8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan

Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Di Bidang Agrobisnis PeternakanKalau sudah bicara soal bisnis Indonesia yang paling berprospek, memang tidak bisa lepas dari agrobisnis. Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu kaya, dunia agro menyimpan begitu banyak peluang dan memberi begitu banyak pilihan bisnis yang menguntungkan.

Salah satu bagian dari usaha dalam dunia agro adalah bisnis dalam dunia peternakan. Bisnis peternakan sendiri terdiri dari banyak pilihan, selaras dengan banyaknya ragam jenis pakan hewani yang berkembang di Indonesia. Mulai dari usaha peternakan dasar seperti usaha peternakan ayam, sapi, kambing hingga jenis bebek, burung puyuh, kelinci, kalkun dan masih banyak lagi.

Tetapi pilihan dari usaha dalam bidang peternakan tidak hanya terpaku pada perbedaan jenis ternak yang dipelihara. Beberapa usaha yang menguntungkan berikut ini juga bisa menjadi pilihan dalam mengambil keputusan menjalankan bisnis peternakan.

  1. Usaha Pembibitan
    Beberapa pelaku usaha peternakan memilih menggeluti bisnis pembibitan dan bergerak sebagai hulu dari bisnis peternakan. Anda bisa memulainya dengan memelihara beberapa indukan dan melakukan proses pembuahan sampai bibit siap dibesarkan. Para pelaku usaha bisnis penggemukan akan sangat membutuhkan produk bibit  yang Anda hasilkan. Biasanya bibit atau kadang pada jenis unggas disebut DOC ini dijual ketika sudah dianggap siap untuk proses pembesaran dan sudah cukup kuat untuk keluar dari kandang dan mengalami pemindahan.
  2. Usaha penetasan
    Usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari ide bisnis bidang peternakan dengan modal kecil. Bisa Anda jalankan untuk penetasan telur ayam atau telur bebek. Hasil akhir dari bisnis ini sama dengan bisnis pembibitan, hanya bedanya di sini Anda tidak berurusan dengan indukan. Yang perlu Anda lakukan hanya membeli telur sehat dan menetaskannya dengan menggunaka alat tetas yang murah meriah.
  3. Usaha penggemukan
    Bisnis produksi daging untuk pakan hewani adalah salah satu usaha yang menguntungkan dalam bidang peternakan. Pasarnya sangat luas dan bisa Anda jalankan dalam tempo yang singkat. Kadang untuk proses penggemukan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 8 bulan saja, tentu saja bergantung pada jenis hewan yang Anda pelihara. Karena fokus pada pembentukan daging, maka pemeliharaan diarahkan pada pemberian pakan yang optimal demi bisa mendapatkan bobot optimal dari hewan ternak secara sehat.
  4. Usaha Petelur
    Telur ayam atau bebek juga memiliki pasar sangat besar yang bisa Anda kembangkan. Anda bisa menjalankan peternakan dengan fokus hasil telur daripada daging. Fokus pakan diutamakan untuk menjaga kesehatan perkembang biakan ternak. Justru beberapa fakta menunjukan pasar dari telur bisa lebih besar dari usaha ternak pedaging.
  5. Usaha susu
    Bila dalam ternak unggas telur bisa menjadi alternative hasil ternak, maka dalam pemeliharaan jenis mamalia maka ternak dengan fokus hasil susu adalah pilihan alternative yang tidak kalah potensial. Fokus pakan diarahkan pada memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil susu. Usaha jenis ini belakangan juga semakin menarik dengan munculnya beragam jenis hewan ternak penghasil susu selain sapi seperti kambing etawa dan kuda. Meski permintaan di pasar konsumsi tidak terlalu besar, usaha ini bisa Anda arahkan sebagai supplier industri susu kemasan.
  6. Usaha pakan
    Setiap pelaku usaha peternakan jelas mutlak membutuhkan suplai pakan. Di sinilah peluang yang bisa Anda olah sebagai usaha yang menguntungkan. Misalkan dengan memproduksi pakan khusus ternak, sebagai penyalur pakan ternak atau penjual ecer hewan ternak.
  7. Usaha hewan hias
    Di luar usaha ternak pedaging, petelur dan perah rupanya adalagi usaha pemeliharaan hewan yang tak kalah berpeluang. Apalagi kalau bukan usaha ternak hewan hias. Biasanya hewan jenis ini tidak dipelihara untuk dikonsumsi melainkan sebagai hewan peliharaan. Bisa karena suaranya yang menarik atau malah bentuk uniknya. Pasar jenis ini bisa memberi Anda untung bebrapa kali lipat karena memang kebanyakan harga jualnya relatif tinggi. Tetapi kebanyakan juga menuntut kemampuan khusus dalam pemeliharaan.
  8. Usaha kompos
    Kompos bisa dibuat dari sisa pakan dan kotoran dari ternak. Bebeapa orang malah tertarik untuk menjadi penampung kotoran tersebut untuk kemudian diolah sebagai kompos dan dijual ke pasar pertanian. Ini juga bisa menjadi pilihan menarik dari bisnis peternakan.

Tingginya jumlah penduduk di Indonesia menjadi salah satu alasan mendasar mengapa bisnis peternakan memberi Anda begitu banyak peluang. Jumlah penduduk yang tinggi menimbulkan permintaan yang tinggi terhadap pakan hewani. Demikian tingginya permintaan sampai impor masih menjadi pilihan untuk menutup gap kekurangan. Dan dari sanalah Anda bisa melihat masih besarnya peluang membangun usaha yang menguntungkan dalam bidang peternakan.

sumber gambar: nasional.republika.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan