Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil Agar Untung Besar

cara memulai bisnis dengan modal kecilBagaimana cara memulai bisnis dengan modal kecil? Beberapa kali pertanyaan tersebut masuk ke inbox Pojok Bisnis. Karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan 7 cara memulai bisnis dengan modal kecil. Bagaimana jika belum punya modal sama sekali? Tidak usah khawatir, saya akan tunjukkan bagaimana cara mendapatkan modal usaha hingga 50 juta rupiah, bahkan lebih. Silakan baca artikel Cara Mendapatkan Modal Usaha yang di dalamnya terdapat 8 cara Ampuh yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan 50 juta rupiah bahkan lebih yang dapat Anda jadikan sebagai modal usaha.

Kembali lagi ke 7 cara memulai bisnis modal kecil. Dimana ketujuh cara ini merupakan poin-poin yang harus Anda perhatikan agar Anda dapat menjalankan roda bisnis dengan baik dan benar, meskipun dimulai dengan modal kecil. Pada prinsipnya, jangan sampai modal menjadi penghambat Anda untuk terjun dalam dunia bisnis.

Selain ketujuh poin yang akan dijelaskan dalam tulisan ini, Anda juga harus membaca 4 Tips Usaha Modal Kecil dan Contoh Peluang Usaha Modal Kecil selengkapnya di artikel Ide Peluang Usaha Modal Kecil. Artikel tersebut bakal memberi pencerahan pada Anda dalam memulai bisnis dengan modal kecil.

Tak jarang dalam memulai bisnis, kita harus ‘berjuang’ mengumpulkan modal dengan bekerja sebagai karyawan. Dan lantas ‘diam-diam’ merintis bisnis sebagai usaha sampingan. Sehingga ketika bisnis belum menghasil, secara personal kondisi keuangan Anda masih tetap terjaga. Namun jika saja Anda sedikit lebih cermat, ada beberapa peluang usaha sampingan yang penghasilannya melebihi gaji Anda atau gaji suami Anda. Silakan klik tautan tersebut untuk mencari tahu 21 peluang usaha sampingan terbaik yang layak Anda lirik.

Apapun latar belakang Anda, karyawan swasta, ibu rumah tangga, atau Anda yang memang ingin langsung terjun dalam dunia bisnis, tak bisa dipungkiri bahwa kita semua memiliki prosentase kegagalan di awal usaha yang cukup besar. Karena itu dengan mengantongi cara memulai bisnis dengan modal kecil diharapkan nilai prosentase tersebut dapat diperkecil.

Bagi pemula, banyak keraguan dalam menjalankan dan memulai bisnis. Ini merupakan hambatan sekaligus tantangan yang harus dilawan agar tidak berubah menjadi alasan sehingga membatalkan niat dalam berwirausaha.

Mungkin untuk beberapa orang dibutuhkan modal nekat untuk mengawali suatu usaha. Modal nekat disini maksudnya adalah aksi nyata dalam merealisasi segala bentuk ide usaha agar bisa segera dilakukan dalam bentuk action. Perlu ditekankan bahwa nekat disini bukan berarti tanpa perhitungan. Dalam dunia bisnis Anda harus memperhitungkan berbagai situasi dan kemungkinan, sehingga dapat menyusun langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Adapun cara memulai usaha baru, Pojok Bisnis pernah membahasnya dalam 4 seri tulisan Panduan Memulai Usaha Baru, yaitu:

Keberhasilan dalam memulai dan menjalankan bisnis modal kecil merupakan penggabungan dari berbagai macam aktifitas yang saling terkait satu dengan yang lain. Cara memulai bisnis dengan modal kecil mencakup berbagai bidang kegiatan yang meliputi pemasaran, produksi, manajemen, keuangan. Selain itu juga berkaitan dengan kehidupan pribadi seseorang yang menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ini cara memulai usaha yang bisa dilakukan agar usaha berjalan lancar dan memperoleh keuntungan maksimal:

  1. Niat dan Belajar

Mengawali dan menumbuhkan bisnis mandiri harus dengan niatan yang kuat berasal dari hati. Tidak pula melakukan bisnis berdasarkan asumsi semata. Perlu dihindari untuk melakukan bisnis karena alasan coba-coba tanpa pemikiran yang matang. Selain niat, orang yang berbisnis, harus senantiasa mau belajar, baik dengan cara otodidak, ataupun berguru kepada orang yang lebih berpengalaman. Ada tiga artikel terkait yang harus Anda baca, yaitu: Alasan Pengen Jadi Pengusaha, disambung dengan Enaknya Jadi Pengusaha, dan Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha Atau Tidak?

