Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar

Pasar modern biasanya dibangun dengan menyertakan beberapa kios bersih yang bisa disewa oleh pedagang non sayuran. Anda bisa menjual beragam produk pada slot kios ini, mulai dari boneka, peralatan dapur sampai pakaian. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara bisnis pakaian dalam kios pasar macam ini bisa berjalan lancar.

Ketika Anda membuka sebuah kios penjualan pakaian di pasar, Anda akan menemukan bahwa persaingan yang harus Anda hadapi akan sangat tinggi. Apalagi kalau Anda membuka di pasar berukuran besar atau pasar besar dari sebuah kota kecil yang biasanya dipadati oleh pedagang dengan jenis barang yang hampir serupa.

Dengan kios yang berdempetan, bentuk kios yang pada dasarnya serupa dan produk yang hampir sama, bisakah Anda membuat usaha Anda menghasilkan untung maksimal? Adakah cara bisnis pakaian yang khusus diperuntukkan untuk jenis usaha semacam ini?

Pada satu kesempatan kami berhasil wawancara dengan salah satu pedagang busana di kota Kebumen bernama ibu Sarmini. Ibu paruh baya ini sudah menjalankan toko pakaian miliknya selama 10 tahun dan mengaku bisa mengumpulkan omset hingga ratusan juta tiap bulan dari penjualan busana yang dijalankannya. Kerja keras dan kemauannya untuk selalu belajar membuat bisnisnya menjadi besar seperti sekarang ini. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dijalankan ibu Sarmini sebagai cara bisnis pakaian dengan kios pasar.

Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar Ala Ibu Sarmini

Baca juga: Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Online

  1. Awali dengan satu jenis produk dan luaskan cakupannya perlahan

Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Di Dalam Pasar

sumber gambar: grosiransurabaya.com

Di awal usahanya dulu, Ibu Sarmini hanya khusus menjual segala jenis busana muslim. Cara ini dipilihnya supaya mudah membidik pasar dan memudahkannya memulai usaha dengan modal pas-pasan. Baru setelah berjalan beberapa waktu, Ibu Sarmini sendiri yang mencoba berkomunikasi dengan konsumennya, modal pakaian apa lagi yang dicari konsumen.

Kini setelah modalnya lebih kuat, bisa dikatakan kios miliknya termasuk cukup lengkap. Beliau menyediakan beragam jenis pakaian dari wanita, pria, anak-anak sampai bayi, busana muslim, jeans, busana tidur sampai handuk, pakaian dalam dan mukena. Ini membuat kiosnya menjadi toko pakaian serba ada. Dan diakui Ibu Sarmini untuk menjadi demikian lengkap dibutuhkan waktu setidaknya 6 tahun.

Baca juga: Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner

  1. Promosi dengan cerdik

Cara Bisnis Pakaian Dengan Promosi Cerdik

sumber gambar: bhinneka.com

Persaingan yang ketat jelas menjadi masalah bagi wanita ini. Pedagang pakaian di pasar sangat banyak demikian pula pedagang baju muslim. Karenanya wanita ini menggunakan beberapa pendekatan khusus untuk menggaet konsumen.

Yang khas dari kios ini adalah ketika Anda sudah beberapa kali membeli di kiosnya, Ibu Sarmini siap melayani pembayaran dengan termin untuk Anda. Itu membuat banyak konsumen dengan mudah terbujuk membeli meski uang di dompet sudah tipis. Kebanyakan wanita memang mudah terayu dengan bujukan termin macam ini.

Ibu Sarmini tak segan menerima pesanan massal seperti untuk seragam sekolah, seragam panita dan seragam karyawan. Dengan konsep pesanan massal, yang diperlukan hanya menghubungi garmen lokal langganannya dan mendapatkan pesanan partai besar yang sudah pasti akan menguntungkan. Biasanya dari sana datang konsumen baru yang puas dengan busana seragam mereka.

Baca juga: Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih Optimal

  1. Dapatkan produk terbaik dengan harga terbaik dan pembayaran terbaik

Cara Bisnis Pakaian Produk Terbaik Dengan Harga Terbaik Dan Pembayaran Terbaik

sumber gambar: antarafoto.com

Sejak awal usahanya berdiri wanita ini sudah sering mondar mandir Kebumen-Bandung hanya untuk menemui secara langsung para pemilik usaha produsen busana lokal. Dengan lihai dibangunnya kerjasama antara usaha kiosnya dengan pihak suplier demi mendapatkan harga yang paling menguntungkan dan sistem pembayaran yang paling bersahabat.

Namun demikian, Ibu Sarmini tak langsung asal pilih, diakuinya dirinya sangat selektif memilih pakaian dan sangat mementingkan desain, trend serta kualitas. Pasalnya dengan cara ini diakui pasarnya menjadi tersegmen di kalangan menengah di kota Kebumen. Kalangan menengah menurutnya lebih mudah terbujuk dan mudah konsumtif.

Baca juga: 10 Langkah Penting Agar Logo Bisnis Punya Kekuatan Brain Washing

  1. Buat tanda di kiosnya yang mudah dikenali

Cara Bisnis Pakaian Buat Tanda Agar Kios Mudah Dikenali

sumber gambar: economy.okezone.com

Kios yang berderet dengan bentuk hampir serupadan dan ukuran yang sama membuatnya sulit dibedakan dengan kios lain. Ini kerap menyulitkan para konsumen untuk bisa datang lagi ke kiosnya. Membuat tanda agar kios mudah dikenali merupakan cara bisnis pakaian yang cerdas untuk kios di dalam pasar.

Ibu Sarmini membuat tanda khas pada kiosnya dengan menggunakan cat yang berbeda. Cat mencolok yang tak pernah digantinya sejak 10 tahun lalu bahkan selalu diperbarui setiap 1,5 tahun sekali membuat kiosnya lebih mudah dikenali. Ditambah dengan memasang back ground warna cerah dan terang ternyata mampu memberi kesan busananya lebih terlihat kontras dan menarik ketika dilirik pengunjung pasar yang lalu lalang.

Itu tadi beberapa tips sederhana dan cara bisnis pakaian yang dijalankan oleh seorang ibu yang sukses dengan bisnis busana serba ada dengan konsep kios pasar ini. Apakah Anda jadi tertarik menjajal ide usaha ini di pasar dekat rumah Anda?

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar