Mau Bisnis Jualan Onlinemu Laris Manis? Berikut 8 Tips Penting Yang Harus Kamu Pahami!

Barang dipajang di lapak online berminggu-minggu, kok nggak laku juga ya? Apa medianya yang kurang tepat ya? Gimana caranya orang tahu ada barang ini ya? Jangan-jangan barangnya yang kurang bagus dijual ya… Aduh, gimana nih?

Bagi orang yang berkutat dengan jualan online, tentu berbagai pertanyaan ini sering muncul atau bahkan selalu muncul. Sering kali barang yang sudah kita pajang tidak memberikan respons yang kita inginkan. Padahal waktu hendak terjun dalam bisnis online shop, semangat menggebu-gebu. Apalagi saat kamu menjumpai berbagai tulisan di media online, banyak yang mengisahkan alangkah besarnya potensi bisnis online, alangkah mudahnya bisnis ini untuk dijalani, tak sedikit yang memperoleh pernghasilan fantastis dari berjualan online.

Namun ternyata setelah benar-benar terjun di dalamnya, bisnis jualan online tidak segampang seperti yang kamu bayangkan. Ini membuat kita agak putus asa untuk meneruskan penjualannya lalu semangat kita jualan online pun menurun.

Eits! Tahan dulu rasa menyerahmu! Sebenarnya banyak tips dan trik yang bisa kamu explore jadi jualan kamu bisa lebih menarik banyak pelanggan. Bisa jadi tips dan trik ini malah membuat keseruan tersendiri dalam jualan online karena memang ini sebenarnya… seru banget! Nah, daripada penasaran, ceki ceki yang berikut ini ya.

  1. Pelajarilah Internet dan Media Sosial Sebisa Mungkin

Pelajarilah Internet dan Media Sosial Sebisa Mungkin

gambar: hbx.hbs.edu

Peraturan pertama yang wajib dilakukan dalam jualan online adalah kita harus melek internet. Nggak mungkin kan kita mau jualan online tapi buka Google aja nggak bisa? Nggak mungkin juga kan kita mau jualan online tapi nggak tahu cara buka lapaknya?

Yup, bukan hanya itu saja yang perlu kamu ketahui tentang internet dalam jualan online, pelajarilah seluk beluk media yang kamu gunakan untuk jualan. Misalnya, kalau kamu jualan dengan web, pelajarilah tidak hanya cara mem-posting tulisan, tetapi juga bagaimana web kamu bisa muncul di barisan teratas dalam sebuah pencarian. Contoh lain, misalnya kamu buka lapak di suatu toko online tertentu, cobalah untuk tahu bagaimana bisa mengoptimalkan fungsinya, seperti lembar review, label gold merchant, dan sebagainya.

Jangan lupakan juga media sosial yang sangat penting untuk menunjang jualan online kamu. Cobalah mengenali pasar melalui media sosial atau bahkan memanfaatkannya sebagai lapak kamu. Kini banyak pula social media analyze yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui sejauh mana pergerakanmu dalam menarik pelanggan.

Baca juga: 7 Tips Jitu Cara Jualan Di Instagram

  1. Buatlah Sistem Belanja Semudah Mungkin

Buatlah Sistem Belanja Semudah Mungkin

gambar: littlegogo.com

Tujuan utama orang melakukan belanja online adalah membeli dengan cara yang mudah. Pelanggan ingin melakukan semua mekanisme belanja hanya dalam sedikit gerakan saja. Mereka mungkin enggan untuk mendatangi tokonya, enggan untuk melakukan penawaran, atau apa pun semacam itu. Jadi, janganlah membuat sistem belanja online yang tidak simpel!

Mungkin ini yang membuat pelanggan kamu malas untuk melakukan pembelian yang berikutnya. Cobalah membuat semuanya mudah, seperti sistem pemesanan yang mudah, tanpa banyak konfirmasi, pembayaran yang jelas, dan pengiriman yang transparan. Berikanlah pengalaman kemudahan bagi pelanggan kamu, maka dia pasti akan memberikan toko online kamu rating yang lebih dari standar.

Baca juga: Begini Cara Berbisnis Online Untuk Pemula

  1. Maksimalkan Efek Fotografi yang Paling Baik (Wajib!)

Wajib Maksimalkan Efek Fotografi yang Paling Baik

gambar: youtube.com

Etalase toko adalah sarana utama kita dalam berjualan online. Sama seperti penjual yang memasang barang dagangannya dengan baik di toko, kita juga harus menata apa yang kita jual agar tampak seindah mungkin di mata pelanggan. Wajib hukumnya bagi yang berkutat dengan jualan online untuk membuat foto berkualitas!

Bayangkan jika foto yang kita pajang itu kurang cahaya, buram, blur, atau bahkan tidak tampak detailnya. Pelanggan tentu langsung menghindar dari toko online kita. Sadarlah bahwa inilah satu-satunya hal pertama yang bisa kita tawarkan kepada pelanggan. Jadi, buatlah mereka jatuh cinta pada pandangan pertama!

Semakin berkualitas foto itu berarti menggambarkan komitmen kita pada pelanggan. Inilah yang membuat pelanggan akan percaya pada kita untuk melakukan transaksi. Tambahkan pemanis seperti bunga, pita, dan hiasan lainnya untuk memperindah barang kamu!

