
  7. Memiliki Tujuan Pribadi Yang Jelas
    Berikutnya ciri ciri pengusaha sukses yang ketujuh adalah memiliki tujuan pribadi yang jelas. Setiap orang memiliki tujuan pribadi yang berbeda-beda. Apakah tujuan bisnis Anda untuk uang semata, atau Anda terjun bisnis karena menyukai tantangan? Apakah tujuan bisnis Anda untuk dapat menyalurkan kreatifitas secara lebih leluasa, atau untuk dapat memiliki kendali atas banyak hal? Tujuan-tujuan tersebut seringkali bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai tangga kesuksesan, Anda harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda dan apa yang dapat Anda capai.
  8. Pahami Setiap Proses
    Setiap proses selalu berarti, seorang pengusaha sukses selalu dapat memahami setiap proses, dan selalu belajar dari pengalaman. Setiap pengalaman dijadikannya bekal untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan.

Sahabat PoBis, selamat menduplikas karakter sukses yang ada dalam ciri ciri pengusaha sukses sebagaimana telah saya uraikan di atas.

sumber gambar: 7428.net

Artikel Bisnis Pilihan

Ciri Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ciri Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki