Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak!

Apakah Anda Berani Jadi PengusahaTernyata jadi pengusaha itu dibutuhkan keberanian, Sahabat PoBis. Apakah Anda berani jadi pengusaha? Sebelum memulai terjun di dunia usaha, ada baiknya Anda bertanya pada diri sendiri, apakah Anda siap menjadi pengusaha dengan segala konsekuensinya? Ini kaitannya dengan visi dan misi pribadi Anda. Visi dan misi seorang pengusaha akan menjadi daya dorong bagi kesuksesan usahanya.

Barangkali Anda sudah sering mendengar, dan membayangkan alangkah enaknya jadi pengusaha. Pasti yang dibayangkan pertama kali adalah kekayaan finansial, seorang pengusaha bergelimang harta.

Namun, andai saja kewirausahaan adalah sebuah jalan yang mulus, pasti semua orang telah menjadi pengusaha yang sukses. Faktanya banyak hambatan, rintangan, tantangan, dan juga resiko yang selalu mengintai perjalanan kewirausahaan Anda.

Nah, kali ini saya akan membahas sisi negatif, yaitu tidak enaknya jadi pengusaha. Jika setelah membaca artikel ini Anda tetap bersikeras dan berani jadi pengusaha. Itu artinya keputusan Anda untuk menjadi pengusaha memang sudah bulat. Dan Anda memiliki kemungkinan yang besar untuk sukses, karena memiliki daya dorong yang kuat. Tinggal didukung dengan kemampuan teknis yang dapat Anda pelajari sambil jalan dari berbagai artikel bisnis yang ada dalam situs Pojok Bisnis ini.

Baca Juga:
10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula
9 Trik Usaha Sukses Yang Harus Anda Perhatikan

Berani Jadi Pengusaha Atau Tidak?

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk meneguhkan apakah Anda berani jadi pengusaha atau tidak. Masih ada waktu untuk mundur dari niatan Anda untuk jadi pengusaha, dan menjadi seorang karyawan, merintis dunia karir.

Sebelum terjun dalam dunia usaha Anda harus siap dengan beberapa hal di bawah ini:

  1. Harus siap bila pendapatan Anda naik dengan sangat hebat, dan turun tak kalah hebatnya. Ini merupakan perbedaan yang paling kentara antara menjadi pengusaha atau karyawan. Menjadi pengusaha artinya pendapatan Anda akan naik turun (bisa jadi secara drastis). Pastinya Anda tidak akan mendapatkan kenyamanan sebagaimana seorang karyawan bergaji tetap.
  2. Harus siap menjadi orang yang mandiri. Pada awal usaha mungkin Anda akan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Misal jika komputer Anda ngadat, maka Anda harus mencari cara untuk membuatnya berfungsi kembali, entah dengan memperbaikinya sendiri atau dengan membayar orang lain.
  3. Harus siap bekerja keras. Seorang karyawan dapat bekerja bermalas-malasan, dan tetap mendapatkan gaji. Tapi tidak dengan seorang pengusaha. Anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil yang lebih. Bahkan pada saat bisnis Anda masih belum beroperasi (dalam tahap perencanaan dan persiapan), Anda sudah harus bekerja keras, dan tidak mendapatkan uang. Anda mungkin akan butuh waktu untuk mendapatkan bayaran yang mencukupi untuk semua hal yang Anda kerjakan. Kemungkinan besar bisnis Anda tidak akan langsung menghasilkan keuntungan. Banyak pengusaha harus terus melakukan pekerjaan harian sampai usaha mereka benar-benar mapan.
  4. Harus belajar cepat. Menjadi pengusaha akan membawa Anda ke wilayah asing ketika memulai sebuah bisnis. Anda mungkin memiliki keahlian berkaitan dengan bidang bisnis Anda, ahli konstruksi atau ahli memasak atau ahli yang lain. Namun seorang yang ahli memasak ketika merintis usaha restoran tentu akan dihadapkan pada berbagai tantangan bisnis yang tidak terduga sebelumnya. Karena itu berani jadi pengusaha berarti Anda harus mau dan mampu untuk belajar dengan cepat. Kemampuan belajar dengan cepat akan menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha Anda.
  5. Harus siap menghadapi perubahan secara terus menerus. Dalam dunia usaha, perubahan adalah keniscayaan, jika Anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, maka Anda akan tertinggal, pada titik tertentu bisnis Anda akan binasa. Karena itu seorang pengusaha haruslah berteman dengan perubahan, pengusaha yang baik dapat mengambil peluang dari setiap perubahan yang terjadi.

Bagaimana Sahabat PoBis, setelah membaca sisi tidak enaknya jadi pengusaha dan mempertanyakan kelima hal tersebut pada diri Anda sendiri, Apakah Anda masih berani jadi pengusaha?

sumber gambar: jamesaltucher.com

Artikel Bisnis Pilihan

Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak!