4 Tips Sukses Membangun Startup, Membangun Kerajaan Teknologi Sejak Dini

Tips Sukses Membangun Startup Kerajaan TeknologiTips sukses membangun startup terdiri dari beberapa faktor yang harus anda tanamkan dan jalankan secara serius agar bisa membawa perusahaan yang anda bangun menuju keberhasilan. Prospek bisnis startup di Indonesia memiliki masa depan yang cerah mengingat tingginya angka pengguna internet di Indonesia. Menurut data laporan twitter, Jakarta merupakan salah satu kota yang berkontribusi besar terhadap total twit di seluruh dunia. Begitu juga dengan facebook yang menetapkan Indonesia sebagai salah satu konsumen terbesar mereka. Padahal, kita tahu bahwa sarana dan fasilitas internet yang dimiliki oleh negara ini belum begitu maju dan tersebar seperti di negara lain. Lalu, apa jadinya nanti kalau seluruh rakyat Indonesia bisa mengakses internet?

Secara kasat mata saja kita sudah tahu bahwa Indonesia akan menjadi pasar yang bagus untuk sebuah bisnis startup. Namun, banyak tantangan dan hambatan yang akan menanti kita sebelum kita bisa mencapai keberhasilan tersebut. Belajar dari beberapa pengusaha stratup handal, berikut tips sukses membangun startup yang mereka berikan.

Baca juga: Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Toko Online

4 Tips Sukses Membangun Startup

  1. Buat rencana dan tentukan visi

Perencanaan sama pentingnya dengan eksekusi karena tanpa hal tersebut makan semua langkah yang kita lakukan akan sembarangan dan tidak mempunyai tujuan yang padu. Membangun rencana yang baik tentu saja membutuhkan pengetahuan dan modal yang cukup. Tak hanya itu, anda juga membutuhkan partner yang tepat untuk mengeluarkan potensi terbaik anda. Di lain pihak, visi berfungsi sebagai tujuan utama ke mana perusahaan anda akan dibawa. Buatlah visi yang jelas dan tanamkan motivasi kuat bahwa suatu saat perusahaan anda akan sampai di sana. Tak perlu  berlebihan dalam membuat visi, cukup mulailah dari yang sederhana.

  1. Cari rekan yang tepat

Melanjutkan pembahasan mengenai partner yang tepat, memiliki rekan yang bagus dalam sebuah perusahaan startup merupakan salah satu kunci keberhasilan karena orang tersebut mungkin saja memiliki sesuatu yang tak pernah anda pikirkan atau miliki. Rekan yang bagus ini bahkan bisa mendorong anda untuk bisa melompat lebih jauh lagi atau menolong anda di saat terjatuh. Pilihlah mereka yang memiliki tekad yang kuat, pemikiran yang cerdas, dan visi yang sejalan dengan anda. Itulah tips sukses membangun startup yang kedua.

  1. Biarkan ide mengalir dan berikan perbedaan

Sudah banyak bisnis startup yang dirintis di Indonesia yang bergerak di bidangnya masing-masing. Nah, agar perusahaan anda bisa menembus pasar dengan mudah, maka anda harus memberikan penawaran yang berbeda. Bila anda membangun sebuah toko online misalnya, maka sudah berapa banyak pesaing anda? Bagaimana cara anda agar bisa terlihat berbeda? Tentu ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut. Namun, ketimbang melakukan promosi besar-besaran yang pada dasarnya pelayanan yang anda miliki sama dengan toko online lainnya, alangkah lebih baik bila anda menawarkan konsep yang berbeda sejak awal dengan memberikan biaya ongkir gratis, misalnya.

Kebiasaan buruk sebuah perusahaan ialah bahwa hanya para petinggi yang diperbolehkan untuk memberikan ide mereka. Meski konyol, akan tetapi budaya seperti ini sudah menjadi sebuah peraturan tak tertulis di beberapa perusahaan startup. Tak dipungkiri memang kalau pemimpin perusahaan memiliki pengalaman dan pandangan yang visioner. Akan tetapi karyawan anda juga kadang memiliki ide brilian.

  1. Mendekatlah kepada konsumen

Cara termudah mendekati konsumen tentunya ialah dengan melakukan promosi, dan kiranya penulis tak usah membahas hal ini secara panjang lebar karena anda semua pasti sudah paham betul bagaimana ia berjalan. Nah, yang penulis turut sarankan ialah mendekati konsumen secara harfiah. Contoh, bila anda mendirikan perusahaan startup yang membidik pasar pengusaha, maka dirikanlah kantor anda di area yang dipenuhi oleh perusahaan. Dengan cara seperti ini, maka akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Itulah 4 tips sukses membangun startup.

sumber gambar: canadastartups.org

Artikel Bisnis Pilihan

4 Tips Sukses Membangun Startup, Membangun Kerajaan Teknologi Sejak Dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 Tips Sukses Membangun Startup, Membangun Kerajaan Teknologi Sejak Dini