Cara Usaha Kecil-kecilan Dengan Produksi Bumbu Masak Rumahan

Cara Usaha Kecil-kecilan Dengan Produksi Bumbu Masak RumahanBagaimana cara usaha kecil-kecilan dengan produksi bumbu masak rumahan? Di era serba modern sekarang banyak orang terlanjur sibuk dengan aktifitas mereka sehingga kerap kali memilih segala sesuatu yang serba instant. Ini jelas bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Misalkan dengan Anda bisa memulai ide bisnis makanan yang menjanjikan dengan konsep ready to cook. Atau ide yang kali ini akan kami ulas, yakni usaha produksi bumbu masak rumahan. Sebelumnya saya sudah pernah mengulas mengenai bisnis yang menjanjikan dengan produksi rumahan bumbu masak powder.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan berbagai informasi cara usaha kecil-kecilan dengan produksi bumbu masak rumahan. Usaha ini bisa Anda kembangkan dengan model usaha produksi rumahan, dengan mengandalkan perangkat di rumah Anda.

Sedang di sisi lain Anda akan membantu banyak konsumen rumah tangga untuk memasak dengan lebih efisien, mudah, cepat namun dengan rasa yang dipastikan sesuai selera. Ide ini jelas akan memikat banyak ibu rumah tangga baik itu kalangan ibu muda yang rendah pengalaman atau ibu dengan karier di luar.

Potensi usaha ini memang menjanjikan, bahkan bisa jadi berpotensi hasil hingga jutaan tiap bulan. Tetapi untuk itu perlu cara usaha kecil-kecilan yang tepat supaya usaha ini berjalan dengan lancar. Apakah cara usaha kecil-kecilan yang dapat Anda jalankan untuk usaha produksi bumbu masak rumahan?

[box type=”shadow” align=”” class=”” width=””]

Baca juga Panduan Lengkap Cara Buka Usaha Baru

[/box]

Cara Usaha Kecil-kecilan Dengan Produksi Bumbu Masak Rumahan:

  1. Pastikan soal rasa dan kualitas
    Berhubungan dengan dunia kuliner jelas harus berhadapan dengan urusan rasa. Pasar tak akan pernah mentoleransi produk dengan rasa yang tidak memuaskan atau dengan kata lain rasa adalah bagian terpenting dalam usaha bumbu masak.
    Selalu pastikan resep pilihan Anda memang yang terbaik dalam rasa, pastikan setiap bagian bumbu halus dengan sempurna, gunakan mesin giling berkualitas untuk hasil gilingan terbaik, pastikan pula proses masak mencapai titik tanak yang tepat dengan kemasan kedap udara yang baik supaya bumbu bisa tahan lama dan tidak mudah membusuk sebelum waktunya. Karena sekali konsumen Anda kecewa akan kualitas Anda, mereka tidak akan kembali pada produk Anda.
  2. Produksi massal
    Meskipun ini merupakan cara usaha kecil-kecilan, saya menyarankan Anda untuk memproduksinya dalam jumlah banyak sekaligus untuk menekan biaya produksi. Produksi dalam jumlah besar sekaligus, simpan dalam ruang simpan bersuhu rendah dan kemasan kedap terbaik. Ini bisa membantu Anda menekan biaya bahan baku sehingga dapat menekan pula biaya operasional. Lakukan produksi bergantian tiap hari supaya suplai tetap berjalan berkesinambungan.
    Perhatikan musim tertentu dimana permintaan produk bumbu masak ini meningkat seperti menjelang lebaran, idul kurban dan menjelang akhir tahun. Pastikan produk Anda mampu memenuhi peningkatan permintaan ini.
  3. Selalu kembangkan menu bumbu
    Bumbu masak biasanya hanya berkutat pada bumbu yang itu-itu saja seperti soto, rendang, sambal goreng, gule dan sebagainya. Jangan terpaku pada produk pasaran, coba bereksperimen untuk mendapatkan resep masakan lain yang bisa Anda siapkan bumbu masak instantnya. Ini memberi nilai lebih untuk merek dagang usaha kecil Anda.
    Temukan berbagai resep dari beragam sumber dan coba siapkan bumbu masak instannya dalam takaran kecil sebelum memutuskannya menjadi produk baru Anda. Bila perlu libatkan konsumen lama Anda untuk membantu meriset kelayakan produk baru Anda sebelum resmi Anda jual ke pasar umum.
    Tambahkan diferensiasi pada produk Anda dengan ide yang berbeda dari produk pasaran, misalkan dengan jargon bumbu organik bebas MSG dan lain sebagainya. Diferensiasi berperan besar memberi produk Anda nilai lebih yang tak bisa Anda temukan pada produk lain.
  4. Pemasaran ofline dan online
    Guna memaksimalkan penjualan, sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk usaha kecil-kecilan yang Anda rintis. Untuk produk bumbu masak instant seperti ini Anda sebaiknya malah masuk dalam pasar yang lebih eksklusif, Sulit bagi Anda menembus pasar supermarket, karena persaingannya jelas lebih berat.
    Untuk itu masuki pasar dengan cara yang lebih personal. Misalkan dengan teknik pemasaran sampel. Anda bisa membuat produk sampel dan Anda bagikan ke rekan dan tetangga Anda. Buat acara promosi melalui sarana pertemuan pengajian atau arisan ibu-ibu dengan sembari membagikan sampel.
    Minta mereka membuat testimony untuk setia kepuasan yang Anda dapatkan dari penjualan langsung ini. Karena setelahnya Anda bisa memasuki pasar online dengan penawaran via blog gratis atau page facebook. Manfaatkan testimony tadi sebagai modal Anda mendapatkan kepercayaan pasar online.
    Jangan ragu turut serta bila Anda bisa mendapatkan kesempatan menjadi peserta aneka bazaar dan pameran kuliner di kota Anda. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda bertemu pasar lebih luas, bertemu pihak investor atau perbankan untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Itulah tadi beberapa tips sebagai cara usaha kecil-kecilan dengan produksi bumbu masak rumahan. Ide bisnis ini sebenarnya sederhana, tetapi butuh proses produksi yang cermat dan pendekatan pasar yang cukup efisien dan tepat guna.

sumber gambar: nanopertapan.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Usaha Kecil-kecilan Dengan Produksi Bumbu Masak Rumahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Usaha Kecil-kecilan Dengan Produksi Bumbu Masak Rumahan