6 Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck

Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food TruckBagaimana cara memulai usaha kuliner dengan konsep food truck? Belakangan bisnis makanan dengan model food truck mulai berkembang menjadi trend di Indonesia. Konsep ini sebenarnya diadopsi dari ide bisnis serupa yang sudah terlebih dulu berkembang pesat di Amerika. Di beberapa negeri asalnya, usaha macam ini sudah berkembang bak cendawan di musim penghujan. Dan kelihatannya inilah yang menginspirasi banyak pelaku usaha lokal untuk menjalankan bisnis serupa di indonesia.

Hanya saja kebanyakan orang masih meraba bagaimana cara memulai usaha kuliner dengan konsep food truck. Konsep ini memang berbeda dari kebanyakan usaha kuliner lain. Ketika usaha kuliner biasa membutuhkan ruang usaha seperti restauran atau warung, maka usaha food truck membutuhkan ruang usaha unik berupa kendaraan berukuran sedang setara ELF atau malah ukuran bus dan mini bus untuk disulap menjadi ruang usaha.

Dari satu sisi kelihatannya bisnis kuliner macam ini memang memiliki banyak kelebihan. Lokasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi bahkan juga bisa berpindah ke area dimana pasar potensial dari produk Anda berkumpul adalah salah satu kelebihan utama dari bisnis ini. Usaha kuliner dengan konsep food truck ini juga memberi Anda beberapa keringanan seperti bebas biaya sewa ruang, bebas biaya operasional usaha yang berat.

Hanya saja tidak sesederhana itu pula cara memulai usaha kuliner ini begitu saja. Tidak semudah bayangan Anda memulai bisnis ini dan memasak makanan dan melayani konsumen di atas kendaraan. Karena itu kali ini kami akan membantu Anda menemukan 6 hal  terkait cara memulai usaha kuliner dengan konsep food truck.

Baca juga: Analisa Peluang Usaha Food Truck

Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck

1. Pastikan Anda mendapatkan kendaraan yang masih bagus
Anda bisa saja memilih bus atau minibus bekas untuk menekan biaya. Tetapi tetap pastikan Anda memperhatikan kondisi dan kualitas kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai Anda mengabaikan kondisi mesin demi menekan biaya. Anda tentu tidak ingin usaha Anda akhirnya tersendat hanya karena kendaraan Anda terus saja ngadat dijalan. Itu pula sebabnya jangan pernah abaikan masalah perawatan pada masa yang akan datang.

2. Tentukan pasar potensial Anda
Anda mungkin sudah memiliki gambaran makanan apa yang akan Anda sajikan dengan food truck Anda ini. Dan karenanya penting untuk kemudian Anda pelajari lebih lanjut, siapa target pasar yang tepat untuk produk makanan tersebut. Apakah Anda akan pasarkan sebagai hidangan kelas high end atau kelas atas, atau justru Anda akan jadikan sebagai konsep kaki lima dengan harga murah meriah. Ini akan berkaitan dengan konsep Anda dalam menata ulang interior dan eksterior dari kendaraan Anda, bahan baku yang Anda pilih, pengemasan dan harga.

3. Persiapkan konsep masak dan pelayanan
Bagian tersulit dari usaha kuliner food truck adalah bagaimana memastikan Anda mampu menyiapkan hidangan dan melayani konsumen Anda dengan tepat, sesuai harapan dan memuaskan konsumen. Keterbatasan ruang selalu menjadi kendala, sehingga ini harus menjadi perhatian utama Anda. Bagaimana tata display interior kendaraan Anda mampu mewadahi kebutuhan Anda untuk memasak dan melayani konsumen. Bagaimana standar operasi terbaik untuk Anda terapkan dalam proses operasional nanti. Tentukan pula konsep kemasan, desain truck, sumber suplai bahan baku dan lain sebagainya dalam tahap ini

4. Manfaatkan pakar
Kadang Anda perlu menyisihkan sedikit dana Anda untuk mempersiapkan konsep usaha yang matang. Libatkan tenaga masak profesional untuk membantu Anda mendapatkan standar operasi yang tepat, libatkan ahli interior untuk membantu Anda mendapatkan desain display yang paling nyaman dan efisien di dapur Anda, libatkan pakar teknologi untuk mendapatkan informasi lengkap teknologi untuk proses masak yang lebih efisien.

5. Pastikan masalah perijinan
Meski usaha Anda memang tidak memiliki gedung permanen, tetapi kebanyakan kota di Indonesia juga menerapkan beberapa regulasi terkait usaha food truck. Pastikan usaha Anda sudah lolos semua regulasi yang ditetapkan sebelum akhirnya usaha Anda hanya disita oleh pihak berwenang.

6. Promosikan dulu
Yang perlu Anda lakukan sebelum mulai duduk di belakang kemudi dan berdiri di belakang kompor Anda, adalah duduk manis di hadapan gadget Anda untuk mulai mempromosikan usaha food tuck Anda. Dan cara terpraktis dalam mempromosikan sebuah food truck adalah dengan media sosial. Promosikan sajian Anda, truck yang sudah Anda dandani, informasikan lokasi-lokasi dimana Anda akan menggelar usaha, dan umumnya jadwal promosi Anda, Pastikan Anda membangun komunitas di dalam dunia maya untuk mendapatkan cukup perhatian di dunia nyata. Temukan pula event di kota Anda sebagai kesempatan emas berpromosi dan perkenalan produk.

Itulah 6 hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebagai cara memulai usaha kuliner dalam konsep food truck. Pastikan di awal usaha Anda sudah cukup matang sebelum Anda benar-benar menjalankan bisnis ini.

sumber gambar: tes.com

Artikel Bisnis Pilihan

6 Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck