5 Kesalahan Dalam Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom Pastikan sudah konfirmasiCara bisnis baju online dengan sistem custom dan pre order saat ini tengah booming. Belakangan sejak konsep produksi dengan sistem perangkat digital berkembang ada begitu banyak usaha yang bisa Anda kembangkan dengan mengusung konsep custom atau sesuai dengan pesanan konsumen.

Bisnis model ini bisa Anda jalankan secara online sehingga efektif membantu Anda menekan biaya. Dengan sistem pre order menjadikan bisnis ini minim resiko. Karena pelaku usaha tidak perlu memiliki stock, yang diperlukan adalah stock bahan mentah salah satunya berupa bahan kaos. Sedangkan desain gambar kaos dapat fleksibel mengikuti keinginan masing-masing konsumen.

Hanya saja dengan mudahnya cara bisnis baju online ini dijalankan, kadang Anda menjadi lengah dan mulai melakukan beberapa kesalahan krusial. Kesalahan fatal yang bisa menyebabkan bisnis kecil yang Anda rintis ini berakhir dengan kegagalan.

Tentu saja Anda tak akan belajar dari kesalahan. Tetapi dunia bisnis modern mengenal juga pandangan “bila bisa tidak turut tercebur, kenapa harus tercebur?” yang artinya ketika Anda bisa menemukan saran baik untuk menghindari kesalahan sudah tentu Anda seharusnya tak melakukan kesalahan itu kan? Karena dalam setiap kesalahan akan tersimpan kerugian yang harus Anda tanggung.

Lalu apa saja kesalahan dalam cara bisnis baju online model sistem custom yang perlu Anda hindari? Berikut 5 diantaranya.

Baca juga: 5 Langkah Dasar Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom

5 Kesalahan Dalam Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom

  1. Menyediakan foto dengan kualitas tidak optimal

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom foto dengan kualitas jelek

sumber gambar: miloscat.tumblr.com

Sarana komunikasi antara Anda dan konsumen pada umumnya hanya melalui sarana sosial media, email dan messager. Karenanya untuk melakukan sinkronisasi pesanan satu-satunya cara adalah dengan media visual.

Anda akan mengirimkan gambar dari produk sampel. Masalahnya kadang kualitas gambar akan mempengaruhi kepuasan konsumen Anda, karena konsumen cenderung akan mengacu pada kualitas yang berhasil mereka tangkap dari gambar.

Itu sebabnya penting memastikan Anda sudah menggunakan foto berkualitas tinggi untuk bisa mengambil gambar busana sampel dengan sedekat mungkin dari produk aslinya. Jangan sampai produk aslinya menjadi berbeda terlalu jauh dari gambar karena bisa jadi akan menyebabkan konsumen merasa ditipu.

Baca juga: 15 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Bisnis Online

  1. Pastikan Anda sudah konfirmasi

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom Pastikan sudah konfirmasi

sumber gambar: high50.com

Jangan pernah lupa untuk mencetak sampel produk dan sampaikan hasilnya kepada konsumen. Tidak lucu sama sekali kalau nanti Anda terlanjur sudah memproduksi 500 pieces busana dan akhirnya hanya untuk mendapatkan tanggapan konsumen seperti “Saya tidak pesan baju dengan warna hijau ini”.

Itu sebabnya selalu pastikan Anda membuat sampel dan tunjukan sampel ini pada klien. Pastikan klien Anda sudah menyetujui setiap detail bagian dari busana yang Anda buat sebelum kemudian memproduksi secara massal.

Baca juga: Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar

  1. Mengabaikan kontrol kualitas

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom kontrol kualitas

sumber gambar: skbuying.com

Ketika Anda sedang hectic dengan pesanan menggunung dan pekerjaan yang tidak ada habisnya, kadang tim kerja Anda mulai kehilangan objektivitas untuk tetap menjaga kualitas. Tim kerja Anda akan cenderung berfikir untuk bekerja dengan cepat merampungkan dengan segera dengan mengabaikan masalah kualitas.

Di sinilah peran kontrol kualitas menjadi sangat penting atau akhirnya produk sampai di tangan konsumen dengan mengecewakan. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi kan? Jadi semakin kebanjiran pesanan segera maksimalkan tim kontrol kualitas Anda sebelum Anda kebocoran kualitas di pasaran.

Baca juga: Strategi Penetapan Harga: Cara Menentukan Harga Jual

  1. Memberikan termin dan diskon tanpa perhitungan matang

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom hitung diskon dengan matang

sumber gambar: wikihow.com

Salah satu cara praktis dan mudah menarik konsumen adalah dengan menyediakan diskon untuk penjualan dengan jumlah tertentu atau dengan memberikan termin atau penundaan pembayaran untuk konsumen Anda.

Tidak ada yang salah dengan upaya promosi ini bahkan banyak pelaku usaha mengakui bagaimana ide ini sukses mencetak hasil penjualan. Hanya saja, perhatikan dengan baik harga pokok produk tersebut sebelum Anda mengenakan termin atau diskon.Jangan sampai kebijakan pemasaran Anda justru mengacaukan kondisi keuangan Anda karena kekurangan cashflow untuk operasional. Bagaimanapun Anda membutuhkan dana untuk memastikan roda usaha Adna berjalan kan?

Baca juga: Penyebab Utama Produk Bisnis Online Shop Tidak Laku

  1. Ikut terbawa trend

Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom terbawa trend

sumber gambar: getfuturistic.wordpress.com

Kenapa orang memesan busana secara custom justru karena tidak ingin terseret dalam trend dan memiliki busana dengan citra dirinya sendiri. Jadi kenapa pula Anda justru membiarkan desain busana Anda terbawa trend.

Memasuki bisnis custom serupa dengan memasuki dunia indie, dimana semakin personal dan original produk Anda semakin baik di mata pasar. Trend boleh menginspirasi Anda tetapi bukan menjadi haluan Anda dalam memproduksi busana.

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian

Anda bisa memahami kan sekarang beberapa kesalahan dalam cara bisnis baju online. Hindari kesalahan-kesalahan di atas untuk membantu Anda lebih berkembang dengan bisnis baju online sistem custom ini.

Artikel Bisnis Pilihan

5 Kesalahan Dalam Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom

1 COMMENT

  1. terimakasih, artikel yang sangat bermanfaat.
    yang ingin saya tanyakan, untuk pemula online apakah barang custom ini cocok atau tidak mengingat branding belum terkenal?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Kesalahan Dalam Cara Bisnis Baju Online Sistem Custom