Alasan Pengen Jadi Pengusaha

Alasan Pengen Jadi PengusahaRasanya mungkin sedikit aneh jika ada orang yang bertanya, kenapa Anda pengen jadi pengusaha? Rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi alasan jadi pengusaha. Ya jelas alasannya untuk uang lah… Namun ternyata, Sahabat PoBis, jadi pengusaha bukanlah melulu soal uang. Ada hal lain yang sering jadi alasan, kenapa seseorang memilih jalan kewirausahaan.

Sekali lagi, hal ini penting untuk Anda perhatikan sebelum terjun dalam dunia usaha, karena ini berkaitan dengan visi dan misi pribadi Anda sebagai pemilik usaha. Dimana visi dan misi pemilik usaha nantinya pasti akan berpengaruh terhadap visi misi perusahaan Anda.

Baca juga:
Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak!
Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu

4 Alasan Pengen Jadi Pengusaha

Ada 4 hal yang bisa jadi alasan yang melatarbelakangi seseorang pengen jadi pengusaha, yaitu:

  1. Kreativitas
    Bagi Anda yang pengen jadi pengusaha karena alasan kreativitas, perusahaan bukan hanya sarana untuk mendapatkan penghasilan. Melainkan juga sarana untuk menyalurkan kreativitas. Kreatifitas bisa muncul dalam beragam bentuk, dari mendesain sesuatu yang baru, hingga memikirkan proses bisnis baru. Sering kali dibutuhkan kreativitas untuk menemukan cara dalam menciptakan penjualan, menangani pelanggan, mengelola karyawan.
    Maka Anda akan banyak terlibat langsung dalam banyak hal tersebut untuk menyalurkan kreativitas Anda. Namun sebaiknya Anda tetap memperhatikan karyawan Anda, libatkan mereka dalam proses kreatif tersebut. Sehingga perusahaan Anda menjadi sehat secara jangka panjang.
    Jika Anda seorang desainer, misalkan, kemudian berhenti bekerja dengan alasan di tempat kerja tidak bisa membuat desain sesuai kreativitas, selalu atasan yang menentukan bagaimana Anda harus membuat desain. Kemudian Anda mendirikan perusahaan desain sendiri, maka Anda akan sibuk dan asyik dengan kreativitas desain. Dalam hal ini Anda membutuhkan karyawan yang dapat mengelola perusahaan dengan baik, dari segi keuangan, marketing, dan lainnya.
  2. Kontrol
    Bagi banyak orang alasan pengen jadi pengusaha adalah karena pengen mengendalikan hidup mereka sendiri. Mungkin kita pengen memegang peranan yang lebih besar, barangkali kita pengen menentukan sendiri jam kerja, mungkin kita pengen membuat suasana kerja sesuai selera. Sehingga dengan demikian kita bisa mengelola waktu lebih baik untuk keluarga, untuk kegiatan sosial, untuk menyalurkan hobi, bahkan juga keleluasaan untuk menjalankan ibadah.
    Faktor kendali ini merupakan alasan yang kuat bagi banyak orang, bahkan terkadang lebih penting daripada uang. Tapi seberapa banyak kendali yang Anda inginkan? Jika Anda pengen memiliki kendali yang lebih besar terhadap waktu yang Anda miliki, maka Anda harus menjaga perusahaan Anda agar tetap kecil. Sebab dalam perusahaan besar, persoalan sudah semakin kompleks, Anda tidak dapat menangani seluruh proses pengambilan keputusan seorang diri. Dalam hal ini Anda akan kehilangan kendali pada beberapa hal.
  3. Tantangan
    Pilihan Anda untuk menempuh jalur kewirausahaan, sudah merupakan suatu pertanda bahwa Anda seorang yang suka tantangan. Anda sudah terbiasa mengambil resiko, tertantang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Orang-orang yang suka tantangan memiliki potensi yang besar untuk menjadi pengusaha yang sukses.
    Namun Anda tetap harus waspada. Musuh terbesar bagi mereka yang suka tantangan adalah meloncat dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Sekali lagi, Anda harus tetap menjaga FOKUS. Jangan biarkan tantangan terhadap hal baru membuat Anda kehilangan fokus. Setelah perusahaan Anda berdiri, maka tantangan awal dalam merintis usaha baru telah teratasi. Bisa jadi Anda mencari tantangan lain, berpaling pada proyek lain yang akan membuat Anda melupakan tujuan-tujuan yang telah Anda tetapkan bagi perusahaan.
  4. Uang
    Hampir bisa dipastikan semua orang terjun ke dunia bisnis karena pengen memperoleh uang. Ada yang pengen mendapatkan uang yang memadai untuk menopang kehidupan sehari-hari. Ada yang pengen mendapatkan uang untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkannya. Ada yang pengen mendapatkan uang untuk bisa membeli sebuah pulau atau kapal pesiar. Jumlah uang yang ingin Anda peroleh berpengaruh terhadap bagaimana Anda mengembangkan usaha.

Dari keempat alasan jadi pengusaha tersebut, alasan mana yang mendorong Anda pengen jadi pengusaha? Ingat, alasan itu akan turut menentukan perusahaan seperti apa yang akan Anda dirikan.

sumber gambar: forbes.com

Artikel Bisnis Pilihan

Alasan Pengen Jadi Pengusaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Alasan Pengen Jadi Pengusaha