  1. Memilih Bisnis Yang Tepat Dan Minim Resiko

Diperlukan pemikiran dalam hal memilih bidang bisnis yang akan dikelola nantinya. Biasanya memilih bisnis hendaknya diawali dari suatu hal yang disukai, baik itu yang berhubungan dengan hobi atau kegemaran. Passion yang tinggi akan membantu dalam situasi sulit, kreatif dan inovatif mencari terobosan baru. Selain itu dipilih pula jenis bisnis yang minim resiko. Untuk memudahkan Anda, saya sudah merangkum beberapa peluang usaha modal kecil yang memiliki prospek bagus. Silakan klik 20 Peluang Usah Rumahan dan 5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil.

  1. Planning atau Perencanaan

Semua hal harus dipertimbangkan dengan seksama. Hendaknya perencanaan usaha bisa dibuat dalam bentuk tertulis dan rinci, sehingga pribadi pengusaha akan tahu apa saja yang harus dilakukan dan tahu apa yang dibutuhkan dalam memulai usahanya. Perlu sekali merencanakan usaha mulai dari modal hingga dalam bentuk hasil produk yang akan dipasarkan ke konsumen (marketing). Klik dan Simak Contoh Bisnis Plan Sederhana dan Contoh Marketing Plan untuk kedai kopi. Silakan sesuaikan contoh tersebut untuk keperluan usaha Anda.

  1. Perhitungkan Modal dan Pemasaran

Ketika telah memilih bisnis yang tepat, langkah selanjutnya adalah memperhitungkan modal bisnis. Modal bisnis bisa menggunakan dana milik pribadi, bisa meminjam dari bank atau dengan cara bekerja sama dengan rekanan. Perlu diperhitungkan modal dengan nilai produk yang akan dijual ke konsumen. Perlu dipertimbangkan cara memasarkan produk cepat, jual banyak,dan jual murah.Wajib Baca: Strategi Pemasaran dan Strategi Promosi.

Sekali lagi perlu saya tekankan, bahwa Anda harus memperhatikan arus kas. Karena cash flow merupakan pondasi sebuah bisnis.

  1. Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Jangan Menyerah

Jiwa dari wirausaha adalah kerja keras dan pantang menyerah. Bisnis dilakukan bagi orang yang memiliki sifat tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ada dalam proses usaha, baik itu saat mengawali bisnis maupun saat mempertahankannya. Tetap cerdas dengan memperhatikan 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula.

  1. Tidak Terburu Nafsu dan Fokus

Dalam menjalankan bisnis perlu dihindari berganti-ganti jenis usaha agar tetap fokus dengan bisnis yang dikerjakan dan dikembangkan. Selain itu, individu yang melakukan bisnis jangan hanya sekedar tergiur dengan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan mengabaikan analisa pemasaran dan konsumennya. Keep calm dan terapkan 9 Trik Usaha Sukses.

  1. Jangan Lupa Berdoa dan Besedekah

Kesuksesan dalam menjalankan bisnis pasti ada campur tangan Tuhan. Sebagai seorang manusia wajib berdoa dan bersedekah sebagai perwujudan rasa syukur atas semua keuntungan yang diperoleh dan kelangsungan roda bisnis yang dilakukan.

Setelah ketujuh cara memulai bisnis dengan modal kecil tersebut, Anda harus sempurnakan dengan 5 Tips Sempurnakan Cara Memulai Usaha Modal Kecil.

Selain itu Anda juga harus meningkatkan kepercayaan. Bagaiamana cara meningkatkan kepercayaan? Cara meningkatkan kepercayaan adalah dengan Membangun Bisnis Kecil Agar Terlihat Besar dan Profesional.

Demikian tulisan mengenai 7 tips cara memulai bisnis dengan modal kecil, semoga bermanfaat dan dapat menjadi pintu mencari rejeki bagi Anda.

sumber gambar cara memulai bisnis dengan modal kecil: enfordis

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil Agar Untung Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil Agar Untung Besar