Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba Cara Ini

Cara Cari Kerja Sampingan Tanpa ModalDunia freelance memang sudah menunjukan geliatnya dalam satu dekade ini. Bahkan semakin tampak menggiurkan dalam setidaknya 5 tahun terakhir. Bila sebelumnya melekat stigma tidak profesional dan kesan murah meriah, kini di era serba modern dan canggih malah kerja sampingan menjadi jauh lebih memikat bagi kebanyakan orang. Apalagi Anda bisa dengan mudah untuk cari kerja sampingan tanpa modal cukup dengan hanya berbekal laptop dan jaringan internet yang layak.

Dan bila sebelumnya kerja sampingan dan pekerjaan lepas waktu kerap dipandang sebelah mata, kini malah menjadi incaran bagi banyak orang, tak terkecuali mereka yang sebelumnya datang dari kalangan profesional.

Ini menyebabkan persaingan bagi Anda yang tengah cari kerja sampingan tanpa modal menjadi semakin ketat. Persaingan tidak ubahnya dengan kondisi pada bursa kerja konvensional. Dimana semakin Anda mampu memperlihatkan kemampuan dan kredibilitas Anda, semakin baik daya saing Anda di pasar bursa kerja.

Tetapi bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan daya saing dalam bursa kerja lepas waktu ini Adakah cara khusus yang perlu Anda terapkan untuk menunjukan kemampuan dan kredibilitas Anda, terutama dalam hal ini adalah Anda yang tengah cari kerja sampingan tanpa modal di dunia online.

Salah seorang pelaku pekerja lepas waktu yang sudah melanglang setidaknya selama lebih dari 8 tahun bernama  Tom Ewer mengungkapkan beberapa rahasia dalam meningkatkan daya saing dalam bursa kerja freelance online sebagai berikut ini.

Baca juga: Tips Sukses Kerja Sampingan Ibu Rumah Tangga

5 Cara Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal

  • Temukan peluang Anda
    Di era serba modern dunia asistensi berkembang di luar pemikiran konvensional, demikian pandangan Tom Ewer. Dan fakta ini menunjukan Anda bisa menemukan begitu banyak peluang yang bisa Anda kembangkan sebagai peluang pekerjaan. Pahami kemampuan Anda, kelebihan dan kekurangan Anda dan temukan peluang kerja yang sekiranya sesuai dengan karakter Anda. Misalkan Anda yang teliti tentu saja akan cocok dengan pekerjaan data entry, Anda yang pandai menulis akan memiliki ribuan peluang pekerjaan penulis lepas, sedang Anda yang mahir dengan desain bisa menemukan peluang web desain dan brand desain yang tak terbatas.
  • Temukan lokasinya
    Bagi pemula, cara termudah untuk menemukan pekerjaan sampingan adalah dengan menemukan lokasi penawaran dan pencarian yang tepat. Mulai dari mendaftar pada beberapa portal kerja online seperti freelancer.com, elance.com atau mendaftar pada beberapa web penulisan online dengan menjadi tenaga penulis lepas mereka. Dari titik ini Anda akan mendapat cukup banyak kesempatan melatih kemampuan, menemukan konsumen, menumpuk portofolio hingga menambah jam terbang.
  • Mulai membangun strategi pemasaran
    Ternyata melakukan pemasaran dengan kerja sampingan juga bisa menjadi pilihan tepat untuk sukses dengan pilihan karier Anda. Mulai kumpulkan portofolio dan testimoni yang Anda peroleh dari klien Anda, jadikan satu album khusus untuk siap Anda akses. Jadikan ini sebagai senjata Anda dalam melakukan penawaran bebas. Bila sebelumnya Anda mencari pekerjaa, beranikan diri Anda untuk membuka penawaran dan biarkan para pencari jasa freelancer yang menemukan Anda. Cara ini biasanya akan memberi Anda nilai tawar yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Jangan takut membranding diri
    Ini merupakan bagian penting dari cara cari kerja sampingan tanpa modal. Seorang mantan manajer dengan prestasi baik akan dengan mudah menemukan pekerjaan baru ketika mereka resign. Seorang pekerja paruh waktu yang selama ini mampu bekerja profesional akan memberi citra baik. Hal tersebut bisa tercermin dari tingginya permintaan kembali yang muncul dari klien lama Anda dan banyaknya testimoni yang Anda terima. Setelah itu, jangan biarkan harga layanan Anda menjadi pasaran, karena harga yang murah kadang malah menunjukan Anda sendiri ragu dengan kualitas Anda. Meski perhatikan pula daya beli pasar supaya Anda tidak kehilangan kesempatan hanya karena kemahalan. Beberapa pekerja sampingan bahkan tidak ragu menunjukan spesialisasi mereka untuk menguatkan daya saing.
  • Perhatikan track record
    Kadang beberapa klien akan tertarik pada freelancer yang sudah berpengalaman kerja panjang dan sudah bekerja sama dengan klien-klien besar. Karenanya tak ada yang salah dengan melemparkan penawaran ke klien-klien besar dengan menunjukan portofolio Anda dan jaminan-jaminan. Kerjasama Anda ini nantinya bisa menjadi sumbangan positif untuk nilai dari track record Anda.

Untuk cari kerja sampingan tanpa modal sebenarnya tidak sulit. Yang pasti Anda hanya membutuhkan ketekunan dan kesungguhan. Karena kebanyakan kegagalan justru datang dari diri Anda sendiri yang kurang serius dengan pekerjaan Anda.

Masih bingung dan belum punya ide usaha sampingan untuk digeluti? Langsung saja klik 21 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga dan Karyawan. Tulisan tersebut mengepas secara detail beberapa peluang usaha sampingan yang memiliki prospek bagus dan layak untuk Anda geluti, lengkap dengan tips sukses usaha sampingan.

sumber gambar: pictomani.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba Cara Ini

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba Cara Ini