Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana Bisnis

Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana BisnisBelajar bisnis modal kecil harus diselaraskan dengan rencana bisnis yang telah Anda susun. Rencana bisnis adalah bagian penting dalam setiap bisnis bahkan bila itu adalah bisnis modal kecil. Kebanyakan orang mengabaikan aspek ini ketika memulai sebuah bisnis. Di tahap awal, diakui ini sebenarnya bukan masalah, tetapi ketika Anda berencana meluaskan dan mengembangkan jangkauan bisnis Anda, jelas ini menjadi sangat penting.

Catat sekali itu sangat penting dan karenanya untuk Anda yang sedang belajar bisnis modal kecil. Mulailah untuk memahami cara membuat rencana bisnis. Dan karenanya pada kesempatan ini kami sengaja memberikan Anda beberapa contekan untuk membantu Anda memahami bagian-bagian penting dari sebuah rencana bisnis langsung dari laman bisnis besar dunia, Forbes.com.

Mungkin Anda akan mempertanyakan kenapa sebuah bisnis perlu memahami konsep rencana bisnis. Mari kita lirik salah satu bisnis yang sempat kami ulas mengenai usaha dagang AsmaraKu.com yang sukses menggaet pemodal besar Asia Tenggara. Dengan suntikan modal besar, mereka bisa melebarkan sayap usahanya dengan lebih optimal.

Hanya saja semua itu tak akan mereka dapatkan tanpa rencana bisnis. Para investor akan tertarik pada mereka yang memiliki visi, konsep bisnis dan kematangan dalam ide yang semuanya akan tertuang dalam rencana bisnis. Itulah sebabnya penting untuk Anda memasukan pemahaman rencana bisnis dalam program belajar bisnis modal kecil Anda.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Sederhana Kedai Kopi Berjalan

Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan 7 Poin Rencana Bisnis

Dan inilah panduan mengenai cara menyusun rencana bisnis dari Forbes. Menarik karena dalam forbes, mereka menyederhanakan kerumitan konsep rencana bisnis hanya dengan 7 poin sederhana, yakni.

  1. Apa dasar ide usaha Anda?

Belajar bisnis modal kecil harus memiliki dasar, kenapa Anda melihat ide bisnis Anda bisa memberi keuntungan ekonomis. Secara umum dasar sebuah bisnis terbagi dalam dua hal, pertama adanya temuan masalah yang muncul di masyarakat dan ide yang bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah dan memberi nilai ekonomi di dalamnya. Atau temuan ide atau produk yang memberi manfaat lebih bagi masyarakat lengkap dengan kenapa pasar akan membutuhkan produk tersebut. 

  1. Bagaimana cara ide atau produk menyelesaikan/memenuhi kebutuhan tadi

Masih berkaitan dengan pertanyaan pertama, di sini Anda perlu memberi penjelasan lebih detil apa yang bisa produk atau ide Anda lakukan memberi manfaat bagi pasar. Bagaimana cara kerjanya, bagaimana caranya menyelesaikan masalah dan detil-detil lain.

  1. Bagaimana potensi pasar target Anda?

Dari penggambaran karakter produk, Anda kemudian akan menterjemahkan pasar mana yang sesuai dengan karakter produk Anda, Siapa sekiranya yang akan membutuhkan produk atau ide Anda. Dari sini Anda perlu membuat gambaran mengenai karakter dari pasar yang menjadi target Anda. Sejauh mana Anda memahami target pasar Anda akan membantu Anda semakin meyakinkan investor Anda siap dengan rencana bisnis Anda.Untuk itu menjadi detillah dengan aspek ini seperti memahami potensi pasar, kemampuan ekonomi rata-rata, karakter membeli mereka, ukuran pasar dan peta persaingan yang ada.

  1. Apa yang membuat ide atau produk Anda berbeda?

Diferensiasi adalah satu nilai penting yang membuat ide Anda memiliki daya saing. Anda akan sulit sukses dalam persaingan tanpa nilai berbeda yang tidak bisa ditemukan konsumen pada produk atau ide lain. Menjadi berbeda bisa Anda letakan pada kemasan, bentuk, nilai manfaat bahkan kemudahan dalam penggunaan. Diferensiasi merupakan bagian penting dari belajar bisnis modal kecil.

  1. Apa strategi pemasaran Anda?

Sebelumnya Anda sudah menerjemahkan produk, ide dan pasar Anda. Maka kini saatnya menentukan langkah strategis apa yang akan Anda ambil untuk membuat ide dan produk Anda dikenal kemudian dikonsumsi sampai disukai oleh target pasar Anda.

  1. Bagaimana solusi keuangan Anda?

Setiap rencana bisnis sudah mutlak menyertakan aspek ini di dalamnya. Karena ini juga menunjukan kematangan Anda. Anda haru mendeskripsikan apa berapa detil biaya yang harus Anda keluarkan terkait aspek produksi sampai pemasaran dan pelayananan terhadap konsumen. Buat senyata mungkin karena investor Anda jelas membutuhkan data nyata. Sertakan pulastruktur permodalan Anda dan kebutuhan suntikan dana. Jelaskan akan Anda alokasikan kemana suntikan dana ini dan estimasi pendapatan yang bisa Anda dapatkan dengan manfaat suntikan dana ini.

  1. Apa resiko usaha dan Strategi dalam pengendalian resiko?

Tak ada bisnis yang berjalan mulus tanpa resiko, apalagi dalam tahap belajar bisnis, jadi sudah seharusnya Anda menyertakan beberapa resiko yang mungkin Anda hadapi dan rencana-rencana Anda untuk mencegah resiko muncul dan strategi plan B ketika resiko terjadi.

Dengan 7 aspek di atas, Anda akan memberikan sebuah rencana bisnis yang memadai untuk meyakinkan investor bahwa bisnis kecil Anda layak untuk berkembang lebih besar dan mendapatkan suntikan dana. Jadi penting kan memasukan pemahaman mengenai rencana bisnis ketika Anda belajar bisnis modal kecil?

sumber gambar: roseandthistle.co.uk

Artikel Bisnis Pilihan

Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana Bisnis