Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah

Cara Bisnis Tanpa Modal Dengan Reseller DropshipMau mulai usaha tapi tidak punya modal? Kayaknya alasan klasik bukan? Dan jawaban klasik lainnya adalah beranikan diri saja dulu, jajal saja dulu dan lain sebagainya. Nyatanya Anda masih saja berkutat dalam masalah bagaimana menemukan cara bisnis tanpa modal yang tidak repot dan ribet.

Salah satu cara bisnis tanpa modal yang sebenarnya mudah Anda jalankan adalah dengan metode dropship. Sebelum lebih jauh soal metode dropship ini kami akan menjelaskan dulu di awal apa itu sebenarnya metode dropship dan bagaimana menjalankannya.

Bisnis dropship pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan konsep usaha reseller atau keagenan. Dalam dunia usaha terdapat begitu banyak produsen atau pelaku usaha hulu yang membutuhkan pedagang eceran atau dalam hal ini kerap disebut dengan agen sebagai jalur distribusi produk mereka sampai ke hilir atau konsumen akhir.

Ada begitu banyak cara yang bisa ditempuh untuk membuka jalur distribusi dan cara dropshiping adalah salah satu model pemasaran dan penjualan yang banyak dipilih. Ada akad saling menguntungkan di sini, dimana sebagai produsen metode ini akan membantunya membuka jalur distribusi lebih luas, sedang bagi agen akan terbantu menjalankan usaha tanpa stok atau tanpa belanja di muka.

Metode dropship ini merupakan model reseller khusus. Penjual tidak perlu direpotkan untuk membeli diawal sebagai persediaan barang dagangan. Hanya dengan bermodal katalog, penjual bisa memperdagangkan produk bersangkutan.

Sedang untuk sistem pembayaran, dilakukan dengan penerapan sistem termin dimana pembayaran dilakukan hanya ketika terjadi pembelian dari konsumen. Penjual atau reseller akan mendapatkan harga grosir karena sudah terikat perjanjian. Itu sebabnya kemudian dropship kerap dijadikan alternative cara bisnis tanpa modal.

Biasanya terdapat tiga metode dalam menjalankan sistem dropship ini. Pertama dengan metode penggunaan dana deposit, dimana reseller meletakan sejumlah dana kecil dalam akun khusus pada produsen untuk kemudian akan dipotongkan acapkali terjadi penjualan. Bila deposit habis maka reseller harus mengisi ulang nilai deposit.

Sedang cara kedua adalah dengan menggunakan pemesanan grosir. Reseller akan mengumpulkan setidaknya kelipatan tiga pesanan dari konsumen baru memesan pada produsen untuk mendapatkan harga potongan grosir. Cara ini tidak menggunakan metode deposit hanya saja pemesanan dilakukan hanya setelah pembelian terjadi beberapa buah sekaligus, yang artinya konsumen kadang diminta untuk menunggu.

Sedang pada metode ketiga mungkin lebih mirip dengan sistem direct selling yang kerap Anda ketahui. Anda akan membayar sejumlah uang sebagai anggota reseller. Kemudian dengan Anda sebagai member Anda akan mendapatkan sejumlah potongan harga baik ketika Anda memesan produk dalam jumlah kecil atau besar.

Ketiga cara di atas tetap menggunakan sarana penjualan dengan katalog sebagai media penjualan dan pemasaran. Dan satu catatan pentingnya Anda tidak direpotkan dengan urusan persediaan, sistem penyimpanan barang dan lain sebagainya. Beberapa produsen malah mengirim sendiri pesanan yang Anda ajukan langsung ke konsumen, sehingga Anda tidak pula repot dengan urusan pengiriman dengan biaya pengiriman sepenuhnya dibebankan kepada konsumen.

Menariknya, cara bisnis tanpa modal ini bisa Anda jalankan sembari menjalankan aktivitas Anda yang lain. Berbekal katalog membuat Anda cukup aktif menyebarkan katalog ketika Anda sedang berada dalam pertemuan keluarga, pertemuan warga atau saat sedang mengantar si kecil ke sekolah. Kadang katalog juga bisa dibawa suami ke kantor untuk disebarkan pada rekan kantornya.

Beberapa pelaku usaha dropship ini juga kerap memilih untuk menggunakan katalog online. Katalog online ini diupload pada akun social media dan dishare melalui akun bersangkutan serta dengan media blog tidak berbayar.

Metode penjualan dengan sistem dropship ini berlaku untuk beragam jenis produk. Anda bisa membuka beragam usaha penjualan seperti fashion, sprei, peralatan masak hingga mainan anak-anak. Bahkan beberapa distributor elektronik juga mulai menerapkan metode ini untuk mengembangkan bisnsi mereka.

Dari sisi keuntungan, usaha dengan model dropship ini tetap memiliki potensi keuntungan yang sama dengan sistem reseller yang menggunakan sistem stok persediaan. Malah di satu sisi, peniadaan sistem stok membuat Anda tidak perlu repot memikirkan uang modal yang tertambat pada barang dagangan yang belum laku terjual.

Untuk bisa mendapatkan informasi mengenai usaha sistem dropshiping ini, Anda bisa mencoba googling untuk menemukan web penjualan dengan sistem droship yang bertebaran di dunia maya. Atau coba saja temukan produsen produk yang berada tidak jauh dari sekitar Anda. Siapa tahu bersedia menjalin kejasama dropship dengan Anda. Tak sulit kan mencari ide cara bisnis tanpa modal dari rumah?

sumber gambar: dokterparfum.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah