6 Langkah Praktis Cara Buka Usaha Online

Langkah Praktis Cara Buka Usaha OnlineBanyak yang masih kebingungan tentang bagaimana cara buka usaha online. Sahabat PoBis tentu sudah sering sekali membaca, bahwa potensi usaha online di Indonesia sungguh sangat luar biasa. Bahkan jika Anda sudah mempunyai usaha, tapi tidak segera go online, maka usaha Anda akan tertinggal dan mengalami kemunduran. Bagaimana tidak, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia meningkat cukup tajam, 61 juta pada tahun 2013 dan 74,4 juta pada tahun 2014, dan diperkirakan lebih dari 100 juta jiwa pada tahun 2015 ini.

Hal ini ditunjang dengan akses internet yang semakin mudah dan murah. Juga didukung oleh perangkat smartphone yang juga semakin murah dan menjamur. Sementara menurut data yang dirilis WeAreSocial, 57% pengguna smartphone Indonesia menggunakan gadget mereka untuk berbelanja secara online.

Jadi jika usaha Anda belum go online, segeralah online-kan usaha Anda. Bingung bagaimana cara bisnis online? Gampang.

Berikut ini step by step cara buka usaha online:

  1. Pilih Bidang Usaha Yang Tepat
    Pilih bidang bisnis yang tepat, cara memilih bidang usaha adalah dengan menyesuaikannya dengan diri Anda. Ada dua cara memilih, yaitu: sesuatu yang Anda kuasai, atau sesuatu yang Anda sukai. Dengan menggeluti bisnis yang Anda kuasai atau sukai, akan membuat Anda lebih kuat bertahan dari aneka macam halang rintang dalam dunia usaha. Jangan tergoda oleh iming-iming isu penghasilan yang lebih besar dalam waktu yang singkat. Fokuslah pada salah satu bidang.
  1. Pilih Produk
    Banyak produk yang bisa ditawarkan secara online. Aneka macam barang bisa dijual secara online, bahkan saya sendiri pernah jual kerupuk secara online dan omsetnya sangat bagus. Tidak sedikit juga yang menawarkan jasa, mulai dari jasa desain grafis,hingga jasa konstruksi. Tidak hanya produk fisik yang bisa dijual secara online, produk digital juga bertebaran, mulai dari ebook cara nyetir mobil, hingga software yang rumit.
    Jika tidak punya produk sendiri, Anda dapat menjualkan produk orang lain. Dalam dunia bisnis online ini disebut dengan affiliate. Contoh affiliate produk fisik adalah Amazon, dan Lazada. Sedang untuk produk digital, contohnya Clickbank dan Ratakan. Setelah mendaftar affliate, Anda akan mendapat url link affiliate. Anda tinggal mempromosikan url affiliate tersebut, maka dari setiap pembelian yang terjadi lewat link affiliate tersebut, Anda akan mendapatkan komisi. Anda tidak perlu repot melayani konsumen, karena semua sudah dikerjakan oleh vendor.
  1. Bangun Website
    Selanjutnya, setelah memilih produk untuk dijual, menginjak bagian ketiga dari cara buka usaha online, yaitu membangun sebuah website. Untuk apa membuat website? Website merupakan tempat dimana Anda menaruh penawaran atau sales letter atau display produk yang Anda tawarkan.
    Banyak website gratisan, seperti blogspot, wordpress, weebly, dan lain-lain. Tapi saya menyarankan Anda untuk menggunakan website berbayar dengan domain .com. Bila Anda tidak bisa membuat website sendiri, ada banyak jasa membuat website murah. Atau jika mau Anda dapat belajar cara membuat website, dengan bantuan google, banyak sekali tutorial cara membuat website, tapi hal ini akan menyita waktu. Jadi saran saya bayar orang untuk membuat website untuk Anda.
  1. Perkuat Dengan Media Sosial
    Setelah membuat website, langkah selanjutnya dari cara buka usaha online adalah memperkuat usaha online Anda dengan media sosial. Gunakan media sosial untuk: membangun basis pelanggan, mengkomunikasikan pesan promosi, mendengar apa yang disampaikan konsumen, dan menjalin relasi dengan dengan konsumen. Relasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia usaha online.
    Media sosial yang paling populer di Indonesia (urut berdasar peringkat): Facebook, Twiter, Google Plus, Linked In, dan Instagram. Jadi manfaatkan media sosial tersebut untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan memperkuat brand Anda. Bahkan, Anda dapat menggunakan facebook sebagai media berjualan. Saya punya beberapa teman yang fokus berjualan lewat facebook, ya benar, media yang digunakan hanya facebook saja. Tapi bicara soal usaha jangka panjang, saya tidak menyarankan hal ini. Anda tetap harus punya website untuk menaruh sales letter atau display produk Anda.
  1. Manfaatkan Marketplace Untuk Penjualan Langsung
    Pada periode awal memulai usaha, penjualan merupakan hal yang penting untuk menjaga arus kas, baca keterangan detailnya disini. Nah, untuk mendapatkan penjualan dengan cepat pada periode awal membuka usaha online, Anda dapat memanfaatkan berbagai situs marketplace populer, seperti Tokopedia, Bukalapak, Olx, Dan Forum Jual Beli (FJB) Kaskus utnuk menjaring penjualan langsung.
    Situs marketplace merupakan mesin penjualan yang efektif. Saya selalu menyarankan situs marketplace untuk menghasilkan penjualan langsung. Hanya dalam beberapa jam saja, Anda akan berhasil mendapatkan penjualan dari situs marketplace.
  1. Jaga Reputasi
    Reputasi merupakan hal yang paling penting. Terutama dalam dunia usaha online, kepercayaan menjadi pondasi sebuah transaksi. Sekali reputasi Anda hancur, binis Anda juga akan ikut hancur. Karena itu selalu perhatikan reputasi Anda. Bangunlah reputasi! Dan jangan pernah menodai reputasi Anda sedikitpun jika ingin bertahan lama dengan bisnis Anda.

Itu tadi 6 cara buka usaha online yang dapat Anda terapkan untuk memulai bisnis online Anda. Bisa diterapkan untuk memulai bisnis baru, bisa juga diterapkan untuk membuat bisnis offline Anda go online.

sumber gambar: idewp.com

Artikel Bisnis Pilihan

6 Langkah Praktis Cara Buka Usaha Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Langkah Praktis Cara Buka Usaha Online