Cara Bisnis Yang Baik Sebagai Freelancer, Jaga Kesinambungan Usaha

Cara Bisnis Yang Baik Sebagai Freelancer OnlineMungkin sebagian Sahabat PoBis sudah melihat gejala ini, yaitu bahwa menekuni bisnis freelancer online belakangan ini mulai banyak digemari. Hasrat untuk bisa bekerja dengan jam kerja yang lebih leluasa, cara kerja yang leluasa dan tidak mengikat serta hasil yang bisa tak kalah dengan hasil orang kantoran atau bisnis konvensional skala kecil menengah, membuat bisnis ini semakin banyak diminati. Dan karenanya kali ini kami akan mencoba berbagai informasi mengenai cara bisnis yang baik sebagai freelancer.

Di satu sisi, diakui bisnis ini memang menggiurkan. Menjadi freelancer merupakan ide bisnis menguntungkan tanpa modal, namun hasil yang diperoleh cukup menjanjikan. Dengan cukup menggunakan laptop berjaringan internet memadai Anda sudah bisa memulai bisnis menarik ini dengan mudah. Sifatnya juga tidak mengikat sehingga jadwal dan kepadatannya juga bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Hanya saja bisnis semacam ini kerap kali terbentur dengan masalah ketidak pastian. Penghasilan yang tidak menentu, jumlah pekerjaan yang kadang naik dan turun, bahkan kadang Anda mengalami waktu kosong di satu waktu dan waktu kelebihan beban di masa yang lain. Ini menjadikan bisnis ini membutuhkan cara bisnis yang baik dan tepat supaya bisa Anda kelola dengan baik.

Adapun beberapa cara yang baik untuk menjalankan bisnis freelancer online adalah memastikan bisnis Anda tetap berjalan atau dengan kata sederhananya adalah menjaga kesinambungan usaha. Anda harus bisa memastikan ada aliran klien yang pasti untuk usaha Anda dengan pelayanan yang tidak mengecewakan.

Artikel terkait yang wajib Anda simak: Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula

Berikut ini cara bisnis yang baik dan tepat sebagai freelancer online:

  • Promosi yang tepat
    Cara pemasaran dalam bidang bisnis freelancer online ini kadang cukup spesifik. Anda tidak bisa memasarkan jasa atau produk Anda sembarangan karena faktanya konsumen Anda berada dalam kalangan khusus yang kerap tak semudah itu bisa Anda temukan. Temukan jalur promosi tepat seperti dengan masuk mendaftar sebagai member dalam portal pekerjaan online yang kini banyak beredar di dunia maya, masuk dalam komunitas pebisnis online atau menggunakan saran blog dan sosial media. Namun tentu saja perlu strategi khusus menemukan target pasar dengan tepat dan bagaimana membidik mereka dengan tepat.
  • Kumpulkan pelanggan dalam satu ruang
    Anda bisa melibatkan konsumen tetap Anda untuk tetap kontak dengan Anda dalam satu ruang virtual, misalkan dengan grup pada sosial media atau grup dalam chat room. Cara ini membantu mereka memahami seberapa besar pekerjaan Anda saat ini, selama apa mereka harus mengantri dan bagaimana luasnya layanan Anda saat ini. Semakin banyak klien dari kelas premium yang bisa Anda masukan dalam grup jelas menjadikan grup ini semakin berkelas.
  • Tentukan jumlah kemampuan harian
    Selanjutnya salah satu cara bisnis yang baik sebagai freelancer adalah dengan menentukan dan memberi batasan jumlah kemampuan harian. Ini menjadikan rujukan untuk Anda dalam menjaga layanan. Tentukan jam kerja Anda dan kapasitas kerja Anda. Menerima permintaan berlebihan kadang menjadi boomerang diluar aspek bahwa ini juga menjadi cara menambah penghasilan. Karena biasanya seiring meningkatnya tuntutan kerja Anda juga akan kesulitan menjaga ritme dan menjaga kualitas. Di sisi lain ini juga informasi penting bagi klien. Share informasi ini pada konsumen Anda seperti dengan informasi harian via grup. Ini membantu Anda dengan efektif, jadi ketika Anda kekurangan pekerjaan seperti ketika Anda membutuhkan hasil tambahan, atau sedang sepi informasi ini membantu Anda dengan cepat mendapatkan klien kembali.
  • Jalin hubungan asistensi
    Kadang ketika klien Anda mulai semakin berkembang dan mustahil untuk Anda melayaninya sendirian, Anda sebaiknya juga mulai membangun sistem kemitraan atau menjaring beberapa orang untuk bekerja secara online untuk Anda. Pelayanan akan tetap berada dalam supervisi Anda namun tak lagi sepenuhnya Anda kerjakan sendiri. Anda bisa membantu membuka kesempatan kerja bagi yang lain tanpa mengecewakan konsumen Anda karena harus berada dalam antrian terlalu lama. Sebaiknya hubungan asistensi ini juga bersifat freelance sehingga Anda tidak terikat kewajiban apapun terhadap tim kerja Anda.
  • Selalu belajar
    Sempatkan diri Anda di luar masa kerja untuk belajar, ini bisa jadi salah satu cara bisnis yang baik sebagai freelancer online. Update pemahaman dan pengetahuan Anda soal dunia bisnis online, perkembangan sistem dan lain sebagainya. Ini penting di dalam bisnis ini karena bisnis online termasuk bisnis yang sangat dinamis, selalu berubah dan bergeser. Apa yang bisa dengan efektif Anda kembangkan 1 tahun lalu bisa cepat menjadi usang di tahun berikutnya.

Itulah tadi beberapa panduan cara bisnis yang baik sebagai freelancer. Bisnis freelancer memang menggiurkan dan dikatakan sebagai salah satu bisnis dengan kemudahan yang berkali lebih baik dari bisnis lain. Tetapi tanpa cara pengelolaan yang tepat, Anda tetap tidak bisa mencapai hasil memuaskan.

sumber gambar: proofhub.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Bisnis Yang Baik Sebagai Freelancer, Jaga Kesinambungan Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Bisnis Yang Baik Sebagai Freelancer, Jaga Kesinambungan Usaha