Cari Usaha Sendiri Via Online Dengan 5 Cara Terbaik

Cari Usaha Sendiri Via Online Dengan 5 Cara TerbaikTertarik untuk mulai cari usaha sendiri yang menguntungkan? Coba saja ide usaha online, dengan bantuan dunia digital yang sudah demikian berkembang, Anda bisa menemukan banyak ide-ide dan peluang usaha secara online yang relatif mudah, sederhana Anda kembangkan dan mudah pula Anda mulai tanpa harus terlalu terbelit dengan masalah permodalan.

Tapi jangan sembarangan tergiur dengan beragam penawaran kerjasama, penawaran bisnis atau apapun yang beredar luas di dunia maya. Tak sedikit dari penawaran itu hanya spammer, dan kerap kali para spammer ini dengan sangat lihat memanipulasi pandangan Anda sehingga tak lagi bisa membedakan mana yang terpercaya dan mana yang sebenarnya hanya spam. Jangan sampai hasil kerja Anda tak membuahkan hasil hanya karena Anda tak bisa mengenali para spammer.

Sebenarnya memang ada cara khusus untuk mengenali mana saja penawaran yang sifatnya berupa spam dan mana yang sepenuhnya bisa Anda percaya. Tetapi untuk lebih aman, ada baiknya Anda memilih penawaran-penawaran yang datang dari sumber terpercaya.  Itu sebabnya untuk Anda yang sedang berburu cari usaha sendiri secara online, ada baiknya mulai memahami mana saja sumber-sumber yang sekiranya cukup aman dan bisa terpercaya.

Masalahnya sebagaimana orang berburu hewan pun sebaiknya berlokasi di hutan, maka berburu ide atau penawaran usaha pun juga perlu memilih lokasi yang tepat. Atau perburuan Anda nantinya hanya akan menjadi percuma. Lalu dimana Anda bisa cari usaha sendiri online yang aman dan terpercaya? Beberapa lokasi virtual berikut ini bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

  1. Website portal kerja online
    Semakin marak saja website yang khusus menjadi portal penyedia lowongan kerja dan penawaran bisnis online, kemitraan, pencarian penyedia jasa tertentu dan sejenisnya. Portal ini akan mempertemukan pencari tenaga kerja dan penyedia jasa. Anda bisa memanfaatkan portal ini untuk menemukan peluang-peluang menarik untuk Anda yang cari usaha sendiri via online. Di sini meski Anda memasuki portal penyedia kerja, Anda tidak berstatus sebagai karyawan, melainkan penyedia layanan jasa yang tidak terikat dan artinya di sini Anda bukan bekerja tetapi pelaku usaha.
  2. Jaringan kolega
    Pada umumnya penawaran atau permintaan yang datang dari kolega cenderung lebih bisa dipercaya. Karena di sana sudah ada unsur kekerabatan dan kepercayaan yang akan mengikat Anda dan klien atau pencari tenaga kerja dengan lebih aman dan nyaman. Kadang Anda juga bisa mendapatkan klien dari klien lama Anda yang merekomendasikan jasa Anda ke rekan mereka. Hubungan semacam ini juga bisa menjadi jaminan peluang yang Anda terima sudah cenderung lebih aman dan terpercaya.
  3. Grup Alumni
    Ada ikatan yang biasa terbangun sebagai sesame alumni sebuah civitas yang akan membuat satu sama lain akan saring berbagi dan menolong. Salah satunya adalah saling berbagi informasi dan rekomendasi peluang usaha. Jangan ragu masuk dalam grup chat atau grup page dalam facebook ikatan alumni Anda karena siapa yang tau ada peluang yang Anda temukan di sana.
  4. Sosial media dan forum
    Cara lain untuk mendapatkan peluang usaha yang menarik melalui dunia online adalah dengan memasuki grup-grup bisnis online di dunia maya. Ada banyak grup mulai dari forum dunia maya, komunitas, grup dalam facebook yang bisa menjadi wadah Anda bertemu dengan mereka yang membutuhkan jasa Anda, mereka yang bisa menjadi supplier Anda mereka yang siap menampung produk Anda atau mereka yang siap menjadi agen produk Anda.
  5. Website perusahaan
    Ada banyak perusahaan skala menengah hingga perusahaan skala internasional yang memiliki sebuah website resmi yang dikelola secara professional. Dari website resmi ini mereka akan membagi beragam informasi bila mana mereka sedang mencari penyedia jasa tertentu untuk menjalin kerjasama kemitraan atau kontrak kerja dengan pihak perusahaan. Bila Anda beruntung Anda bisa terlibat dengan proyek perusahaan internasional dari manca yang siap membayar jasa Anda berkali lipat dari yang bisa Anda dapatkan di pasar lokal.

Di dunia maya, bila mana sebuah perusahaan membutuhkan seorang tenaga kerja online, kebanyakan memang tidak direkruit sebagai karyawan melainkan sebagai mitra. Ini sebabnya peluang kerja online sekalipun adalah peluang usaha bagi Anda yang sedang cari usaha sendiri.

sumber gambar: ignitur.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cari Usaha Sendiri Via Online Dengan 5 Cara Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cari Usaha Sendiri Via Online Dengan 5 Cara Terbaik