Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksiBagaimana cara memulai bisnis pakaian sablon custom? Menjalankan sebuah bisnis pakaian adalah salah satu ide bisnis yang layak untuk Anda jajal. Bisnis ini memiliki pasar yang sangat besar, dengan permintaan yang cukup tinggi dan terus mengalir. Tak dipungkiri, bila bicara soal potensi bisnis dengan laju penjualan yang tinggi dan stabil, jelas bisnis sandang akan masuk dalam daftarnya.

Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai cara memulai bisnis pakaian. Jelas bukan jenis bisnis pakaian biasa, tetapi jenis bisnis pakaian sablon custom yang belakangan ini banyak dicari. Konsepnya sebenarnya sama dengan konsep kaos sablon konvensional.

Bedanya untuk memproduksi busana dengan sablon custom, Anda akan menggunakan mesin printer fabric yang khusus digunakan pada bahan kain. Mengenai potensi usaha digital textille printing saya sudah pernah mengulas di artikel berjudul Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille Printing. Dengan ini Anda bisa menggunakan bahan selain kaos, bahkan bila Anda ingin bahan unik seperti katun atau shiffon.

Biasanya cara pemasaran dalam bisnis ini menggunakan sistem pemesanan atau sistem pre order. Mengenai sistem penjualan dengan kedua cara tersebut, saya sudah pernah menyinggungnya dalam artikel berjudul 4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal. Dimana dalam sistem tersebut produk baru dibuat setelah ada pemesanan.

Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir resiko stock barang yang tidak laku. Dengan sistem pre order setiap barang yang diproduksi sudah pasti lakunya. Sehingga kita hanya melakukan stock pada bahan-bahan produksi. Resikonya jauh lebih kecil, dibanding jika kita menyetok produk jadi.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis pakaian jenis ini? berikut ini adalah tahapan dasarnya.

Baca juga: Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar

5 Langkah Dasar Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom

  1. Diawali dengan riset

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom dengan riset

sumber gambar: morrisonsocialmedia.co.uk

Bisnis apapun yang akan Anda mulai, selayaknya Anda awali dengan riset. Bukan basa basi kalau dikatakan riset adalah bagian penting cara memulai bisnis, termasuk cara memulai bisnis pakaian.

Karena dalam tahap ini Anda jadi lebih siap dengan bisnis Anda. Riset ini termasuk segala hal berkaitan dengan produk apa yang disukai di pasar, cara produksi, peralatan yang sesuai, karakter pasar, persaingan yang akan Anda hadapi, sumber daya Anda termasuk tenaga kerja Anda, aspek-aspek biaya, pilihan suplier di dalam jangkauan Anda dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun Kaskus

  1. Pengambilan keputusan

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Pengambilan keputusan

sumber gambar: uriellight.org

Sudah dengan riset Anda saatnya Anda memilih mana yang sesuai untuk Anda jalankan sebagai bisnis, serta apa saja yang akan Anda pilih untuk bisnis Anda. Ini akan menjadi penentu langkah bisnis Anda berikutnya.

Anda akan menentukan produk macam apa yang akan Anda produksi, bagaimana caranya, model dan kualitas seperti apa, pasar mana yang potensial untuk produk Anda, sampai ke keputusan lebih teknis, seperti peralatan apa yang akan Anda pilih, siapa suplier Anda, dimana Anda akan menjual dan memasarkan produk Anda, secara offline atau online dan masih banyak lagi.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Sederhana Kedai Kopi Berjalan

  1. Penentuan Anggaran

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Menentukan Anggaran

sumber gambar: blog.livelovely.com

Setelah Anda meluruskan apa saja yang akan Anda rancang dengan bisnis Anda, saatnya memulai urusan biaya dan estimasi-estimasinya. Di sini Anda akan menentukan anggaran biaya yang Anda perlukan.

Setiap keputusan yang Anda ambil sudah pasti akan memberi resiko terhadap keuangan Anda. Membeli peralatan akan berkaitan dengan biaya peralatan, rekruitmen karyawan akan berurusan dengan biaya gaji dan lain sebagainya. Tak hanya itu, keputusan menentukan suplier juga akan berurusan dengan sistem termin yang mungkin akan Anda hadapi.

Kadang dalam urusan ini Anda juga akan berurusan dengan masalah pembiayaan. Apakah modal Anda cukup memenuhi kebutuha anggaran atau Anda perlu mendapatkan sumber modal lain seperti investor dan bank.

Untuk mnentukan sebuah anggaran, Anda jelas akan berurusan dengan banyak pihak. Anda tak akan bisa menentukan sebuah estimasi sendirian. Anda perlu melibatkan tim Anda untuk memastikan peralatan yang sesuai dan budget yang perlu Anda siapkan, demikian pula dengan urusan kualitas bahan, desain, sampai biaya pemasaran.

Baca juga: Cara Memulai Sistem Akuntansi Untuk Bisnis Pemula

  1. Strategi pemasaran

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Strategi pemasaran

sumber gambar: smarketingclub.com

Saatnya Anda mematangkan strategi pemasaran Anda. Biasanya banyak perusahaan menganggarkan di depan aktivitas pemasaran untuk menekan pembengkakan. Jadi Anda perlu sesuaikan aktivitas pemasaran Anda dengan anggaran yang tersedia.

Ada banyak cara untuk melancarkan strategi pemasaran Anda. Mulai dari aktivitas social media, sampai pengelolaan website. Pilihan yang lebih memakan biaya juga bisa Anda pilih seperti mengikuti pameran, membuka sebuah gerai layanan desain sampai menjalin kerjasama dengan pihak ketiga seperti sponsorship.

Baca juga: Contoh Marketing Plan Untuk Kedai Kopi Berjalan

  1. Perencanaan awal produksi

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi

sumber gambar: printerdtgjet.blogspot.com

Pastikan Anda juga sudah merencanakan sistem produksi. Bisa dikatakan aspek ini nantinya juga akan berperan dalam anggaran. Misalkan ketika Anda memutuskan menyewa sebuah ruang usaha untuk produksi dan gudang maka dengan sendirinya Anda akan berurusan dengan biaya penyediaan ruang usaha.

Tetapi masalah aspek produksi ini tak hanya itu, karena aspek produksi juga berkaitan dengan konsep lay out, sistem produksi efektif dan efisien, jam kerja, tenaga kerja produksi, suplai bahan baku dan lain sebagainya.

Baca juga: Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana Bisnis

Demikian tadi, 5 langkah dasar untuk cara memulai bisnis pakaian sablon custom. Dengan perkembangan potensi bisnis yang semakin meningkat, rasanya tidak salah kalau bisnis ini menjadi pilihan Anda bukan?

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar