6 Panduan Dalam Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

panduan bisnis sampingan bagi mahasiswaBukan mustahil bagi mahasiswa untuk membangun sebuah bisnis, bahkan mereka lebih lihai dalam menemukan ide-ide segar dan kreatif yang mampu menghadirkan produk atau usaha yang berbeda dari sebelumnya.

Hanya saja ada begitu banyak keterbatasan yang harus dihadapi mahasiswa sehingga mereka sementara hanya sanggup mendirikan bisnis sampingan bagi mahasiswa. Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas mengenai bagaimana ketika seorang mahasiswa tertarik membangun bisnis milik mereka sendiri.

Mahasiswa kerap terjepit dalam beberapa situasi, seperti keterbatasanmodal, kebutuhan untuk menambah penghasilan, mungkin saja karena kiriman dari orang tua yang pas-pasan.  Namun bila mereka memilih bekerja, kadang status mahasiswa mereka membatasi mereka dalam menemukan karir yang sesuai dengan kebutuhan dan minat. Kalaupun ada hanya pekerjaan paruh waktu yang bisa jadi kurang menarik bagi sebagian mahasiswa.

Jadilah mereka cenderung lebih tertarik memulai bisnis sampingan bagi mahasiswa. Harapannya dengan modal minim yang mereka miliki, mereka bisa membina sebuah bisnis yang sifat pengerjaannya cukup fleksibel sehingga bisa mereka jalankan sembari menjalankan kuliah dan aktivitas kampus.

Sebenarnya membina bisnis dari usia muda adalah sebuah kebijakan yang baik, karena di usia ini mereka masih memiliki cukup energi untuk terus dinamis mengikuti pergerakan bisnis. Di sisi lain dengan berstatus mahasiswa mereka belum memiliki keluarga yang kadang membuat mereka harus terjebak dalam tanggung jawab sehingga mengecilkan ruang gerak mereka dalam berbisnis. Kalangan usia muda begini juga cenderung lebih segar, berani dan lebih bertekad sehingga tidak mudah menyerah.

Tetapi, dalam menjalankan bisnis sampingan bagi mahasiswa, apa saja yang perlu menjadi perhatian mereka sebelum terjun memilih dunia bisnis ini?

  1. Pilih bisnis yang memang cukup dikuasai
    Menjalankan bisnis dimana mereka memiliki gairah di dalamnya adalah pilihan terbaik bagi mahasiswa. Karena selain memudahkan mereka dalam proses, juga membantu mereka lebih efisien tanpa harus repot belajar lagi. Mengerjakan bidang yang disukai memberi beban yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berat dijalankan ditengah ribetnya materi kuliah.
  2. Pilih yang bisa dijalankan secara fleksibel
    Klasik memang, malah harus diakui terkesan klise kalau ada kewajiban utama mahasiswa untuk kuliah dan merampungkan pendidikan mereka. Jadi kalau pendidikan masih menjadi nilai penting, sewajarnya mereka memilih bisnis yang fleksibel dalam waktu sehingga memungkinkan mereka kerjakan hanya diwaktu senggang mereka.
  3. Mulai dari dekat
    Jangan ragu memulai dari orang terdekat Anda, jangan terlalu muluk pemasaran yang lebar kalau misalkan produk Anda bisa Anda lempar ke orang-orang terdekat Anda. Rekan kuliah, dosen bahkan saudara dan kolega bisa menjadi konsumen pertama Anda, pastikan mereka memberikan review atas produk Anda dan menjadi satu bahan untuk pemasaran Anda berikutnya.
  4. Pahami masalah keuangan
    Biarpun usaha Anda masih dalam tahap awal, bahkan berstatus bisnis sampingan bagi mahasiswa, tak lantas Anda boleh mengabaikan urusan keuangan. Tetap perhatikan urusan pembukuan, pelaporan dan efisiensi keuangan. Upayakan untuk menggunakan sistem prive dalam prosentasi atas total keuntungan untuk Anda ambil sebagai penghasilan pribadi Anda. Sisa dari keuntungan harus kembali sebagai tambahan modal usaha demi meningkatkan kondisi keuangan bisnis.
  5. Manfaatkan lingkungan kampus
    Sebagaimana dijelaskan pada poin 3, untuk memulai bisnis Anda dari dekat. Jadi coba untuk mencari ide pemasaran yang mencapai lingkup sekitar Anda. Manfaatkan lingkungan kampus sebagai pasar potensial sekaligus sebagai media promosi Anda. Temukan apa yang bisa Anda manfaatkan dari kampus Anda dan dapat membantu roda usaha Anda. Mulai dari menemuka rekan mahasiswa akuntansi yang siap membantu urusan pembukuan atau rekan desain grafis yang siap membantu desain iklan Anda.
  6. Manfaatkan dunia maya
    Jaman sekarang aneh malah kalau tidak mau terjun ke dunia maya. Karena di sana da banyak sarana yang bisa mengembangkan bisnis Anda dengan optimal dengan mudah sehingga memudahkan Anda menjalankannya. Pasalnya sebagai mahasiswa ada banyak keterbatasan yang membuat Anda harus pandai bersiasat, termasuk dengan memanfaatkan media pemasaran online atau sekalian saja menjalankan bisnis online.

6 panduan di atas adalah beberapa hal yang penting menjadi perhatian Anda dalam memulai bisnis sampingan bagi mahasiswa. Untuk membantu Anda menemukan ide terbaik yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda sebagai mahasiswa.

sumber gambar: news.gcu.edu

Artikel Bisnis Pilihan

6 Panduan Dalam Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Panduan Dalam Bisnis Sampingan Bagi Mahasiswa