Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis

cara berbisnis dengan modal kecil untung besarKali ini saya akan membahas mengenai cara berbisnis dengan modal kecil. Dan seperti biasa saya mencoba untuk memberikan sebuah panduan cara praktis yang langsung bisa diterapkan dan tidak berbelit-belit.

Modal memang sering menjadi kendala bagi seseorang untuk terjun ke dunia bisnis. Namun ternyata, modal itu kendala nomer dua. Lantas apa kendala nomer satunya? Kendala nomer satu dalam memulai bisnis adalah: NYALI. Apakah Anda mempunyai nyali untuk menjadi pebisnis? Apakah Anda punya keberanian yang cukup untuk menjadi pengusaha?

Rasa takut akan membuat seseorang selalu melakukan kalkulasi ulang, sehingga akhirnya tidak kunjung memulai langkah untuk terjun dalam dunia bisnis. Padahal, sebuah perjalanan tidak akan pernah terjadi tanpa satu langkah awal. Namun kalkulasi tetap merupakan hal penting dalam bisnis, karena itu bisnis plan harus matang, masuk ke dunia bisnis tanpa kalkulasi adalah gegabah. Jangan ekstrim “modal nyali”, juga jangan ekstrim “penuh perhitungan”.

Kembali ke topik, kali ini kita tidak membahas mengenai nyali dan kalkulasi dalam bisnis, kita akan membahas mengenai cara berbisnis dengan modal kecil. Jadi langsung saja to the point.

Berikut Ini Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil.

  1. Gandeng Investor

    Pertama saya terjun di dunia wirausaha juga modal nekat.Usaha saya yang pertama adalah distribusi makanan ringan. Saya berhasil nego dengan pabrik untuk syarat distribusi lebih ringan, tapi tetap saja uang saya tidak mencukupi. Akhirnya saya membuat proposal sederhana, semacam bisnis plan, dan saya tawarkan kepada investor. Saya memulai bisnis pertama saya dengan modal kecil, karena modal saya hanya start up saja untuk riset kecil yang saya lakukan sendiri dan bea transport untuk melakukan nego dengan produsen. Modal usaha selanjutnya menggunakan uang investor.
    Kunci dalam menggandeng investor adalah Anda harus bisa meyakinkan investor. Proposal bisnis plan menjadi senjata utama Anda dalam menggandeng investor, sebaiknya proposal dibuat berdasarkan data, bukan asumsi. Dan yang paling penting, setelah Anda mendapat kepercayaan dari insetor: JAGA KEPERCAYAAN TERSEBUT.

  2. Dropship

    Kalau model bisnis dropship ini istri saya yang menekuni. Bisnis ini juga nyaris tanpa modal. Anda cari orderan, setelah berhasil mendapatkan order, Anda tinggal meneruskan order itu ke supplier. Nanti supllier akan langsung mengirim order tersebut ke konsumen dengan pengirim atas nama Anda. Soal harga, Anda akan dapat harga khusus dari supplier, jadi harga jual tetap bisa bersaing.
    Metode pemasaran yang biasa dilakukan dropshiper adalah: BBM Marketing, Facebook Marketing, atau social media lain. Menggunakan marketplace seperti Tokopedia, OLX, bisa juga melalui forum jual beli seperti kaskus. Pada tahap lanjut Anda bisa memasarkannya lewat website sendiri, dan membangun brand toko online sendiri.
    Lebih lanjut mengenai usaha dopship dapat Anda baca disini.

  3. Freelancer

    Sebagian besar pekerjaan freelancer membutuhkan keahlian, misal keahlian menulis, desain, video editing, akuntansi, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya. Namun ada juga pekerjaan freelance yang tidak begitu membutuhkan keahlian, yaitu data entry, asal bisa komputer saja bisa melakukannya.
    Teman saya LadyNoel K adalah seorang freelancer, berbekal keahlian menulis dia menekuni bisnis content writing. Hanya bermodal blogspot. Lumayan juga kerjanya sambil santai mengurus anak di rumah. Dalam sehari bisa menyelesaikan 5 artikel. “Lumayan buat nambah uang belanja.” katanya.
    Nah, jika Anda tertarik menekuni bisnis freelancer, beberapa ide freelancer dapat Anda temukan disini.

  4. Kreatifitas

    Jika Anda tidak punya modal uang, cara berbisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan modal kreatifitas. Biasanya termasuk kategori ini adalah bidang bisnis kerajinan tangan. Salah satu contohnya adalah Salam Racage, dengan kreatifitas mampu menyulap kertas bekas yang tidak terpakai menjadi aneka produk mebel. Bahkan produknya sudah berhasil merambah mancanegara, diantaranya Australia, China, dan Italia. Hanya dengan modal awal Rp 500 ribu, sekarang dapat meraup omset rata-rata Rp 20 juta per bulan.

  5. Broker Properti

    Cari properti dijual di sekitar tempat tinggal Anda, kemudian tawarkan secara online lewat berbagai market place properti. Ini juga merupakan salah satu cara berbisnis dengan modal kecil.

  6. Bisnis Online

    Bisnis online ini banyak sekali jenisnya. Mulai dari affiliate marketing, Pay Per Click (PPC), Cost Per Action (CPA), Flipping, dan masih banyak lagi… Karena banyak, maka pembahasan akan panjang, jadi mengenai bisnis online akan saya bahas dalam artikel tersendiri nanti.

Jadi modal kecil bukanlah sebuah kendala untuk memulai terjun di dunia bisnis. Jika uang Anda tidak cukup, gunakan uang orang lain, gandeng investor. Atau cari bisnis modal kecil, gunakan keahlian dan kreatifitas Anda.

sumber gambar: metisetrade.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis