Cara Membuka Usaha Makanan Kecil Kue Rumahan

Cara Membuka Usaha Makanan Kecil Kue RumahanBagaimana cara membuka usaha makanan ringan rumahan? Usaha kue rumahan adalah salah satu bisnis kecil-kecilan yang sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga. Memasak adalah salah satu aktivitas yang biasa dijalankan oleh para wanita dan tidak heran kalau ide bisnis ini menjadi demikian dekat dengan kalangan ibu rumah tangga. Anda bisa mengembangkan usaha ini menjadi sebuah bisnis beromset ratusan juta, silakan baca di sini: Bisnis Kue Basah Omset Ratusan Juta.

Hanya saja kebanyakan ibu kerap dibuat bingung bagaimana cara membuka usaha makanan semacam ini. Kalau soal memasaknya sich bagi para ibu bisa jadi masalah kecil karena mereka memang sudah pakarnya. Tetapi dalam membangun usaha makanan, kemahiran memasak bukan satu-satunya aspek penting dalam usaha. Ada banyak hal lain dalam usaha makanan yang juga perlu mereka pahami untuk bisa mengembangkan usaha yang sukses.

Menurut salah seorang ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis ini sejak 5 tahun lalu bernama ibu Sony dari Kebumen, dikatakan bagian tersulit sebenarnya adalah mengatur waktu usaha karena bagaimanapun usaha ini harus bisa dijalankan bersamaan dengan aktivitas sebagai ibu rumah tangga.

Jangan ketinggalan baca juga ini: Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi

Sedang bagi seorang ibu rumah tangga lain yang menjadi pelaku usaha kue rumahan sejak tahun 90an di kota Yogya, ibu Makfum malah menganggap bagian terberat dari cara membuka usaha makanan kecil ini adalah ketika mereka mulai membuka usahanya dan melancarkan strategi pemasaran awal mereka.

Ibu Makfum mengakui bisnis ini bisa dimulai dengan mudah. Modal awalnya juga ringan apalagi kalau memang Anda sudah gemar memasak kue dan penganan kecil. Karena otomatis mereka juga sudah memiliki banyak perangkat memasak memadai untuk membuat kue. Karena harus diakui modal membeli perangkat ini tidak kecil, kecuali Anda sendiri memang sudah mengkoleksinya secara pribadi.

Menurut Ibu Sony asal Kebumen, cara membuka usaha makanan kecil terbaik yang dia terapkan untuk usaha kue rumahannya ini adalah dengan menitipkannya pada penjaja kue keliling yang memang biasa Anda jumpai di kotanya tinggal. Setidaknya ibu Sony bekerja sama dengan 4 orang penjaja keliling dengan menjual 3 jenis kue setiap harinya. Masing-masing penjaja mendapatkan 20 porsi kue untuk tiap jenisnya.  Dari penjualannya ini ibu Sony membukukan hasil sekitar 360 ribu dengan margin 30%.

Untuk memproduksi sesuai kebutuhan, ibu Sony hanya memasak sekitar 3 jam yang dia mulai sejak pukul 3 pagi dan rampung di pukul 6 pagi dengan dibantu 2 orang asisten. Karena sudah terbiasa pekerjaan rumit membuat kue bisa dirampungkan dengan singkat. Waktu kerja yang pendek juga membuatnya tetap leluasa menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Hal senada diamini oleh ibu Maksum dari Yogya. Beliau setiap harinya memproduksi setidaknya 60 loyang kue berupa kue mandarin, marmer, bolu pisang, bolu karamel dan bolu pandan. Dengan dibantu 2 karyawannya, beliau bisa memproduksi semua itu dalam tempo 4 jam.

Biasanya kue yang diproduksinya dipasarkan dengan cara dititipkan ke penjaja kue di pasar-pasar tradisional di sekitar rumahnya. Setidaknya dalam satu hari ibu Maksum bisa menghasilkan untung tak kurang dari 200 ribu tiap hari.

Menurut ibu Maksum, usaha makanan ini sebenarnya mudah dijalankan. Asal Anda sendiri menggemari bisnis kuliner. Pasalnya bisnis ini cenderung monoton dan kadang membutuhkan ketekunan dan kecermatan. Adonan yang salah bisa menghasilkan kue yang tidak enak untuk dimakan atau berpenampilan buruk.

Untuk tahap awal cara membuka usaha makanan, sebaiknya bisnis ini Anda mulai dalam skala kecil dulu. Setidaknya untuk menekan kerugian karena kue tidak laku terjual. Dulu di awal usaha, malah ibu Maksum tak segan membuat kue sampel yang banyak. Kue sampel ini ditawarkannya ke tetangga serta dibagikan gratis di toko-toko kue.

Menurutnya cara klasik ini sangat sukses membantunya mendapatkan banyak pelanggan pertama. Karena ketika para penjaja kue ini mengetahui kualitas kue buatan Anda, mereka akan sukarela mempromosikan produk Anda ke pelanggan mereka.

Berbeda dengan ibu Sony yang mengedepankan kerjasama untuk bisa meningkatkan hasil usahanya. Ibu Sony bekerja sama dengan guru, karyawan instansi dan swasta  dan rumah peribadatan. Biasanya di beberapa sekolah, instansi atau rumah peribadatan akan kerap diadakan pertemuan rutin yang membutuhkan snack sebagai hidangan. Di saat inilah ibu Sony memanfaatkan peluang dengan menjadikan orang dalam sebagai rekanan dengan model bagi hasil.

Anda bisa lihat kan ada banyak trik yang bisa Anda jalankan dalam cara membuka usaha makanan ringan rumahan. Kini Anda bisa memahami cara tepat menjalankan bisnis ini, ternyata sekedar jago masak tak cukup kan?

sumber gambar: peluangusaha.kontan.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Membuka Usaha Makanan Kecil Kue Rumahan

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Membuka Usaha Makanan Kecil Kue Rumahan