3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Menjadi Wirausahawan!

Hidup semakin sulit dari hari kehari. Nilai tukar dollar terus meningkat, diiringi dengan harga sembako (Sembilan Bahan Pokok) yang juga semakin tinggi. Bukan hanya sembako, hampir setiap bagian dari kehidupan kian hari kian membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Fenomena baru yang terjadi belakangan adalah terdapatnya pendapat yang juga diikuti dengan kenyataan bahwa menjadi pegawai saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terkecuali para pegawai perusahaan swasta yang berdiri kokoh di tengah fluktuasi kondisi ekonomi Indonesia, para pegawai dari perusahaan yang lebih kecil mengalami kesulitan. Bayangkan saja, tidak perlu dengan peningkatan biaya hidup saja, mereka sudah sangat pas-pasan.

Hal lain yang juga adalah fakta dan nyata terjadi adalah tidak adanya jaminan hidup di hari tua bagi para pegawai swasta. Ya, tidak seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai swasta terkadang tidak memiliki dana pensiun. Akhirnya tidak ada dana yang bisa keluar dan menjadi jaminan hidup mereka di hari tua setelah mereka tidak lagi aktif dan produktif.

Berbeda hal nya dengan pegawai swasta pada umumnya, memang untuk pegawai perusahaan tertentu ada pandangan dari perusahaan tentang masa depan para pegawainya di hari tua. Mereka pun terkadang punya kesadaran yang jauh lebih dini bahwa mereka pelru mempersiapkan hari tua mereka. Para pegawai dengan pandangan tersebut berusaha untuk mempersiapkan sejumlah hal yang dapat menjami kehidupan mereka di hari tua.

Terkait dengan dana pensiun, saat ini banyak bank yang menawarkan jasa tabungan pensiun. Produk satu ini sama halnya dengan tabungan pensiun PNS berasal dari pendapatan nasabah yang menyetorkan sejumlah tertentu sebagai tabungan pensiun untuk hari tua. Nantinya saat jatuh tempo tabungan ini dapat diambil oleh si empunya nasabah.

Baca juga: Enaknya Jadi Pengusaha Bagai Udang Di Balik Batu

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Menjadi Wirausahawan!

sumber gambar: entrepreneur.com

Tabungan pensiun tersebut dapat menjadi salah satu alternatif, jalan keluar bagi para pegawai swasta yang hendak mempersiapkan masa tua mereka. Pegawai swasta dari perusahaan kecil atau lokal (bukan nasional atau internasional) juga dapat mengikuti program tersebut. Tapi tahukan Anda bahwa selain tabungan tersebut masih ada cara lain yang dapat digunakan untuk mempersiapkan hari tua?

Ya, masih ada cara lainnya, yaitu berwiraswasta. Berwiraswasta sama saja dengan menginvestasikan dana atau uang yang dimiliki dalam bentuk sebuah usaha untuk selanjutnya dijalankan dan dapat meraih keuntungan. Keuntungan inilah yang bisa menggantikan gaji yang tadinya diterima oleh pegawai setiap bulan. Keuntungan tu pulalah yang dapat menjamin kehidupan di hari tua.

Sebenarnya, berwiraswasta tidak harus dilakukan oleh pegawai untuk mempersiapkan hari tua. Bisa saja berwiraswasta menjadi kegiatan lain selain bekerja di kantor. Beberapa orang memang dengan sengaja tidak ingin menjadi pegawai karena ingin fokus berwiraswasta.

Arti dari kata wirausaha dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah wiraswasta. Masih dalam KBII, wiraswasta diartikan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Berwiraswata sendiri dapat diartikan melaksanakan aktfitas atau kegiatan wiraswasta.

Berwiraswasta meskipun tidak mudah, namun dapat dilakukan oleh hampir setiap orang. Meskipun tidak berlatar belakang ilmu ekonomi atau semacamnya, Anda bisa mencoba berwiraswasta. Satu hal yang Anda harus miliki untuk menjajal atau mencoba berwiraswasta adalah tekat dan kesadaran penuh untuk tekun dan mau belajar. Bagi Anda yang hendak mencoba, berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk dimiliki seorang wirausaha.

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Seorang Wirausahawan!

  1. Jangan Takut Mengambil Risiko

Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Jika Kamu Ingin Menjadi Wirausahawan!

sumber gambar: billionology.com

Baca juga: Apakah Anda Berani Jadi Pengusaha? Atau Tidak?

Risiko adalah sesuatu yang pasti dihadapi dalam bisnis. Tidak sekarang pasti di kemudian hari Anda akan menemui yang namanya risiko. Mencoba berwiraswasta Anda harus siap lahir dan batin untuk menghadapi sebuah risiko.

