5 Pilihan Cara Membuka Usaha Tanpa Modal Yang Patut Anda Coba

Cara Membuka Usaha Tanpa ModalCara membuka usaha tanpa modal berikut ini merupakan ide brilian untuk keluar dari permasalahan permodalan yang Anda hadapi ketika hendak memulai usaha. Dengan lima cara ini Anda dapat langsung memulai sebuah usaha tanpa modal. Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya mengenai panduan cara membuka usaha baru.

Namun demikian, tak dipungkiri masalah modal selalu menjadi penghalang banyak orang dengan ide-ide menarik untuk memulai bisnis pertama mereka. Modal memang cukup penting untuk sebuah bisnis, tetapi bukan berarti sebuah bisnis tak bisa Anda realisasikan ketika tidak ada modal di tangan Anda. Jangan karena terkendala modal, lantas menghalangi Anda untuk membuka usaha.

Ada banyak cara membuka usaha tanpa modal yang bisa Anda jajal. Hanya saja terkadang cara tersebut tak terpikirkan oleh kita karena kita sudah terlalu fokus pada besaran modal yang dibutuhkan. Atau mungkin sudah terpikirkan oleh kita, tapi keberanian untuk menjalankannya belum cukup mampu menggerakkan kita untuk mulai melakukan aksi.

Yang Anda perlukan tentu saja keberanian untuk memulai. Faktanya ketika Anda memulai bisnis Anda tanpa modal sebenarnya tak ada apapun yang Anda pertaruhkan, kecuali mungkin diri Anda sendiri. Dan beberapa ide kreatif ini bisa menjadi pilihan cara membuka usaha tanpa modal. Berikut ini 5 pilihan cara dalam membuka usaha tanpa modal yang layak untuk Anda coba.

5 Cara Membuka Usaha Tanpa Modal

  1. Memulai bisnis jasa di awal
    Salah satu perusahaan asal Amerika bernama Outbox System mengaku memulai bisnisnya dari nol bahkan tanpa modal. Sebagai salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang IT mereka menawarkan produk software ke pasaran.
    Hanya saja untuk memproduksi sebuah produk, jelas dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Jadi Anda memerlukan suntikan dana untuk memenuhi kebutuhan ini. Dan Anda bisa menutupnya dengan menawarkan sebuah jasa ke pasar. Untuk kasus Outbox System, mereka menjalankan bisnis jasa pembuatan sistem IT sampai software internal perusahaan. Karena dengan layanan ini seluruh biaya operasional akan ditanggung oleh konsumen, maka bisnis ini bisa dikatakan minim modal. Dan hasil dari penjualan layanan bisa menjadi modal Anda memulai produksi awal.
  2. Mulai dengan ujicoba
    Sebenarnya di dunia serba modern sekarang ada begitu banyak pihak yang siap menjadi angel investor untuk Anda. Ada banyak perusahaan joint venture yang siap menyediakan dana untuk usaha Anda.
    Hanya saja tak lantas semudah itu pula memikat mereka. Anda harus bisa membuktikan bisnis Anda layak, bernilai dan memiliki manfaat bagi pasar. Dan untuk membuktikannya jelas dengan sistem ujicoba.
    Ada banyak cara untuk ini, misalkan dengan mendaftarkan produk Anda pada beberapa jasa tester pasar yang belakangan marak bermunculan di pasar. Anda juga bisa melancarkan ujicoba Anda sendiri, tentu saja ini lebih hemat meski tenaga Anda akan dikerahkan.
  3. Mulai dengan pinjaman payroll
    Anda yang berstatus sebagai karyawan bisa dikatakan sebagai berkah dalam hal ini. karena Anda mendapatkan cara membuka usaha tanpa modal dengan sangat mudah. Karena Anda akan dimudahkan untuk mendapatkan pinjaman dari bank dimana gaji Anda disalurkan atau biasa disebut dengan payroll.
    Beberapa pelaku usaha dengan status karyawan akan memilih bertahan sesaat dengan pekerjaan tetap mereka sekedar untuk mendapatkan suntikan modal sampai mereka bisa menstabilkan modal mereka.
  4. Lakukan sistem pre order
    Kadang Anda bisa langsung memulai usaha produksi dengan tanpa modal. Caranya sederhana, mengalihkan kebutuhan modal kepada konsumen. Yang Anda perlukan hanya presentasi kepada konsumen bagaimana produk Anda akan memenuhi kebutuhan konsumen. Kadang Anda tak harus memproduksi sampel untuk menjadi contoh produk.
    Yang Anda butuhkan hanya konsumen yang memesan produk Anda, lalu menyetorkan sejumlah uang sebagai uang muka. Dari uang muka inilah Anda bisa mendapatkan modal untuk menghasilkan produk Anda.
    Bilapun ada kekurangan dana untuk memenuhi biaya produksi, Anda bisa temukan beberapa suplier bahan baku yang bersedia memberiksn sistem pembayaran dengan termin. Ini akan membantu Anda menunda pembayaran sampai pelunasan dari konsumen diserahkan pada Anda.
  5. Bentuk partnership
    Sebuah bisnis start up kadang akan lebih mudah untuk Anda awali sebagai sebuah bisnis bersama yang dilakukan oleh beberapa orang dengan keahlian berbeda. Alih-alih Anda harus mengalokasikan modal untuk gaji Anda bisa menghimpun beberapa orang dengan kemampuan yang Anda butuhkan sebagai partner bisnis. Kadang beberapa dari mereka dengan dana lebih bisa menyuntikan sejumlah dana untuk membantu memulai usaha.
    Di sini yang perlu Anda pahami adalah bagaimana menilai nilai kepemilikan dari usaha ini. Karena dalam model partnership macam ini segala model ide, kemampuan, tenaga sekalipun akan dianggap sebagai bentuk lain dari modal dan harus diakui sebagai porsi kepemilikan sama halnya dengan suntikan dana segar.

Itu beberapa ide cara membuka usaha tanpa modal dengan cara yang kreatif. Dari gambaran di atas seharusnya Anda sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa sebenarnya modal utama dari sebuah bisnis Anda kemampuan Anda untuk tetap mengembangkan ide-ide Anda, termasuk ide memulai usaha dengan modal minim atau tanpa modal.

sumber gambar cara membuka usaha tanpa modal: linkedin.com

Artikel Bisnis Pilihan

5 Pilihan Cara Membuka Usaha Tanpa Modal Yang Patut Anda Coba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Pilihan Cara Membuka Usaha Tanpa Modal Yang Patut Anda Coba