6 Tips Memulai Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Memulai Bisnis dari bisnis yang Anda pahamiSahabat PoBis, kali ini saya akan ungkapkan 6 tips memulai bisnis khusus untuk ibu rumah tangga yang ingin terjun ke dunia bisnis. Ketika seorang wanita memutuskan untuk melepas karier mereka sebagai wanita pekerja dan sepenuhnya berada di rumah, kadang mereka kemudian akan berhadapan dengan beberapa fakta seperti keluhan kehilangan peluang untuk mengaktualisasi diri dan peluang mendapatkan penghasilan pribadi.

Di saat inilah kemudian para wanita ini mulai menimbang untuk memulai sebuah bisnis. Dan pada kesempatan ini saya akan mencoba mengupas beberapa tips memulai bisnis yang  memiliki pendekatan yang sesuai dengan beberapa kondisi yang spesifik dihadapi para wanita dengan status ibu rumah tangga.

Faktanya ketika mereka memutuskan menjadi pelaku usaha dengan tanpa melepas status mereka sebagai ibu rumah tangga, artinya ada dua target yang perlu menjadi perhatian, yakni target mereka dengan bisnis yang mereka geluti dan target mereka sebagai ibu rumah tangga, serta bagaimana menyelaraskan keduanya dengan tepat.

Sebelumnya saya pernah mengulas mengenai cara mengatur keuangan keluarga dan usaha bagi wanita pengusaha. Mengatur keuangan adalah salah satu permasalahan bagi wanita pebisnis. Namun permasalahannya bukan hanya soal uang. Permasalahan utama bagi ibu rumah tangga yang bergelut di dunia bisnis adalah membagi waktu dan perhatian antara bisnis dan keluarga.

Ketika bisnis sudah mulai besar, dan butuh banyak perhatian, urusan rumah tangga seringkali terbengkelai. Dan untuk itu, saya akan mencoba membantu Anda mencapai kedua target tersebut dengan selaras melalui beberapa tips memulai bisnis untuk ibu rumah tangga berikut ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Baru

Tips Memulai Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Mulai dari bisnis yang Anda pahami

Tips Memulai Bisnis dari bisnis yang Anda pahami

sumber gambar: entrepreneur.com

Bisnis bagi ibu rumah tangga harus berada dalam bidang yang memang bersifat domestik sehingga mudah untuk mereka jalankan. Atau setidaknya dalam bidang yang memang mereka gemari sehingga menyenangkan untuk dijalankan.

Antusiasme Anda sekaligus penguasaan akan bisnis menjadi dasar penting bisnis ini bisa Anda jalankan berdampingan dengan tugas dan tanggung jawab Anda di rumah. Perhatikan bagian pertama dari tips memulai bisnis ini adalah dasar dari semuanya.

Baca juga: 10 Tips Untuk Kamu Yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda

  1. Tentukan diawal target-target Anda

Tips Memulai Bisnis Tentukan target

sumber gambar: thehbgroup.com 

Yang paling penting dalam memulai sebuah bisnis dengan menyandang status Anda sebagai ibu rumah tangga adalah memastikan target-target Anda. Apa yang Anda cari dengan membangun bisnis Anda sendiri? Apa yang ingin tetap Anda jalankan sebagai ibu rumah tangga? Ini akan membantu Anda menentukan titik keseimbangan target pencapaian yang akan Anda kejar.

Kadang dengan menentukan di awal sebagai ibu rumah tangga berbisnis, maka ada beberapa garis batas yang perlu Anda atur diawal, untuk mempertahankan keseimbangan ini. Dan untuk setiap keterbatasan tadi tentu jelas akan menyisakan konsekuensi pada pencapaian Anda. Pahami ini untuk memastikan target Anda cukup realistis.

