6 Tips Mudah Agar Mempunyai Penghasilan Tambahan di Tengah Padatnya Kuliah

Berpenghasilan sendiri di usia memang menjadi impian setiap orang termasuk kamu. Namun, ternyata banyak orang berpikiran bahwa mencari uang sendiri harus sudah dewasa atau minimal telah memegang gelar sarjana. Padahal, sebenarnya di era modern seperti sekarang apapun bisa lho dijadikan uang.

Usia muda memang seringkali identik dengan dunia hura-hura, masa suka cita. Namun tak sedikit juga anak muda yang memanfaatkan waktu mudanya dengan berbagai kegiatan positif yang menghasilkan. Salah satunya menjadi entrepreneur muda. Tentu menyenangkan menjadi wirausahawan muda, karena selain memiliki penghasilan sendiri, kamu juga dapat membantu keuangan orang tua.

Dari sisi lain, biasanya anak muda memiliki kreatifitas dan ide yang lebih cemerlang dibanding orang-orang yang sudah berumur. Entah sudah ada penelitian atau belum mengenai hubungan antara kreatifitas dan umur.  Namun diakui, bahwa semakin bertambah usia, kreatifitas yang dimiliki juga semakin menurun. Kamu, sebagai anak muda pastinya memiliki sisi kreatif yang tidak dimiliki orang dewasa dimana kreatifitas kamu bisa dimanfaatkan seiring dengan kebutuhan sosial yang terus meningkat.

Nah, penasaran hal apa saja yang bisa dilakukan anak muda yang bisa menghasilkan uang?

Let’s scroll down!

Baca juga: 6 Panduan Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

6 Tips Mudah Penghasilan Tambahan Bagi Mahasiswa

  1. Jual Jasa Sesuai Passion Kamu

Bisnis Mahasiswa Jual Jasa Sesuai Passion Kamu

sumber gambar: geckoandfly.com

Menjual jasa merupakan menjual sesuatu kebolehan dimana tidak semua orang bisa melakukannya. Disini kamu bisa banget menjual jasa kamu dengan mengandalkan passion yang kamu miliki.

Passion adalah sesuatu hal atau kegiatan yang kamu suka cita dan melakukannya merasa terbebani karena itu adalah hal yang kamu banget.

Dengan memanfaatkan passion kamu sebagai alat pencari uang, kamu akan merasa seperti melakukan hobimu sendiri tanpa merasa kesulitan. Nah, kamu juga akan terhindar dari stress karena kamu sangat mencintai pekerjaan kamu. *wink

Lalu jasa apa saja ya yang bisa menghasilkan uang?

Untuk ini, kamu harus mencari tahu dulu apa passion kamu, apa yang kamu suka lakukan dan apa yang membuat kamu terus – terusan melakukannya.

Nah, setelah ketemu misalnya seperti bernyanyi, kamu mulai dari cafe ke cafe itung – itung menyalurkan hobi dan fans. Atau misal suka masak kue, kuenya bisa dijual di sekolah atau kampus. Jika mereka suka, mereka bisa lho jadi pelanggan tetap kamu, bahkan memesan dalam jumlah besar. Seru kan!

  1. Aplikasi Android Penghasil Pulsa/Uang

Bisnis Mahasiswa Aplikasi Android Penghasil Uang

sumber gambar: hmoriginal.my.id

Baca juga: Cara Dapat Uang Lewat Internet Dengan Micro Jobs

Yuhuu~

Siapa yang tidak kenal dengan ponsel pintar berlogo robot ini. Ya, dengan salah satu pengguna terbesar di dunia, android memang memiliki kean tersendiri di setiap usernya.

Android yang unggul dalam memiliki banyak aplikasi gratis yang bisa dibuat maupun diunduh membuat banyak para pengguna iklan memanfaatkan kesempatan ini, dengan membuat aplikasi yang bisa memberikan reward berupa uang atau pulsa kepada user android.

Nah, penasaran gimana caranya?

Pertama dan masih yang terbaik adalah aplikasi Whaff. Aplikasi ini akan memberikan reward buat yang memiliki account dengan daftar melalui facebook kamu.

Setelah terdaftar, kamu bisa mendapatkan 0,01$ setiap kamu absen di aplikasi Whaff / hari. Itu baru absensi kehadiran saja, belum lagi ketika kamu install sebuah aplikasi atau bermain game melalui Whaff, kamu juga bisa mendapatkan reward dari mereka.

Untuk aplikasi dalam negeri, sebenarnya juga banyak kok. Ada Pudding Point, T-Cash hingga Pop Cash dimana reward yang didapat berupa pulsa dengan cara penggunaan yang tidak jauh berbeda dengan Whaff. Gimana, apakah kamu tertarik? *wink

  1. Bisnis dengan Teman Seperjuangan

Bisnis dengan Teman Seperjuangan

sumber gambar: teatrefortuny.org

Baca juga: Ide-Ide Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Saat memulai berbisnis ria tentunya kamu juga harus memiliki teman berdiskusi yang bisa diandalkan dan terpecaya terlebih jika itu adalah teman kamu sendiri yang karakternya telah kamu ketahui sejak lama.

Oleh karena itu, berbisnis dengan teman bisa menjadi salah satu alternatif untuk memulai usaha yang kalian klop banget. Usaha yang kamu rintis tidak perlu harus mengeluarkan modal besar. Justru bisnis yang baik dimulai dari hal kecil seperti dulu.

