5 Jenis Aplikasi Bisnis Untuk Mempercepat Laju Bisnis Anda

aplikasi bisnisAplikasi bisnis sangat diperlukan untuk membantu mempermudah pekerjaan kita. Tak terkecuali di dunia bisnis. Aplikasi dapat mempermudah kita mengelola bisnis, sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk mempercepat laju usaha.

Jika sebelumnya kami sudah mengulas mengenai alasan kenapa Anda sebaiknya merubah haluan bisnis Anda menjadi adaptor teknologi dan menjadi gadget friendly, maka kini saatnya untuk Anda juga mulai mengenal beberapa model aplikasi bisnis yang terbukti menjadi asisten virtual terbaik untuk bisnis Anda.

Berbagai aplikasi bisnis dihadirkan untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis, diantaranya berkaitan dengan pengelolaan jadwal, mengelola keuangan, menyimpan dokumen, dan beragam kemudahan lainnya. Jika sebelumnya Anda harus mengelola bisnis Anda di kantor, maka dengan berbagai aplikasi untuk bisnis tersebut Anda dapat mengelola bisnis Anda dimana saja dan kapan saja.

Karena itu, jangan sampai Anda ketinggalan dari kompetitor Anda. Segera manfaatkan berbagai aplikasi untuk menunjang bisnis Anda. Jika tidak, bisnis Anda akan lambat berjalan bak keong. Toh banyak diantara aplikasi tersebut yang tersedia secara gratis. Berikut ini beberapa jenis aplikasi bisnis yang dapat membantu mempercepat laju usaha Anda.

5 Jenis Aplikasi Bisnis Untuk Mempercepat Laju Bisnis

1. Aplikasi untuk jaringan data
Anda bisa sebut cukup banyak aplikasi online yang bisa Anda akses baik via ponsel ataupun via laptop yang menyediakan sarana ruang simpan data yang cukup besar. Tetapi lebih dari sekedar ruang untuk menyimpan memori, data di dalamnya juga bisa Anda akses dari berbagai lokasi dengan perangkat lain, karena terkunci hanya dengan identitas akun dan password.
Lebih dari itu, Anda bisa membangun jaringan akses yang melibatkan Anda dan tim kerja Anda untuk dapat mengakses data dalam memori secara leluasa, tanpa batasan ruang. Melakukan penggarapan bersama sampai editing.
Sebut saja beragam aplikasi sejenis yang bisa bekerja dalam sistem memori yang kemudian biasa disebut cloud, seperti dropbox, google drive, Huddle, Box, Onedrive dan masih banyak lagi.

2. Aplikasi dokumen untuk android
Microsoft dan google sendiri sudah menyediakan aplikasi bisnis khusus untuk melakukan pengerjaan dan pengelolaan dokumen dalam ponsel android. Ini memudahkan Anda bekerja menggarap dan mengatur dokumen sementara Anda harus dalam posisi mobile.
Meski faktanya kebanyakan orang lebih nyaman mengerjakannya dengan laptop, sistem ini setidaknya memberi kemudahan di saat darurat dan membantu pekerjaan juga bisa dilakukan dengan tablet. Bahkan aplikasi tertentu memberi Anda kemampuan mengakses data dari komputer utama Anda secara mobile.
Beberapa aplikasi seperti microsoft remote desktop, chrome remote desktop, Google Docs, Microsoft for tablets dan banyak lagi model serupa akan menjadi asisten dalam membantu Anda lebih mudah dalam menjalankan sistem dokumen dan pembuatan dokumen tanpa batas ruang.

3. Aplikasi keuangan
Keuangan juga satu bagian dari pengelolaan bisnis yang kerap kali memakan waktu, pikiran dan memaksa Anda merekruit tenaga kerja tambahan. Kini Anda bisa meringkas waktu kerja Anda dan memotong biaya tenaga kerja dengan menggunakan beragam model aplikasi keuangan.
Mulai dari quickbook yang paling banyak dikenal, book keeper, Kashoo dan masih banyak nama lain akan menjadi akuntan virtual Anda untuk mencatat data keuangan Anda, melakukan pembukuan, penyesuaian dengan data perbankan, perhitungan sampai pelaporan periodik.

4. Aplikasi untuk jaringan komunikasi
Salah satu bagian penting dalam menjalankan bisnis adalah membangun komunikasi. Anda bisa jadi akan bekerja dengan beberapa tenaga kerja yang juga bekerja secara virtual. Dan kadang ini akan memberi Anda masalah karena jarak mempersulit komunikasi dan jalinan informasi antara Anda dan tim.
Kini masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi jaringan komunikasi seperti yang bisa Anda dapatkan dari skypee, cisco, slack atau Google Hangout, dimana Anda bisa melakukan komunikasi layaknya sedang bertatap muka sampai melakukan pertemuan rapat
Komunikasi juga bisa Anda jalin dengan memanfaatkan beberapa aplikasi jaringan lain seperti basecamp yang memungkinkan Anda mengorganisir tugas dan pekerjaan serta melakukan beberapa pemeriksaan dan catatan kepada tim kerja Anda secara virtual.

5. Mengorganisir jadwal
Anda sebagai pebisnis jelas akan selalu memiliki beragam aktivitas dalam sehari yang perlu Anda susun sedemikian rupa untuk memastikan setiap pekerjaan berhasil Anda rampungkan tepat waktu.
Dengan bantuan beberapa aplikasi untuk mengorganisir jadwal ini, Anda akan bekerja dengan bantuan asisten virtual yang membantu Anda mengelola jadwal harian Anda, memastikan setiap tugas terselesaikan dan memastikan Anda mendapatkan peringatan untuk jadwal-jadwal Anda.
Beberapa aplikasi sejenis ini antara lain aplikasi todolist atau aplikasi business calendar dan one note. Aplikasi terakhir malah bisa membantu Anda melakukan beberapa organisir data, perhitungan biaya dan lain sebagainya.

Masih banyak aplikasi bisnis lain yang bisa Anda akses dan manfaatkan untuk bisnis Anda seperti aplikasi untuk mengelola persediaan, aplikasi untuk pengingat arus kas sampai aplikasi untuk mengelola pajak. Pada dasarnya di era serba modern ini, rasanya memang Anda bisa menghemat banyak tenaga kerja dengan memanfaatkan aplikasi bisnis ini.

 

sumber gambar aplikasi bisnis: information-age.com

Artikel Bisnis Pilihan

5 Jenis Aplikasi Bisnis Untuk Mempercepat Laju Bisnis Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Jenis Aplikasi Bisnis Untuk Mempercepat Laju Bisnis Anda