Baca juga: 6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis

  1. Atur terpisah bisnis dan urusan pribadi Anda

Tips Memulai Bisnis Atur urusan bisnis dan urusan pribadi

sumber gambar: property118.com 

Kini Anda sudah menentukan diawal apa saja pencapaian yang ingin Anda kejar dan keseimbangan macam apa yang ingin Anda bangun. Saatnya menentukan bagaimana mengatur waktu, tenaga, pemikiran antara urusan bisnis Anda dan urusan pribadi Anda.

Anda sebagai wanita memang konon diciptakan dengan kemampuan multi talenta, tetapi akan tetap mengerjakan beberapa hal sekaligus dengan fokus bercabang tak selamanya aman untuk pencapaian Anda.

Hal ini juga akan berkaitan dengan urusan keuangan dan urusan tenaga kerja. Batasi ruang gerak karyawan Anda bila sekiranya Anda merasa perlu ada ruang privasi untuk Anda dan keluarga. Hindari mencampur urusan dapur dengan urusan bisnis karena kesalahan kecil ini adalah awal dari masalah besar bagi keuangan bisnis Anda.

Baca juga: Definisi Strategi Pemasaran Era Digital Yang Harus Anda Pahami

  1. Biarkan teknologi bekerja untuk Anda

Tips Memulai Bisnis Biarkan teknologi bekerja untuk Anda

sumber gambar: problog.weddingwire.com

Di jaman serba modern, apa salahnya memanfaatkan teknologi. Jangan ragu memanfaatkan setiap aspek dari teknologi dan perkembangan sistem informasi dan komunikasi untuk memastikan bisnis Anda berjalan berimbang dengan kehidupan pribadi Anda.

Lakukan penelusuran untuk menemukan berbagai jenis aplikasi, sistem cloud dan layanan online lain yang membantu Anda bekerja efektif di kedua hal yang Anda tekuni.

Baca juga: Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Dengan Aplikasi Mobile

  1. Bangun kerjasama dengan keluarga

Tips Memulai Bisnis Bangun kerjasama dengan keluarga

sumber gambar: homegrown.ph

Tips memulai bisnis yang kelima ini tidak hanya melibatkan Anda sebagai ibu rumah tangga pebisnis, namun juga melibatkan anggota keluarga yang lain. Dukungan keluarga menjadi sangat krusial bagi wanita yang berniat membangun bisnisnya di rumah.

Komunikasikan rencana bisnis Anda, beberapa teknis batasan yang Anda terapkan, rencana anggaran bahkan jadwal kerja Anda. Ini akan memudahkan anggota keluarga Anda mentoleransi Anda yang kadang tak hadir di sisi mereka demi bisnis Anda, dan membantu Anda untuk bekerja dengan lebih efektif.

Baca juga: Cara Memilih Mitra Kerjasama Bisnis Anda

  1. Bangun jaringan

Tips Memulai Bisnis Bangun jaringan

sumber gambar: rocksdigital.com

Bisnis Anda akan berkembang dengan efektif kalau Anda memulainya dengan membangun jaringan. Bisa dengan memasuki komunitas pebisnis wanita, memasuki komunitas alumni kampus Anda atau memasuki komunitas yang membantu Anda menjadi lebih dekat dengan pasar Anda.

Anda berada dalam ruang jangkau kecil dengan memutuskan bekerja di rumah. Luaskan jangkauan Anda dengan memanjangkan daya jangkau tangan Anda. Tentu saja caranya dengan menambah jaringan pertemanan dan dukungan Anda. Kadang dari jaringan ini Anda akan terbantu dalam mengatasi kendala-kendala Anda, mendapatkan advis, bahkan mungkin bantuan modal, penjualan baru, tenaga kerja freelancer dan lain sebagainya.

Baca juga: Beberapa Tips Dan Cara Bisnis MLM

Menjalankan dan memulai bisnis bagi ibu rumah tangga bisa jadi memang tak lebih mudah atau lebih sulit dari mereka dari golongan lain. Tetapi beberapa situasi spesifik tersebut menuntut jalan keluar seperti dengan beberapa tips memulai bisnis di atas.

Artikel Bisnis Pilihan

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Tips Memulai Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga