Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Sosial MediaMenurut Shanna Star, salah seorang pakar publik relasi asal USA, untuk sukses dengan cara usaha tanpa modal, maka yang Anda butuhkan sebenarnya cukup sederhana, Sosial Media. Mencapai sukses dengan sosial media sebenarnya tidak mahal, mahal bebas biaya, tetapi membutuhkan sangat banyak kreatifitas, keberanian dan kepekaan.

Nyatanya untuk memikat konsumen potensial Anda melalui sosial media Anda memang tidak mutlak membutuhkan modal besar. Faktanya biaya akses facebook atau twitter tak akan memakan  biaya besar, kadang juga bisa free dalam kondisi tertentu, seperti memanfaatkan fasilitas wifi misalkan. Karenanya media sosial bisa kita manfaatkan sebagai cara usaha tanpa modal yang efektif.

Tetapi Anda memang perlu cukup mahir memanfaatkan sarana sekaligus celah dalam akun sosial media Anda untuk menarik minat orang menyambangi akun Anda ini. Melihat konten dalam akun tersebut, menyukai bahkan kemudian mengikuti akun tersebut demi bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Anda dan usaha Anda, lengkap dengan segala informasi yang Anda sematkan dalam akun tersebut.

Yang menarik, akun sosial media merupakan sebuah media terbaik untuk mengembangkan usaha Anda menjadi viral. Cukup memastikan konten Anda menarik dan para followers dan likers Anda akan sukarela membagikan konten Anda ke rekanan mereka di dunia maya. Dan siapa yang sangka sebuah konten akan dibaca ulang oleh banyak orang hanya dengan berbekal konsep sederhana ini.

Baca juga: 8 Cara Jual Online Dengan Sarana Dalam Sosial Media

Bila di masa lalu Anda mengenal konsep ketok tular dan promosi dari mulut ke mulut, maka konsep serupa sebenarnya teradopsi dalam sistem sosial media, dengan cara yang lebih modern dan luas tentu saja.

Bila sarana sosial media Anda jadikan sarana terbaik dalam cara usaha tanpa modal, lalu bagaimana memaksimalkan manfaat dari sosial media? Berikut ini adalah beberapa saran yang langsung kami sadur dari pandangan Shann Star dengan berbisnis melalui sosial media.

6 Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Sosial Media

  • Kunci terletak pada konten
    Sebagaimana dijelaskan di atas, sebuah konten yang menarik akan mendorong follower dan likers Anda untuk membagikannya secara sukarela pada jaringan mereka dalam sosial media. Jadi masalah kualitas konten memiliki peran besar untuk memaksimalkan manfaat dari akun sosial media dalam bisnis. Sediakan waktu Anda untuk memahami siapa target pasar Anda, bagaimana menarik minat mereka, apa yang sekiranya akan menggugah perhatian mereka dan bagaimana mengaitkan ini dengan produk Anda. Temukan materi tulisan serta gambar dan video yang mampu menghantarkan konsep Anda dengan cukup baik, maka inilah konten yang berkualitas untuk akun Anda.
  • Berani dengan resiko
    Kadang tampil berbeda memang mengandung banyak resiko, tetapi juga akan membuat kehadiran Anda terlihat jelas. Jadi tak ada salahnya memasukan materi konten yang berbeda dan berani menembus batas. Beberapa pelaku usaha kecil berani menyampaikan rahasia dari dapur usaha mereka, profil masa lalu pemilik usaha, atau menemukan kaitan dari sebuah isu yang muncul di masyarakat. Sedikit kontroversi mungkin, tetapi selama masih dalam norma dan batasan kenapa tidak?
  • Tentukan branding Anda
    Berani untuk berbeda adalah satu keputusan penting dalam bisnis Anda, termasuk dalam konsep sosial media Anda. Ada banyak perusahaan yang menjalin bisnis via sosial media. Temukan satu nilai dari bisnis dan line usaha Anda yang sekiranya bisa Anda jadikan nilai lebih dan membentuk brand dari usaha Anda. Tampil baru, dalam gaya yang baru dan berbeda, dengan penawaran yang istimewa dan tidak mudah ditemukan dalam bisnis lain bisa pula menjadi nilai lebih dalam proses pembentukan brand untuk usaha Anda.
  • Peka pada kondisi
    Peka adalah satu lagi nilai penting yang harus Anda miliki dalam membangun usaha via sosial media. Ini tidak hanya soal memanfaatkan momen lebaran untuk menjual baju muslim, tetapi soal kepekaan terhadap isu dan berita terbaru, empati Anda pada kondisi dan musibah yang kini sedang trend, kemampuan Anda membaca isu yang muncul dan lain sebagainya. Beberapa kondisi dan momen yang tepat kadang bisa menjadi peluang Anda untuk membentuk brand, membentuk citra baik sampai untuk melemparkan penawaran.
  • Waktu yang tepat
    Pahami dengan baik pola penggunaan sosial media di pangsa pasar Anda. Beberapa kelompok pekerja yang sibuk lebih menyukai masuk dalam sosial media ditengah malam, sedang kalangan pekerja menengah cenderung sibuk dengan akun mereka di sore dan pagi hari di waktu berangkat kerja. Sisanya para ibu rumah tangga yang malah lebih suka menggunakan sosial media di siang hari, ketika mereka sendirian di rumah. Pahami pola ini untuk menentukan kapan waktu yang tepat melakukan update, sehingga setiap update Anda terbaca optimal oleh followers dan likers Anda.
  • Bangun komunitas
    Tingkat keberhasilan terbaik dari sebuah cara usaha tanpa modal dengan akun sosial media adalah ketika Anda berhasl membangun komunitas di dunia maya. Para konsumen Anda akan terlibat dalam sebuah grup dengan fasilitas previlege tersendiri mengenai informasi akan perusahaan dan produk Anda.

Jadi mau usaha tapi tidak memiliki cukup modal untuk pemasaran? Pahami dan jalankan dengan baik bagaimana cara usaha tanpa modal dengan memanfaatkan sarana yang tersedia dalam akun sosial media dan memberdayakan sarana tersebut semaksimal mungkin.

sumber gambar: thenextweb.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Sosial Media

3 COMMENTS

  1. Artikel ini sangat membantu saya, pembahasannya jg bagus, terimakasih ya kak, berkat artikel ini saya bisa mengerjakan tugas kuliah saya.
    Nama : Rismalina
    NIM : 1811500059

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Usaha Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Sosial Media