  1. Berikan Layanan Prima dengan “Aksi Cepat Tanggap”

Berikan Layanan Konsumen Yang Prima dengan Aksi Cepat Tanggap

gambar: suerte-communications.com

Kecepatan penjual dalam memberikan respons kepada pelanggan merupakan sebuah penilaian tersendiri. Beberapa toko online massal pun sudah menyertakan poin penilaian “kecepatan” untuk para penjual. Coba bayangkan jika kita menjadi pelanggan dan sang penjual memberikan respons yang sangat lama. Lebih baik cari yang lain kan?

Ya, kecepatan juga bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk bertransaksi. Balaslah semua pertanyaan, masukan, terutama komplain dengan cepat tapi tetap bijaksana. Jangan sampai karena berusaha untuk cepat, kita lalai dengan bahasa yang digunakan. Bisa-bisa mereka malah kecewa sebelum terjadi pembelian deh.

Baca juga: 6 Cara Menarik Pelanggan Agar Betah Dan Meningkatkan Penjualan Anda

  1. Yuk Ajak Orang Lain Kerja Sama!

Bagun Tim Work Yuk Ajak Orang Lain Kerja Sama

gambar: news.stanford.edu

Ajaklah orang lain untuk menjual barang yang kita jual, seperti reseller. Berikan komisi yang menarik untuk mereka atau berikan bonus bagi mereka yang berprestasi. Cara ini sangat efektif untuk melebarkan sayap penjualan kita semakin lebar dengan tenaga yang minimum dan hasil yang maksimal.

Kamu bisa menambahkan keterangan cara untuk menjadi reseller di lapak kamu dan apa saja keuntungannya. Jika kegiatan kerja sama ini sudah terjadi, kita tinggal maintenance hubungan kita supaya terjaga dengan baik. Bukankah dari mereka juga barang kita bisa terjual lebih banyak?

  1. Manfaatkan Efek Primacy

Manfaatkan Efek Primacy

gambar: selenestates.com

Pernahkah kamu pergi ke toko sepatu dan melihat-lihat sepatu yang ada di sana, memilihnya satu per satu, menimbangnya dengan sangat hati-hati, tapi tetap membeli sepatu yang pertama kali kamu lihat? Jika ya, ini berarti kamu sedang melakukan perilaku konsumen yang disebut “efek primacy”. Jadi pelanggan akan cenderung membeli barang yang pertama kali atau di awal dilihatnya.

Dari perilaku konsumen ini, kita bisa menyimpulkan bahwa barang yang ingin kita jual dengan cepat lebih baik diletakkan dalam pandangan pertama konsumen. Kita bisa meletakannya di headline web atau pada urutan awal di daftar katalog. Ini bisa membantu para pelanggan semakin mengingat produk tersebut.

Ada pula sebuah penelitian yang menyatakan bahwa “efek primacy” ini bisa meningkatkan penjualan sebanyak 2,5 kali lipat. Bayangkan, kita bisa mendapatkan pembelian yang lebih besar hanya dengan menata etalase dengan baik. Coba deh!

  1. Buktikan Kualitasmu dengan Social Proof

Buktikan Kualitasmu dengan Social Proof

gambar: red-spirit-energy-healing.com

Apa itu social proof? Ini adalah bukti dari pelanggan yang sudah merasakan pengalamannya berbelanja dengan kita atau merasakan produk yang kita jual. Mereka bisa mengirimkan testimoniumnya melalui media sosial atau ucapan lisan pada orang sekitarnya. Dan, penjualan melalui cara ini sangatlah efektif karena pelanggan biasanya ingin membeli karena ada efek “kepercayaan” yang timbul dari “kekerabatan”.

Testimonium ini akan membuat calon pelanggan semakin yakin dan percaya untuk bertransaksi dengan kita. Tampilkanlah feedback pelanggan kita yang akan menimbulkan rasa penasaran orang lain. Ketika mereka sudah tertarik, voila! Mereka akan segera jadi pelanggan setia kita.

  1. Daftarkan Online Shop Kamu Agar Terpercaya

Daftarkan Online Shop Kamu Agar Terpercaya

gambar: surrey-pcc.gov.uk

Banyaknya online shop kini membuat banyak pelanggan resah. Tidak sedikit dari online shop yang justru memanfaatkannya sebagai sarana penipuan atau cyber crime. Ini tentu membuat banyak orang jengah dengan keberadaan para penipu ini. Mereka membuat citra online shop memburuk di mata pelanggan.

Kalau di luar ada polisi, sama juga dengan online. Kini ada beberapa orang yang mulai concern dengan kejadian penipuan online ini dengan membuat semacam polisi online. Kita bisa memasukkan online shop yang menipu dan kita juga bisa mendaftarkan online shop kita. Dengan pendaftaran ini, online shop kita pasti lebih dipercaya oleh para pelanggan.

Baca juga: Tips Bisnis Online Agar Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Nah, banyak kan hal-hal yang bisa kamu gali dari jualan online? Semakin tinggi keinginan kita untuk meningkatkan kepuasan pengalaman belanja pembeli, semakin tinggi kreativitas kita untuk mewujudkannya. Nggak percaya? Coba deh salah satu trik di atas!

Semakin asyik kan kegiatan jualan online kamu? Semoga jualan kamu tambah laris manis juga ya!

Artikel Bisnis Pilihan

Mau Bisnis Jualan Onlinemu Laris Manis? Berikut 8 Tips Penting Yang Harus Kamu Pahami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mau Bisnis Jualan Onlinemu Laris Manis? Berikut 8 Tips Penting Yang Harus Kamu Pahami!