Misal, karena kamu seorang pelajar atau mahasiswa kamu bisa berbisnis dengan membuka toko foto copian didekat sekolah atau kampus kamu. Nah, buat kamu yang anak kos, kamu juga bisa membuat tempat laundry yang pastinya dekat dengan lingkungan kamu dan tempat tinggal kamu. *wink

Untuk ide bisnis lain yang lagi hitz, kamu juga bisa membuat clothing line dengan desain kamu atau cafe anak nongkrong sesuai budget kamu. Wah, seru ya!

Oia, selama berbisnis pastikan kalian bekerja sebagai seorang yang professional ya! Jangan sampai hubungan pertemanan kamu akan rusak karena masalah pekerjaan. *wink

  1. Mengikuti Lomba dan Kompetisi

Mengikuti Lomba dan Kompetisi Kewirausahaan

sumber gambar: knewco.com

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Kerajaan Startup Teknologi Sejak Dini

Buat kamu yang merasa jago dalam salah satu hal dan ingin mengasah kemampuan, pasti lomba bukanlah hal asing buat kamu jejaki. Lomba atau kompetisi akan sangat baik untuk kamu karena kamu akan dapat memiliki daya saing sehingga untuk kedepannya kamu akan memiliki modal yang cukup dalam dunia kerja.

Pengalaman dalam berkompetisi lainnya adalah kamu akan menemukan orang – orang yang juga memiliki kemampuan yang sama dengan kamu, kamu bisa sharing atau berbagi ilmu sehingga kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu.

Dengan berkompetisi juga apalagi jika menang bisa menjadikan modal untuk track record kamu yang berguna dimasa depan. *wink

Tapi jika ternyata kamu tidak menang, jangan khawatir karena kamu dapat mengintropeksi diri kamu untuk menjadi lebih baik lagi dan kegagalan itu hanya keberhasilan yang tertunda. Dan jangan kapok-kapok ya untuk terus bersaing dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Nah untuk info dimana kamu bisa tau diadakannya lomba biasanya telah di share dikomunitas pencintanya, website, ataupun biasa ditempel pada baliho.

Ps: biasanya hadiah lomba itu lumayan lho.

  1. Asisten Dosen atau Guru Privat

Asisten Dosen atau Guru Privat

sumber gambar: dppkad.pemalangkab.go.id

Baca juga: Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online

Berbagi ilmu memang perbuatan yang sangat mulia. Dengan berbagi ilmu tidak hanya bermanfaat bagi muridnya tapi bagi si pengajar, ia bisa menjadi lebih mempertajam bekal ilmunya sendiri.

Oia, siapa bilang tidak semua orang bisa menjadi guru? Justru kita adalah guru untuk semua orang bahkan untuk kita sendiri. Apalagi sebenarnya menjadi guru juga tidak sulit kok.

Nah, untuk menjadi asisten dosen, kamu hanya perlu mencari mata kuliah apa yang paling kamu suka dan yang paling kamu banget. Sehingga kamu sama sekali tidak mengalami kesulitan dalam menjalaninya.

Lalu buat yang ingin menjadi guru privat, ini bahkan jauh lebih mudah. Karena kamu akan mengajar dengan orang yang lebih muda dari kamu dan cenderung mempelajari pelajaran yang lebih mudah. *wink

Jadi gimana, tertarik untuk menjadi guru?

  1. Online Shop Agan dan Sistaa!

Bisnis Sampingan Mahasiswa Online Shop Agan dan Sistaa

sumber gambar: bbvaopen4u.com

Baca juga: Penyebab Utama Produk Bisnis Online Shop Tidak Laku

Canggihnya teknologi memudahkan kamu melakukan apa saja hingga transaksi jual beli online. Selain memudahkan pembelinya, hal juga memudahkan para penjual untuk menawarkan berbagai macam jualnnya di online shop.

Nah, buat kamu yang tertarik menjual via online, kamu bisa menghemat biaya tempat atau toko dan kamu tidak perlu karyawan untuk menjaga toko kamu sehingga jadi jauh lebih irit.

Lalu dengan berjualan via online, pembeli dapat dengan mudah mencari tokomu dengan jangkauan pembeli yang lebih luas dan tidak terbatas. Jika pembeli berasal dari luar kota, kamu bisa memanfaatkan jasa kirim kilat yang ada dikota kamu. *wink

Selain itu, toko kamu bisa buka 24 jam full dengan internet dan pembeli bisa tetap mengakses dan memilih barang sesuka mereka.  Modalmu hanya 1 kok, yaitu pastikan internetmu on terus ya sehingga bisa fast respond kepada pembeli.

Jadi, gimana cara mendapatkan penghasilan sendiri diatas? Mudah kan?

Pilih cara yang menurut kamu terbaik ya!

Dan pastikan kamu memanfaatkannya sebaik mungkin dengan konsisten dan bekerja keras. Dijamin sukses akan bersamamu. Good luck! *wink

Artikel Bisnis Pilihan

6 Tips Mudah Agar Mempunyai Penghasilan Tambahan di Tengah Padatnya Kuliah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Tips Mudah Agar Mempunyai Penghasilan Tambahan di Tengah Padatnya Kuliah