Hal paling sederhana saja, bahwa berwiraswasta pasti membutuhkan modal ketika baru memulai. Menggelontorkan sejumlah dana sebagai modal ini saja sudah penuh dengan risiko. Misalnya, apakah usaha yang dijalankan akan berhasil dan menghasilkan keuntungan atau justru tidak berkembang dan malah rugi.

Namun Anda harus ingat, bahwa jika tidak pernah mencoba maka Anda tidak akan belajar apapun. Seperti halnya risiko, asalkan diperhitungkan dengan matang dan tidak sembarangan tidak ada salahnya Anda berani mengambil risiko. Ketika Anda berani mengambil sebuah risiko, di situlah Anda belajar menjadi wirausahawan yang kuat dan tangguh.

  1. Wirausahawan Pun Harus Tetap Disiplin dan Fokus Pada Tujuan

Wirausahawan Harus Tetap Disiplin dan Fokus Pada Tujuan

sumber gambar: cleartrip.com

Baca juga: Ciri-Ciri Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

Menjadi seorang wirausahawan bukanlah hal yang mudah. Jika serius ingin berwiraswasta Anda harus disiplin pada diri sendiri. Ini adalah salah satu modal penting agar usaha yang Anda jalankan bisa berhasil.

Seringkali membuka usaha baru mendatangkan banyak kebosanan dan kejenuhan. Usaha itu perlu dirintis sejak awal, maka di sinilah hal yang dinamakan disiplin menjadi hal yang sangat penting. Bahkan, bukan hanya untuk diri Anda sendiri, ketika ada pekerja yang membantu, kedisiplinan ini juga penting sebagai contoh untuk para pekerja.

Bayangkan saja Anda membuka warung makan. Hari pertama, hari kedua, minggu pertama, bulan pertama, dimungkinkan bahawa warung masih sepi pembeli. Jika tidak disiplin pada diri sendiri Anda bisa saja mulai tidak rajin untuk membuka dan menutup warung setiap harinya. Bagi pekerja hal ini juga akan mereka tiru.

Masih dalam contoh yang sama, yaitu memiliki warung. Jika Anda tidak fokus pada tujuan, maka bisa saja Anda menutup warung yang sedang Anda rintis. Lalu selanjutnya beralih ke usaha yang lain yang Anda pikir atau bayangkan bahkan lihat lebih sukses berdasarkan juga  pada apa yang Anda lihat.

Hal tersebut sebaiknya jangan sampai terjadi. Lebih baik jika Anda fokus pada satu bidang yang Anda kuasai. Fokuslah bahwa Anda memang ingin membangun dan mengembangkan usaha di bidang itu. Fokus ini akan sangat membantu sehingga Anda akan terus berinovasi, sabar, dan terus berusaha melakukan yang terbaik.

  1. Jangan Minder, Percayalah Pada Kemampuan Diri, Termasuk Kemampuan Anda untuk Beradaptasi

Pengusaha Harus Percaya Pada Kemampuan Diri, Termasuk Kemampuan untuk Beradaptasi

sumber gambar: lh5.googleusercontent.com

Baca juga: 9 Trik Usaha Sukses Yang Harus Anda Perhatikan

Yakin adalah salah satu kata kunci menjadi wirausahawan sukses. Anda harus yakin pada apa yang Anda jalankan, pada apa yang Anda kerjakan. Selain itu, juga harus percaya pada diri sendiri, termasuk segala sesuatu kemampuan yang Anda miliki.

Yakin bahwa Anda akan meraih kesuksesan juga adalah hal penting. Karena dengan keyakinan itu, Anda akan berusaha melakukan sebaik dan semaksimal mungkin yang Anda bisa dalam mengerjakan setiap hal. Inilah yang justru akan mendorong bisnis yang Anda jalankan untuk sukses dan berhasil di kemudian hari.

Percaya atau yakin terhadap diri sendiri. Anda juga harus percaya bahwa Anda adalah seorang yang luwes. Anda adalah orang yang bisa beradaptasi, menyesuaikan diri dengan lingkungan dan bisa berkomunikasi dengan siapa saja dalam cara yang baik juga harus Anda yakini dan percayai.

Konsumen dari wiraswasta yang Anda jalankan tentunya bermacam-macam. Situasi bisnis yang dihadapi juga akan sangat dinamis. Keyakinan terhadap kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kepercayaan bahwa Anda bisa berkomunikasi lancar dan baik dengan siapa saja akan mendorong Anda untuk bisa menghadapi semua tantangan dan kesulitan. Keyakinan itu akan mengatarkan Anda pada kesiapan menghadapi segala sesuatu.

Jadi, sekarang sudah tahu kan beberapa hal yang harus Anda pupuk jika memang ingin berwiraswasta?

Mulai dari sekarang Anda bisa mencoba tips tersebut pada diri Anda sendiri. Semoga berhasil menjadi wirausahawan buat Anda yang suka tantangan !!!

Artikel Bisnis Pilihan

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Menjadi Wirausahawan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Menjadi Wirausahawan!