10 Cara Mengenali Ide Bisnis Yang Baik

Cara Mengenali Ide Bisnis Yang BaikAnda sudah menemukan sebuah ide bisnis? Namun apakah ide bisnis itu cukup baik untuk diterapkan dalam bisnis nyata? Anda harus tahu cara mengenali ide bisnis yang baik, sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya untuk mengaplikasikan ide bisnis tersebut dalam dunia bisnis nyata.

Salah satu cara bisnis yang sukses adalah diawali dengan ide bisnis yang baik. Berikut ini saya sajikan 10 cara mengenali apakah sebuah ide bisnis dapat menjadi sebuah usaha yang sukses untuk Anda atau tidak.

  1. Apakah itu menyelesaikan masalah?
    Ide bisnis yang baik adalah ide bisnis yang mampu menyelesaikan masalah. Bila suatu hari Anda menemukan sebuah masalah, maka itu berarti sebuah peluang usaha dapat Anda ciptakan dari masalah tersebut.
  2. Apakah orang akan bersedia membayarnya?
    Sebuah gagasan adalah hanya sebuah ide sampai Anda memiliki pelanggan yang membayar yang melekat padanya. Siapapun bisa mendiskreditkan ide sederhana, tapi tidak ada yang bisa mendiskreditkan pelanggan yang membayar.
    Untuk ide bisnis Anda tersebut, apakah orang bersedia membayar/membeli. Jika tidak ada orang yang bersedia membayar, maka itu berarti usaha yang akan Anda jalani tidak memiliki prospek yang bagus.
  3. Memiliki harga
    Orang bersedia membayar/membeli saja tidaklah cukup. Apakah ada harga yang sesuai untuk biaya produksi yang Anda keluarkan. Jika produk Anda tidak terlalu bernilai bagi konsumen, maka orang akan memberi harga yang terlalu rendah sehingga tidak bisa menutup biaya yang telah Anda keluarkan untuk proses produksi.
  4. Memiliki pangsa pasar
    Bisnis Anda harus memenuhi ceruk pasar yang kuat. Apakah ada pangsa pasar yang membutuhkan produk/jasa Anda? Harus ada pangsa pasar dan ruang untuk bersaing, jika tidak maka Anda harus mempertimbangkan ulang ide bisnis tersebut.
  5. Apakah sesuai dengan passion Anda
    Apakah Anda memiliki passion di sana? Jika Anda tidak memiliki passion pada bidang tersebut, maka Anda tidak akan betah dalam menjalani usaha tersebut. Kemungkinan usaha berhasil masih ada, tapi lebih besar peluang gulung tikarnya. Karena sebuah bisnis yang baik haruslah didukung dengan passion dari pemiliknya.
  6. Apakah Anda sudah uji coba ide tersebut?
    Dalam bisnis, jangan bekerja berdasarkan angan-angan dan asumsi. Mungkin Anda memiliki asumsi berdasarkan data tertentu. Namun asumsi tetaplah asumsi, bukan fakta. Karena itu Anda harus melakukan uji coba terhadap ide tersebut.
    Anda tidak akan tahu jika bisnis Anda layak sampai Anda mengujinya pada orang asing.
    Uji coba bukan hanya dengan teman atau saudara yang akan terlalu sopan untuk mengatakan yang sebenarnya, tetapi dengan orang jujur yang termasuk dalam audiens target ideal Anda, dan kemudian dengarkan umpan balik mereka.
  7. Terbuka untuk penyesuaian
    Seringkali yang terjadi dalam praktek lapangan, berbeda dengan rencana di atas kertas. Anda dan ide Anda harus terbuka untuk penyesuaian.
    Jika Anda tidak terbuka untuk mengubah atau menyesuaikan ide Anda untuk menyesuaikan apa yang pelanggan inginkan, ide bisnis Anda mungkin tidak layak sukses. Sukses terjadi ketika Anda bersedia untuk mendengarkan dan mempertimbangkan saran orang lain.
  8. Bagaimana pemasarannya?
    Sebelum bisnis benar-benar dimulai, Anda harus memiliki rencana pemasaran.
    Banyak pengusaha berpikir tentang masalah bisnis mereka tapi bukan tentang bagaimana mereka berniat untuk memasarkan bisnis mereka kepada target pelanggan mereka. Strategi pemasaran Anda dapat menentukan apakah ide bisnis Anda merupakan ide bisnis yang baik atau tidak.
    Jika Anda memiliki strategi pasar dan produk yang layak, Anda memiliki kemungkinan yang besar untuk sukses. Namun jika Anda memiliki produk hebat tanpa tahu bagaimana untuk menjangkau pelanggan potensial Anda, maka itu akan menjadi benar-benar sulit untuk membuatnya berhasil.
  9. Target yang realistis
    Mungkin Anda terlalu gembira dengan ide bisnis baru yang Anda temukan, namun sangat penting untuk tetap membumi dan realistis tentang hal itu. Jika Anda memiliki ide bisnis yang luar biasa, itu bukan berarti hal lain secara otomatis akan mengikuti. Anda mungkin memiliki ide besar yang revolusioner, namun Anda harus tetap memiliki pangsa pasar yang nyata yang hendak Anda layani.
  10. Sederhana
    Bisnis Anda bisa saja menyelesaikan masalah yang rumit, namun Anda harus dapat menjelaskannya secara sederhana sehingga siapa pun dapat memahaminya. Jika tidak, maka orang akan sulit mengerti dan bagaimana mau membeli jika mereka tidak mengerti fungsi dan nilai dari produk/jasa Anda.

Apakah ide bisnis yang Anda miliki sesuai dengan 10 cara mengenali ide bisnis yang baik tersebut? Ayo Sahabat PoBis, kita analisa ide bisnis yang telah kita temukan.

sumber gambar: entrepreneurshipsecret.com

Artikel Bisnis Pilihan

10 Cara Mengenali Ide Bisnis Yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 Cara Mengenali Ide Bisnis Yang Baik