Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis OnlineBanyak orang yang ingin memulai bisnis online hanyalah mengikuti trend. Melihat orang lain sukses akan bisnis yang dijalankan, tentu saja kita ingin seperti mereka. Lantas, apakah sebuah bisnis akan berkembang jika hanya meniru ide orang lain? Mencontoh untuk dijadikan sebuah peluang sah-sah saja, akan tetapi jika menjiplaknya apakah itu termasuk pelanggaran bisnis?

Bagi masyarakat awam yang baru belajar bisnis online, haruslah paham mengenai etika berbisnis. Tahukah Anda kunci bisnis terletak pada kemampuan mempengaruhi pelanggan? Jangan sampai bisnis baru Anda langsung bangkrut hanya masalah kurang pelayanan yang baik. Sementara, perhatikan lebih terhadap hukum bisnis yang berlaku. Dari hal-hal sepele seperti itu, adapun kesalahan yang perlu dihindari saat memulai bisnis online adalah.

Baca juga: 6 Langkah Praktis Cara Buka Usaha Online

Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

  • Perencanaan Kurang Jelas

Perencanaan atau planning dalam sebuah bisnis adalah hal utama yang mendasar. Jika dari awal Anda sudah tidak tahu apa rencana bisnis yang akan dijalankan, tentu saja Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Begitupun dengan perencanaan yang kurang jelas, apa motif Anda ke depan jika perencanaan hanya mengambang atau ambigu di tengah jalan. Seharusnya Anda mencatat sebuah visi, misi dan tujuan yang jelas dalam langkah awal memulai bisnis online Anda. Dengan demikian, akan mempermudah sekaligus membantu dalam merencanakan bisnis online sekitar 1 atau 2 tahun ke depannya.

  •  Nilai Jual Terlalu Rendah

Nilai jual terlalu rendah termasuk hal kecil, namun akan menjadi masalah besar. Coba bedakan antara toko online yang sudah memiliki merek, pastinya akan menjual barang  dengan harga tinggi, bukan? Lain halnya dengan barang KW yang hanya laris di pasaran menengah ke bawah, tetapi tidak menghasilkan nilai yang tinggi. Lantas, Anda perlu jeli dalam menetapkan nilai jual terhadap barang atau jasa sendiri, bahkan pelayanan yang Anda berikan. Harga selalu menentukan produk atau pelayanan yang berkualitas tinggi.

  • Tidak Fokus dalam Satu Tujuan

Ingatlah, fokus itulah tujuan utama yang akan diharapkan nantinya ketika Anda memulai bisnis online. Seorang pelanggan justru akan enggan memilih toko online Anda dengan menjual produk yang berbeda-beda. Walaupun Anda menjualnya dengan berbagai marketplace yang mempunyai barang yang berbeda dan berkualitas. Akan tetapi, hal ini menjadikan kelemahan bisnis online Anda. Jika Anda memilih untuk fokus mengenai barang atau jasa apa yang akan dijual , tentu akan menjadikan nilai tambah atau ciri khas tersendiri, sehingga bisa dijadikan magnet bagi para pelanggan.

  • Pelayanan Pelanggan Kurang Baik

Sudah disinggung pada deskripsi di awal bukan? Mengenai pelayanan terhadap pelanggan. Terlebih bisnis online, yang tidak bisa bertemu secara langsung. Pelanggan adalah target pasar Anda dimana hasil akhir yang akan Anda dapatkan dari pembuatan produk untuk dijual. Jika Anda melayani dengan baik, pastinya pelanggan puas. Setelahnya toko online Anda akan dinilai oleh pelanggan sendiri, jika memang terpercaya mereka akan kembali lagi pada Anda. Akan tetapi, jika sebaliknya jangan harap bisnis Anda akan tumbuh pesat. Jadi perhatikan pelanggan sejak saat pertama memulai bisnis online.

  • Tidak Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial akan dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha promosi bisnis online. Anda bisa menggunakan media facebook, twitter dan instagram dengan cara membangun dan merangkul para pelanggan agar lebih dekat dengan cara berinteraksi. Setidaknya Anda juga harus memberikan tips yang memiliki pengetahuan bukan hanya postingan bisnis dari produk Anda, sehingga para jejaring pertemanan atau followers tidak akan bosan dalam menerima info-info terbaru dalam produk yang Anda jual.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam mensukseskan bisnis online Anda. Temukan masalah dan carilah solusi dari bisnis online Anda. Mengertilah bisnis tidak akan langsung maju seketika Anda memulai bisnis online, jadi tetaplah berusaha serta tahan banting.

sumber gambar: storeporter.com

Artikel Bisnis Pilihan

Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online