Masihkan Facebook Sebagai Jalur Usaha Online Yang Menguntungkan?

Masihkan Facebook Sebagai Jalur Usaha Online Yang Menguntungkan?Mungkin menjadi pertanyaan diantara kita, masihkan Facebook sebagai jalur usaha online yang menguntungkan? 5 – 6 tahun lalu dunia diledakan oleh fenomena facebook, ketika facebook tengah mencapai puncak kejayaannya. Di masa itu siapapun rasanya tak afdol kalau tidak punya akun facebook. Dan terbentuklah sebuah komuni masa besar yang selalu siap menjadi pangsa pasar raksasa bagi siapapun pebisnis yang ingin mengolahnya.

Di masa itu diakui bahwa facebook adalah jalur usaha online yang menguntungkan, bahkan mungkin paling menguntungkan. Betapa nyamannya berbisnis dalam facebook, dengan konsep bebas bayar alias gratis, bebas update sebanyak apapun Anda ingin, sistem taging yang memudahkan Anda memamerkan isi akun dan page Anda pada siapapun Anda ingin.

Jangan lupa dengan fakta bahwa kala itu,  pangsa pasar benar-benar sangat besar dan tidak terbatas. Ditambah ketika itu sedang terjadi euforia facebook, sehingga banyak orang mulai penasaran dengan gaya belanja online via facebook. Orang sukarela mengikuti sebanyak-banyaknya page penjualan online, bahkan sukarela membagikan ketertarikannya pada suatu produk pada timeline mereka yang tentu saja menjadi satu lagi mesin promosi gratis.

Namun itu adalah hal yang terjadi 5 -6 tahun lalu. Apakah kondisinya tetap sama di tahun 2016 ini? Apakah berbisnis dengan facebook masih menjadi pilihan jalur usaha online yang menguntungkan? Bagaimana prospek dan kelemahan dari berbisnis via facebook di tahun 2016 ini?

Satu catatan yang penting di tahun 2016 ini adalah data yang dihimpun dari Wall Stree Journal pada pertengahan tahun 2015, bahwa jumlah pengguna facebook mencapai angka 1,55 milyar akun dan dari angka ini setidaknya 72 juta akun berasal dari Indonesia. Namun hanya sekitar 930 juta saja yang melakukan akses facebook secara rutin. Di Indonesia sendiri angka penggunaan aktifnya berkisar antara 70 – 80%.

Baca juga: Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Pihak manajemen facebook sendiri mengakui adanya penurunan signifikan penggunaan facebook pada 2 tahun terakhir. Tetapi dengan beberapa pendekatan facebook tetap mampu mempertahankan keuntungan.

Namun demikian beberapa pebisnis online masih mengakui kekuatan facebook sebagai jalur usaha online yang menguntungkan. Seorang pelaku usaha online via facebook dengan produk fashion pria “Brodo” melihat usaha online dengan jalur facebook masih cukup potensial selama Anda memang memiliki pangsa pasar yang tepat dengan rentang usia 15 sampai 35 tahunan.

Pergeseran pengguna kalangan menengah dan perkotaan besar pada media sosial lain terutama twitter, path dan instagram memang menurunkan pasar facebook. Masih menurut pemilik Brodo, kini untuk satu buah update, perolehan likers hanya berkisar antara 2% sampai 9% saja. Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang mencapai kisaran di atas 18%. Biasanya untuk pemasaran produk kelas menengah via sosial media, mau tidak mau harus bermain dalam beberapa jalur.

Berbeda dengan page penjualan online bernama Asibayi yang berfokus pada penjualan produk ibu dan anak. Menurutnya pasar terbesar dari penjualan produknya justru datang dari facebook, karena rentang usia ibu muda cenderung lebih suka berkomunitas dan ini terwadahi dalam facebook.

Hanya saja demi melancarkan usaha, layanan dalam akun facebook page Asibayi harus bisa berjalan 24 jam sehingga sang pemilik, Anas Faizurahman sampai harus merekruit 15 orang admin yang bekerja secara bergilir. 15 admin ini tidak hanya bertugas update pada akun page, tetapi juga bertugas menjawab setiap pertanyaan, merespon setiap pesan dan memproses setiap pembelian yang masuk.

Masih menurut Anas, facebook juga memiliki masa primetime. Di jam-jam tertentu dan di waktu-waktu tertentu tingkat penggunaan relatif tinggi dari waktu lainnya. Untuk jenis pangsa pasarnya, jam prime time jatuh antara pukul 10 pagi hingga 12 siang. Dengan strategi yang tepat, facebook masih menjadi salah satu ujung tombak usaha online yang menguntungkan.

Masalah update dalam page facebook juga memerlukan pendekatan. Bila di masa lalu memasukan banyak informasi dan update beberapa kali dalam sehari dianggap wajar, maka kini upaya Anda justru akan dipandang sebagai spam.

Anda harus bijak menjaga keseimbangan update, supaya akun tetap menjadi wadah untuk mendapatkan informasi bermanfaat. Karena di masa kini seseorang mempertahankan sebuah akun tetap dalam lingkaran facebook mereka hanya bila dapat memberi manfaat bagi mereka, seperti salah satunya memberi informasi bermanfaat bagi mereka.

Dan satu hal lagi, ketika persaingan sudah demikian tinggi di dalam facebook cara terpraktis untuk menarik perhatian adalah dengan memasang iklan. Iklan memudahkan page Anda diketahui dan ditemukan orang. Inilah fitur yang paling banyak mendatangkan keuntungan bagi facebook saat ini. Dan bila facebook saja untung besar dari iklan, bisa jadi ini juga menjadi jalur  usaha online yang menguntungkan bagi page bisnis facebook Anda kan?

sumber gambar: entrepreneur.com

Artikel Bisnis Pilihan

Masihkan Facebook Sebagai Jalur Usaha Online Yang Menguntungkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Masihkan Facebook Sebagai Jalur Usaha Online Yang Menguntungkan?